Hasil Persib vs Persebaya Skor 4-1, Data dan Fakta

Oleh: Beni Jo - 18 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Persib vs Persebaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 23 yang dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali berakhir dengan skor 4-1.
tirto.id - Hasil pertandingan Persib vs Persebaya dalam laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 pada Jumat (18/10/2019) berakhir dengan skor 4-1. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, empat gol kemenangan Maung Bandung dicetak oleh Febri Hariyadi (2 gol), dan masing-masing satu gol dari Achmad Jufriyanto dan Kevin van Kippersluis. Sedangkan Green Force hanya membalas melalui penalti Diogo Campos.

Meladeni Persebaya, Persib memasang Kevin van Kippersluis sendirian di lini depan. Ezechiel N'Douassel yang selama ini menjadi tandemnya, disimpan di bangku cadangan.

Sedangkan Green Force mengandalkan David Da Silva di barisan penyerang dengan didampingi oleh kompatriotnya sesama Brasil, Diogo Campos. Absennya Otavio Dutra membuat pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal menurunkan duet Andri Muladi dan Hansamu Yama sebagai bek tengah.

Persib yang berstatus tuan rumah mampu membobol gawang kawalan Miswar Saputra dua kali pada babak pertama.

Gol Maung Bandung diciptakan oleh Febri Hariyadi pada menit ke-31, memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Omid Nazari, Febri yang sudah berada di area penalti menyambar bola ke gawang dan sehingga tercipta gol.

Berikutnya, Achmad Jufriyanto juga turut mencetak gol sembilan menit berselang. Berawal dari tendangan bebas Kevin van Kippersluis, bola dikirim ke area penalti dan disambut dengan sundulan Nick Kuipers.

Bola pun jatuh di kaki Jufriyanto dan membelokkannya ke gawang hingga membobol gawang Persebaya. Skor 2-0 bertahan hingga waktu istirahat.

Pada babak kedua, Maung Bandung kembali menambah golnya pada menit ke-60. Mendapatkan tendangan bebas, bola dieksekusi oleh Kevin van Kippersluis dan mengarahkannya langsung menuju pojok atas gawang. Miswar tidak mampu mengantisipasinya hingga tercipta gol ketiga Persib. Skor melebar 3-0.

Menit ke-71, Persebaya memperkecil kedudukan. Melalui eksekusi penalti, tembakan Diogo Campos berhasil membobol gawang Made Wirawan. Keadaan menjadi 3-1.

Sempat kebobolan, Persib menambah keunggulan. Memanfaatkan assist Ezechiel N'Douassel, Febri Hariyadi yang tidak terjaga berhasil menerobos pertahanan Persebaya. Ia melepaskan tembakan melewati hadangan Miswar dan menjebol gawang Green Force. Brace Febri pada menit ke-84 ini membuat skor 4-1.

Hingga babak kedua berakhir, tidak terjadi gol tambahan lagi. Skor 4-1 menutup pertandingan ini.

Data & Fakta

    • Dengan kemenangan 4-1 ini, Persib mampu membayar kekalahan atas Persebaya pada putaran pertama. Saat itu, Maung Bandung kalah 4-0 di kandang lawan.
    • Skor 4-1 kali ini juga mampu menyamai hasil pada Liga 1 2018 silam. Namun, kala itu Persebaya yang menang di Stadion Kapten I Wayan Dipta.
    • Pada empat kali pertandingan terakhir yang melibatkan duel Persib vs Persebaya di ajang resmi, tim pemenang selalu mencetak empat gol.
    • Persib kini meraih kemenangan enam kali selama Liga 1 2019. Sedangkan bagi Persebaya, ini adalah kekalahan keenamnya musim ini.

Pencetak gol: Febri Hariyadi 31', 84', Achmad Jufriyanto 40', Kevin van Kippersluis 60' (Persib), Diogo Campos 71' (Persebaya)

Daftar Susunan Pemain

Persib (4-3-3): I Made Wirawan; Supardi, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Nick Kuipers; Esteban Vizcarra, Abdul Aziz, Omid Nazari; Frets Butuan, Febri Hariyadi, Kevin van Kippersluis.

Cadangan: Dhika Bayangkara, Hariono, Erwin Ramdani, Zalnando, Kim Jeffrey Kurniawan, Henhen Herdiana, Ezechiel N'Douassel.

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muladi, Hansamu Yama; Muhammad Hidayat, Abu Rizal Maulana, Aryn Williams; Oktafianus Fernando, David Da Silva, Diogo Campos.

Cadangan: Imam Arief Fadilah, Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo, Elisa Basna, Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Kemaluddin, Koko Ari Araya.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight