Hasil Persija Kontra Home United 2-3 di Leg 1, Masih Bisa Lolos

Oleh: Fitra Firdaus - 8 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Meskipun kalah 3-2 dari Home United, Persija masih bisa lolos andai menang 1-0 di leg kedua.
tirto.id - Pertandingan Home United vs Persija di leg pertama semifinal AFC Cup zona ASEAN 2018 berakhir dengan skor 3-2. Meskipun tumbang di Stadion Jalan Besar, Singapura pada Selasa, 8 Mei 2018, Macan Kemayoran masih bisa lolos ke final zona ASEAN andai mampu menang 1-0 di leg kedua.

Persija menghadapi Home United dengan kehilangan trio kunci lini belakang mereka yaitu Andritany, Rezaldi Hehanusa, dan Jaimerson. Tanpa tiga pemain itu, ditambah duet palang pintu Maman Abdurrahman-Vava Mario Yagalo yang kurang padu, pertahanan Macan Kemayoran mudah ditembus tuan rumah.

Home United sudah unggul ketika laga berjalan kurang dari dua menit. Umpan silang Shahril Ishak justru ditanduk oleh Maman Abdurrahman ke gawang sendiri.

Persija yang lini tengahnya 'raib' oleh kekuatan Home United, masih harus kebobolan sekali lagi. Menit kesembilan, Rizky Darmawan, kiper pengganti Andritany, melihat gawangnya dikoyak oleh Song Ui Young, gelandang tuan rumah asal Korea Selatan.

Sepanjang babak pertama, Home United lebih dominan dibandingkan tamu mereka. Namun klub Singapura itu terbobol oleh bola mati. Bermula dari tendangan sudut Riko Simanjuntak, ada Ramdani Lestahulu yang menanduk bola masuk gawang tuan rumah untuk kedudukan 2-1.

Tertinggal hingga turun minum, Persija menyengat pada awal babak kedua. Dengan pola yang sama dengan gol pertama, Macan Kemayoran menyamakan kedudukan. Sepak pojok Riko Simanjuntak diselesaikan oleh Ramdani untuk gol keduanya.

Persija berupaya menambah kekuatan di lini depan dengan masuknya Addison Alves pada menit ke-59. Namun, justru pergantian Home United yang lebih efektif, ketika Hafiz Nor masuk lapangan pada menit ke-73.

Hanya enam menit kemudian, Hafiz Nor mengirim tembakan lengkung yang tidak bisa ditangkap oleh Rizky Darmawan. Skor 3-2 tidak terelakkan.

Persija harus menelan kekalahan di leg pertama ketika kehilangan sang penjaga gawang utama, Andritany. Namun, masih ada harapan untuk Macan Kemayoran, andai mampu menang dengan skor 1-0 pada leg kedua.

Home United: Rudy Khairullah, Shakir Hamzah, Juma'at Jantan Christopher Van Huizen 85'), Abdil Qaiyyim, Anumanthan, Song Ui-Young, Izzdin Shafiq, Faritz Hameed, Aqhari Abdullah, Fazli Ayob (Sirina Camara 58'), Shahril Ishak (Hafiz Nor 73')

Persija: Rizky Darmawan, Ismed Sofyan, Vava Yagolo, Maman Abdurrahman, Valentino Telaubun, Rohit Chand, Ramdhani Lestaluhu (Yan Pieter Cornelis Nasadit 71'), Sandi Sute, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan (Addison Alves 59')

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight