Hasil Persela vs Persipura: Tiga Gol Tercipta di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-2 menjadi hasil babak pertama Persela vs Persipura di Shopee Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Surajaya, Rabu (22/5/2019).
tirto.id - Laga Persela vs Persipura di babak pertama dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan kedua yang dihelat di Stadion Surajaya, Rabu (22/5/2019) berkesudahan dengan skor sementara 1-2. Dua gol tim tamu yang ditorehkan Titus Bonai dan Boaz Salossa hanya mampu dibalas sebiji gol tuan rumah lewat sepakan Rafinha.

Persela menurunkan beberapa pergantian dalam starting eleven. Di posisi penjaga gawang, Dwi Kuswanto menggantikan peran Dian Agus. Sementara Samsul Arifin tampil sejak sepak mula di posisi bek kiri. Adapun lini depan ditempati Yohanis Nabar dan Rafinha.

Di lain pihak, Persipura langsung menurunkan Ibrahim Conteh dan Titus Bonai di lini tengah. Posisi penjaga gawang yang sebelumnya ditempati Dede Sulaiman kini digantikan oleh Mario Londok. Dua penyerang tetap dipercayakan kepada Marinus Wanewar dan Boaz Solossa.

Kehadiran Titus Bonai membuat Persipura tampil lebih menyerang. Laga baru berjalan 13 menit, mantan pemain Borneo FC tersebut berhasil membobol gawang tuan rumah yang dijaga Dwi Kuswanto setelah memanfaatkan crossing Tinus Pae. Skor 0-1.

Delapan menit kemudian, giliran Ibrahim Conteh yang menebar ancaman ke barisan pertahanan tuan rumah. Mendapatkan ruang tembak yang cukup leluasa, Conteh melepaskan tendangan keras menyusur tanah yang sayangnya masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Persela.

Meski bertindak sebagai tuan rumah Persela justru banyak tertekan. Lini tengah yang dikomandoi Kei Hirose seolah “mati”, sebaliknya tempo permainan praktis dikuasai Mutiara Hitam.

Lagi, menit 29 Persipura nyaris menggandakan keunggulan andai tendangan keras Ibrahim Conteh tak kelewat tinggi. Peluang tersebut lantas dibalas Persela dua menit berselang melalui Rafinha. Namun, meskipun mengarah ke gawang, sepakannya masih bisa diantisipasi Mario Londok.

Tempo permainan berubah. Laga menjadi semakin menarik usai Laskar Joko Tingkir menyamakan kedudukan pada menit 38. Rafinha yang lepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Mario Londok mampu menceploskan bola. Skor 1-1

Tak lama kemudian, tepatnya pada menit 40, Boaz Solossa membuat Persipura kembali unggul. Valentino Telaubun yang sukses mengirimkan umpan tarik ke kotak penalti dapat diselesaikan dengan sempurna oleh Boaz. Skor berubah 2-1 sekaligus menutup paruh pertama.

Susunan Pemain

Persela: Dwi Kuswanto; Eky Taufik; Mawouna Amevor; Arif Satria; Samsul Arifin; Ahmad Baasith; Kei Hirose; Malik Risaldi; Hambali Tolib; Yohanis Nabar; Rafinha.

Persipura: Mario Londok; Valentino Telaubun; Ricardo Salampessy; Andre Ribeiro; Tinus Pae; Ibrahim Conteh; Ronaldo Meosido; Oh In-kyun; Titus Bonai; Marinus Wanewar; Boaz Solossa.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis