Hasil Piala AFC U-19: Beda Nasib Empat Wakil Asean di Laga Pembuka

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 20 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia jadi satu-satunya wakil Asean yang sukses memetik kemenangan di laga pembuka Piala AFC U-19 2018.
tirto.id - Timnas U-19 Malaysia jadi wakil Asean terakhir yang melakoni laga pembuka di Piala AFC U-19, Sabtu (20/10/2018). Sayangnya, Harimau Malaya gagal mengikuti nasib Timnas U-19 Indonesia yang sukses memetik kemenangan di laga pembuka.

Menghadapi Arab Saudi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Malaysia takluk dengan skor tipis 1-2. Malaysia sebenarnya mampu menahan imbang Arab Saudi di babak pertama, terbukti hingga 45 menit berlalu skor masih 0-0.

Namun, pada paruh kedua Harimau Malaya kehilangan fokus. Dua gol, masing-masing lewat aksi Turki Al-Ammar dan Salem Ahmed Al Saleem bersarang ke gawang Muhammad Azri. Malaysia pun hanya dapat membalas lewat gol hiburan dua menit jelang laga usai. Kekalahan ini membuat Malaysia terbenam sebagai juru kunci di klasemen sementara Grup D.

Indonesia Satu-Satunya yang Menang

Kegagalan Timnas U-19 Malaysia meraih kemenangan sekaligus memperpanjang tren buruk wakil Asean di pekan pembuka kompetisi ini. Pasalnya, dua wakil lain, Vietnam dan Thailand juga gagal memetik poin penuh pada kesempatan yang sama.

Vietnam tunduk di tangan Yordania dengan skor 1-2 pada laga yang dihelat di Stadion Patriot Chandrabhaga, Jumat (19/10/2018). Mereka sebenarnya unggul lebih dulu setelah Manh Dung Nham mencetak gol pembuka di menit 21. Namun, permainan kurang konsisten membuat Vietnam akhirnya dua kali kebobolan, masing-masing oleh Mohammed Khalil Bani Atieh dan Muhammed Wa'el Alzu'bi. Kekalahan tersebut membuat Vietnam yang tergabung di Grup C tenggelam sebagai juru kunci, sebagaimana yang dialami Malaysia.

Hasil lebih baik didapat Thailand. Meski gagal menang, setidaknya mereka mampu menahan imbang tim tangguh Irak dengan skor ketat 3-3. Awalnya, pada laga ini Thailand unggul satu gol lebih dulu, sebelum Irak membalas dengan tiga gol beruntun yang menjadikan skor 3-1 hingga laga menjelang paripurna.

Gajah Putih akhirnya terhindar dari kekalahan berkat gol vital pada menit-menit akhir laga. Korawit Tasa mengawalinya pada menit 87, sebelum pada injury time gol terakhir Thailand lahir lewat kaki Suphanat Mueanta. Hasil imbang tersebut membuat Thailand berada di urutan ketiga klasemen Grup B, tertinggal dari Jepang dan Irak.

Adapun nasib paling baik didapat tuan rumah Timnas U-19 Indonesia. Tak seperti tiga wakil Asean lain, Garuda Nusantara mampu memenangkan laga pembukanya. Berhadapan dengan Taiwan di partai perdana, Kamis (18/10/2018), Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menang meyakinkan 3-1.

Hasil tersebut turut menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya wakil Asean yang sejauh ini mampu memimpin klasemen. Berada di Grup A, Garuda Nusantara memuncaki persaingan dengan keunggulan selisih gol atas Uni Emirat Arab yang pada saat hampir sama menang tipis 2-1 atas Qatar.

Perjalanan belum usai. Pada laga terdekat, Indonesia akan menantang Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018). Pada pekan yang sama namun hari berbeda, Vietnam akan menantang Australia, Thailand bakal menghadapi Jepang, sementara Malaysia diagendakan bersua Tajikistan.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan