Hasil Persija di Piala AFC 2018: Dibantai Johor Darul Ta'zim 3-0

Oleh: Ibnu Azis - 14 Februari 2018
Dibaca Normal 2 menit
Persija ketinggalan dua gol dari Johor Darul Ta'zim di babak pertama dan kemasukan satu gol di babak kedua.
tirto.id - Hasil pertandingan Johor Darul Ta'zim vs Persija di penyisihan Grup H Piala AFC 2018 berakhir dengan skor 3-0 di Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Johor Bahru, Malaysia, Rabu (14/2/2018) malam.

Persija menghadapi pertandingan pertama matchday Grup H AFC Cup 2018 dengan tidak menurunkan sejumlah pemain pilar. Di lini depan, tidak ada nama Marko Simic atau Ramdani Lestaluhu. Stefano Cugurra Teco mempercayakan Bambang Pamungkas di posisi penyerang sebagai ujung tombak.

Jalannya pertandingan babak pertama Johor Darul Ta'zim vs Persija

Di menit-menit awal, Johor Darul Ta'zam terus menekan Macan Kemayoran. Memanfaatkan sepak pojok, sundulan Luciano Figueroa di menit ke-5 menusuk keras ke arah gawang Persija. Beruntung Andritany cukup sigap dan mampu mementahkan bola.

Pada menit ke-8, Johor Darul Ta'zim mendapat peluang dari tendangan bebas dari luar kotak. Sang kapten Safiq Rahim gagal mengeksekusi usai tendangan kerasnya membentur pagar betis.

Pada menit ke-20, Luciano Figueroa menyambar bola hasil halauan Andritany dari kemelut di depan gawang Persija. Pemain Johor bernomor punggung 11 itu men-chip bola namun masih bisa diamankan Andritany.

Peluang terbaik yang dimiliki Persija datang pada menit ke-25. Jumping heading Bambang Pamungkas menyambut umpan dari sisi kanan sayangnya mengarah tepat ke pelukan kiper Farizal Marlias.

Hazwan Bakri memecah kebuntuan tuan rumah usai mencetak gol di menit ke-28. Memanfaatkan umpan tarik datar dari sisi kiri pertahanan Persija, pemain bernomor punggung 9 itu mampu mencocor bola yang tidak bisa diamankan penjaga gawang Andritany. Persija tertinggal 1-0 atas Johor Darul Ta'zam.

Luciano Figueroa pada menit ke-36 mendapat peluang emas ketika menyambut umpan sundulan dari dalam kotak penalti. Pemain berkepala plontos itu mencoba lakukan tendangan salto tapi luput tidak mengenai bola.

Lima menit terakhir babak pertama, Johor Darul masih menguasai serangan. Pada menit ke-41, Luciano Figueroa hampir mencetak gol setelah terjadi kemelut di depan gawang Persija.

Menit ke-41 Jorge Pereyra Diaz lolos dari jebakan offside barisan pertahanan Persija. Mendapat umpan dari Afiq Faizal, pemain bernomor punggung 11 itu sukses mengelabui Andritany dan mengubah skor 2-0 untuk keunggulan Johor Darul Ta'zim.

Jalannya pertandingan babak kedua Johor Darul Ta'zim vs Persija

Lima menit awal babak kedua, Johor Darul Ta'zim masih mendominasi permainan. Macan Kemayoran mencoba menyerang namun selalu kandas sebelum mendekati kotak penalti.

Jorge Diaz mendapat peluang emas di menit ke-52. Lolos dari jebakan offside dua pemain belakang Persija, pemain bernomor punggung 11 itu berlari ke kotak penalti dan melepaskan tendangan keras ke gawang. Andritany sigap mengantisipasi dan menepis bola ke luar lapangan.

Memasuki menit ke-60 Persija Jakarta mendapat peluang melalui Addison Alves. Menerima umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Johor Darul Ta'zim, Alves lakukan sundulan sambil menjatuhkan diri namun sayang bisa ditepis Farizal Marlias. Sepak pojok untuk Persija.

Pada menit ke-64, pemain Macan Kemayoran dilanggar di depan kotak penalti. Jamierson Xavier yang tampil sebagai eksekutor belum beruntung sebab tendangannya membentur pagar betis Johor Darul Ta'zim.

Bambang Pamungkas yang mencuri bola muntah berhasil mencocor bola dan masuk ke gawang. Sayang gol Bepe dianulir karena dinilai dalam posisi offside.

Bepe kembali mendapat peluang di menit ke-70. Pemain belakang Johor Darul Ta'zim Harris Harun salah mengantisipasi operan dan mampu dicuri Bepe kemudian menggiring bola ke kotak penalti.

Bepe mampu melewati penjaga gawang Farizal Marlias tapi bola gocekannya mengalir terlalu deras. Sambil menjatuhkan diri, Bepe menendang bola ke dalam gawang yang celakanya membentur tiang. Sambil menggelengkan kepala, Bepe bangkit tak percaya dengan apa yang terjadi.

Johor Darul Ta'zim menambah keunggulan 3-0 usai Safawi Rasyid mencetak gol di menit ke-76. Memanfaatkan umpan datar dari sisi kiri pertahanan Persija, pemain bernomor punggung 29 itu sukses menjebol gawang Andritany lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Johor Darul Ta'zim unggul 3-0 atas Persija

Memasuki 10 menit penghujung babak kedua, tuan rumah tidak berhenti menekan. Luciano Figueroa hampir menjebol gawang Andritany memanfatkan umpan datar Jorge Diaz dari sisi kanan pertahanan Persija pada menit ke-82. Beruntung tendangan mendatar pemain berkepala botak itu bisa diamankan Andritany.

Menit ke-87 Safawi Rasyid nyaris mencetak gol kedua. Memanfaatkan sepakan pojok sang kapten Safiq Rahim, Rasyid lakukan jumping heading menyambut umpan matang itu yang untungnya sundulannya mengarah di atas mistar gawang.

Di akhir babak kedua, Luciano Figueroa lolos dari jebakan offside barisan pertahanan Persija. Merengsek lebih dalam, Fugueroa memberi umpan terobosan ke Jorge Diaz.

Bisa diantisipasi, bola muntah disambut Fugueroa dengan tendangan keras ke arah Andritany. Beruntung sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Hingga wasit meniup peluit panjang akhir babak kedua, kedudukan tidak berubah. Hasil akhir Johor Darul Ta'zim vs Persija skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan pemain

Johor Darul Ta'zim: Farizal Marlias, Afiq Fazail (Mohd Amirul Hadi Zainal, 87), Safiq Rahim [C], Hazwan Bakri (Safawi Rasid, 73), Jorge Pereyra Diaz, Hariss Harun, Luciano Figueroa, Azrif Nasrulhaq (Kunanian Subramaniam, 67), La'vere Corbin-Ong, Fadhli Shas, Natxo Insa.

Persija Jakarta: Andritany, Jamierson Xavier, Addison Alves, Rudi Widodo (Fitra Ridwan, 46), Novri Setiawan, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Marco Kabiay (Rico Simanjuntak, 62), Bambang Pamungkas [c] (Ahmad Syaifullah, 75), Valentino Telaubun, Sandi Darma Sute.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis