Hasil Piala Sudirman 2019: Indonesia Kalah 2-3 dari Denmark

Oleh: Oryza Aditama - 22 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Indonesia vs Denmark di Piala Sudirman 2019 dalam laga pemungkas Grup 1B berkesudahan dengan skot 2-3.
tirto.id - Tim bulu tangkis beregu campuran Indonesia kalah pada laga terakhir Grup 1B Piala Sudirman 2019. Berlaga di court-1 Guangxi Sports Center, Nanning, Cina hari Rabu (22/5/2019), skuat Merah Putih takluk 2-3 dari Denmark.

Ganda campuran peringkat 6 dunia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, gagal mendulang poin usai takluk dua set langsung dari pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Sara Thygesen.

"Saya kurang puas dengan penampilan saya, biasanya saya dapat poin dari servis saya, tapi kali ini servis saya tidak seperti biasanya. Bola-bolanya ke Hafiz jadi tanggung dan menyusahkan, dan saya juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Lawan juga lebih siap menunggu bola-bola dari kami," terang Gloria selepas pertandingan. Seperti dikabarkan laman PBSI, Rabu (22/5).

Penampilan buruk kontingen Indonesia masih berlanjut di partai kedua, yang mempertandingkan sektor tunggal putra. Meski sebelumnya memiliki catatan head-to-head yang lebih baik, namun kali ini Anthony Sinisuka Ginting terpaksa harus mengakui keunggulan wakil Denmark, Viktor Axelsen. Tim Indonesia pun tertinggal 0-2 dari sang rival.

Ganda putra senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sempat menerbitkan asa bagi tim Merah Putih, selepas memetik kemenangan straight game atas Kim Astrup/Mathias Boe. Skor 1-2 masih untuk keunggulan Denmark.

"Kami fokus ke pertandingan kami sendiri, nggak mikirin yang sebelum-sebelumnya. Ini pertandingan pertama kami di sini, jadi awal-awal masih kurang enak mainnya," ujar Hendra Setiawan seusai laga.

Sayangnya, selisih ketertinggalan Indonesia kembali melebar 1-3 selepas kekalahan tunggal putri Fitriani dari Mia Blichfeldt dipertarungan partai keempat. Berjuang selama 42 menit, wakil Indonesia pun menyerah dua set langsung.

Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3, lewat aksi ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang turun pada partai kelima. Butuh waktu 49 menit bagi pasangan peringkat 5 dunia tersebut, untuk menaklukkan Maiken Fruergaard/Sara Thygesen lewat duel straight game.

Kendati seluruh penghuni Grup 1B masing-masing mengemas satu kali menang dan satu kali kalah, namun Indonesia dinyatakan sebagai pemuncak grup usai memiliki selisih kemenangan partai (match) yang lebih baik. Lantas disusul oleh Denmark sebagai runner-up, dan Inggris di posisi terbawah.


Hasil lengkap Indonesia vs Denmark di Grup 1B Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5/2019).

  • [Ganda Campuran] Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) vs Mathias Christiansen/Sara Thygesen (Denmark) / 17-21, 11-21
  • [Tunggal Putra] Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) vs Viktor Axelsen (Denmark) / 9-21, 16-21.
  • [Ganda Putra] Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) vs Kim Astrup/Mathias Boe (Denmark) / 22-20, 21-14.
  • [Tunggal Putri] Fitriani (Indonesia) vs Mia Blichfeldt (Denmark) / 13-21, 19-21.
  • [Ganda Putri] Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark) / 21-18, 21-13.

Klasemen Akhir Grup 1B

Team Play Win Match Game
INDONESIA 2 1 6-4 12-8
DENMARK 2 1 5-5 13-12
INGGRIS 2 1 4-6 10-15

Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis