Piala Gubernur Jatim 2020

Hasil Persebaya vs Persija Final Piala Gubernur Jatim: Babak 1 Seri

Oleh: Beni Jo - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Persebaya vs Persija dalam final Piala Gubernur Jatim 2020 berakhir dengan skor seri 1-1 hingga babak pertama usai.
tirto.id - Hasil pertandingan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta dalam final Piala Gubernur Jatim 2020 pada Kamis (20/2/2020) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, berakhir dengan skor seri 1-1 hingga babak pertama usai. Persebaya unggul cepat melalui Oktafianus Fernando pada menit 3. Persija membalas lewat sundulan Marko Simic pada menit 43.

Tampil dalam laga puncak, Persebaya melakukan beberapa perubahan. Alwi Slamat dipasang sebagai bek sayap kanan dan M Syaifuddin di kiri. Untuk sektor depan, tim asuhan Aji Santoso mengandalkan David da Silva dengan dukungan Oktafianus Fernando, Mahmoud Eid, juga Makan Konate.

Sementara itu, Persija menurunkan formasi yang agak berbeda. Ryuji Utomo dan Maman Abdurrahman bermain sebagai bek sentral. Otavio Dutra yang selama ini menjadi pemain utama absen. Marko Simic tetap menghuni posisi target man dengan didampingi Riko Simanjuntak dan Evan Dimas.

Persebaya langsung mengambil inisiatif untuk melakukan serangan sejak awal laga. Tim Bajul Ijo pun tidak butuh waktu lama untuk bisa membobol gawang lawan. Alwi Slamat memberikan umpan ke mulut gawang dari sisi kiri. Bola sempat dibuang oleh pemain Persija.

Namun, Makan Konate datang dan melepaskan tendangan ke area penalti. Bola disambut dengan sepakan oleh Oktafianus Fernando yang berhasil menjebol gawang kawalan Shahar Ginanjar pada menit ke-3. Skor langsung berubah 1-0.

Menit ke-15, Persebaya sebenarnya memperoleh peluang emas untuk menambah gol. David da Silva tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Shahar di kotak penalti. Akan tetapi, tendangan striker asal Brasil ini mengenai kaki sang kiper hingga gagal melebarkan keadaan.

Persija sendiri beberapa kali melakukan percobaan serangan. Diantara melalui aksi Evan Dimas dari sisi kiri dan Riko Simanjuntak dari kanan. Namun, usaha mereka masih belum bisa membuahkan gol untuk menyamakan kedudukan.

Memasuki menit ke-30, Macan Kemayoran kehilangan satu pemain. Ryuji Utomo dikartu merah lansung oleh wasit. Sebelumnya, ia melakukan pelanggaran terhadap David da Silva di area pertahanan Persija.


Jelang turun minum, Persebaya pun sempat mengancam. David da Silva melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-43, Persija yang bermain dengan 10 orang justru mampu menyamakan kedudukan. Memaksimalkan umpan tendangan sudut, bola langsung disambar dengan sundulan oleh Marko Simic dan menjebol gawang yang dijaga Rivky Mokodompit. Skor menjadi imbang 1-1.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 tetap bertahan. Kedua tim pun memasuki waktu istirahat.

Pencetak Gol: Oktafianus Fernando 3' (Persebaya), Marko Simic 43' (Persija)

Daftar Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit; Rizky Ridho, Arif Satria, M Syaifuddin, Alwi Slamat; Ricky Kambuaya, Hambali Tholib, Makan Konate; Oktafianus Fernando, David da Silva, Mahmoud Eid.
.
Cadangan: Angga Saputra, Zoubairou Garba, Aryn Williams, M Hidayat, Patrich Wanggai, Supriadi, Irfan Jaya

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Marco Motta, Tony Sucipto; Adrianus Dwiki, Sandi Sute, Rohit Chand; Evan Dimas Darmono, Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Cadangan: Adixi Lenzivio, Al Hamra, Alfath Faathier, Heri Susanto, Mark Klok, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan

Baca juga artikel terkait PIALA GUBERNUR JATIM 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight