Hasil Persija vs PSMS di Semifinal Leg 2, Skor Akhir 1-0

Oleh: Agung DH - 12 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Persija sukses melangkah ke final Piala Presiden 2018 usai tundukkan PSMS Medan 1-0.
tirto.id - Laga Persija vs PSMS Medan telah bubar dengan skor akhir 1-0. Gol tunggal Persija pada semifinal kedua Piala Presiden 2018 itu dicetak Marko Simic. Hasil ini mengantarkan Persija Jakarta lolos ke final Piala Presiden 2018, menunggu pemenang laga Bali United vs Sriwijaya FC.

Laga Babak Pertama Persija vs PSMS

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Manahan Solo, Senin (12/2/2018), pelatih Stefano Teco tetap menurunkan skuat utama Persija. Sejumlah pemain utama seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, dan Jamierson tetap diturunkan sejak babak pertama, kendati Persija Jakarta sudah menapakkan satu kaki di final.

Di kubu sebaliknya, PSMS juga menurunkan skuat utama. Ayam Kinantan mampu memberikan tekanan selama 15 menit babak pertama—berbeda dengan leg pertama ketika gawang mereka bobol tiga kali.

Frets Butuan bahkan nyaris membobol gawang Andritany pada menit ke-16. Tendangan keras anggota TNI itu mengarah ke gawang, tapi Andrytani sigap mengamankan bola.

Satu menit kemudian, Simic membalas menebar ancaman. Mendapatkan ruang tembak, Simic melepaskan tendangan keras. Bola masih melambung di atas gawang.

Kapten PSMS, Legimin Raharjo juga punya peluang pada menit ke-30. Pemain senior PSMS itu berhasil menguasai bola dan melancarkan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, Andritany masih bisa meredam bola.

Setelah water break babak pertama, tempo permainan Persija meningkat. Pergerakan cepat Riko Simanjuntak di sisi kanan membuat kalang kabut pertahanan PSMS. Sayang umpan tarik Riko gagal dijangkau Marko Simic di kotak penalti.

Persija mendapatkan keuntungan ketika wasit memberikan tendangan bebas di luar kotak penalti menyusul pelanggaran terhadap Simic.

Simic yang mengambil tendangan bebas belum sukses seperti laga pertama lalu. Tendangannya membentur pagar pemain. Bola muntahan yang disambar Ismed pun masih belum mengenai sasaran.

Sampai babak pertama bubar, skor masih 0-0.

Laga Babak Kedua Persija vs PSMS

10 menit awal babak kedua, kedua tim masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Roni Fatahilah berhasil meredam pergerakan dari Riko Simanjuntak yang mendobrak di sisi kanan. Sebaliknya serangan PSMS masih kandas di lini tengah Persija.

Simic akhirnya memecah kebuntuan ketika laga memasuki menit ke-60. Menerima umpan dari Riko dari sisi kanan, Simic yang berdiri di depan gawang langsung menyambar bola. Persija unggul 1-0. Simic mencetak gol ke-9 di Piala Presiden 2018, sekaligus mengukuhkan sebagai top skor sementara.

Persija Jakarta nyaris menambah keunggulan melalui Nugroho Fatchu Rochman. Tendangan setengah voly dari pemain pengganti Asri Akbar itu membuat kiper Dhika Bayangkara harus berjibaku menyelamatkan gawang.

Unggul 1-0, pelatih Teco menarik Simic dengan Bambang Pamungkas. Sedangkan Jamierson digantikan Gunawan Dwi Cahyo.

Bepe belum habis pada laga ini. Menerima umpan lambung dari Ramdani, Bepe jumping dan melakukan sundulan. Bepe masuk ke gawang, dan bola terbang di atas mistar.

Usai peluang itu, Riko Simanjuntak ditarik keluar dan digantikan oleh Novri Setiawan.

Persija belum menurunkan tempo permainan. Bepe lagi-lagi mendapatkan peluang setelah menerima umpan diagonal. Dengan sekali kontrol Bepe melepaskan tembakan, bola masih menyamping di gawang Dhika.

Reshaldi Hehanusa yang dimasukkan sebelum water break babak kedua berkesempatan menambah gol. Pergerakannya di sisi kiri diakhiri dengan satu sepakan, bola masih melenceng dari tiang jauh PSMS.

PSMS nyaris menyamakan kedudukan memasuki menit ke-79. Frets Butuan yang berhasil membawa bola ke kotak penalti gagal melepaskan tembakan. Andritany berhasil mencuri bola dari kaki Frets tanpa membuat pelanggaran.

Anditany kembali membuat frustasi pemain PSMS. Sebuah ancaman serius dari Wilfred Yessoh nyaris membobol gawang Persija. Tapi sepakan ke sudut gawang itu berhasil dimentahkan Andritany.

Gantian Persija yang berpeluang menambah keunggulan melalui Ramdani. Melihat kiper Andhikabergerak maju dari gawang, Ramadani melakukan chip bola. Beruntung pemain belakang Ayam Kinantan masih bisa menjauhkan bola dari gawang.

Tambahan waktu dua menit dari wasit tak mengubah kedudukan. Persija lolos ke final Piala Presiden 2018 untuk pertama kali.

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH