Piala Indonesia

Hasil Persebaya vs Madura United: Babak Pertama Diwarnai Gol Cepat

Oleh: Beni Jo - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-1 menjadi hasil babak pertama laga Persebaya vs Madura United di Piala Indonesia, Rabu (19/6/2019).
tirto.id - Hasil babak pertama laga Persebaya vs Madura United dalam leg pertama fase perempat final Piala Indonesia 2019 berkesudahan dengan skor 0-1. Berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (19/6/2019), tuan rumah tertinggal berkat gol cepat Aleksandar Rakic pada menit ke-2.

Pada laga pertemuan pertama ini, Persebaya mengusung formasi 4-2-3-1. Amido Balde kembali menjadi andalan lini depan tuan rumah setelah lama absen akibat cedera hamstring. Sementara Damian Lizio dan Manuchehr Jalilov tetap menjadi tumpuan tim Bajul Ijo di sektor gelandang serang.

Madura United memainkan hampir seluruh skuat utamanya pada pertandingan ini. Aleksandar Rakic tampil sebagai target man dengan sokongan tiga pemain yang juga cukup berbahaya di depan, yaitu Alberto Goncalves, Andik Vermansyah, serta Greg Nwokolo.

Bertanding di depan publiknya sendiri, Persebaya justru kebobolan lewat gol cepat yang dihasilkan oleh Aleksandar Rakic pada menit ke-2. Striker andalan Madura United itu solo run dari tengah lapangan dan mampu melepaskan tembakan pelan yang melewati kiper Miswar Saputra dengan sangat mudah. Skor 0-1 untuk tim tamu.

Damian Lizio memberikan ancaman dari luar kotak penalti usai timnya kebobolan. Tapi, tembakan pemain asal Argentina itu gagal menemui sasaran dan masih melayang di atas mistar gawang.

Kuartet lini depan tim tamu yang diisi Alberto, Andik, Greg, dan Rakic bermain sangat spartan pada laga ini. Tercatat pada menit ke-12, dua kali Miswar harus jatuh bangun menepis tembakan para pemain Laskar Sapeh Kerrab itu.

Persebaya sendiri juga mempunyai peluang emas. Menerima bola kiriman Misbakus Solikin, Oktafianus Fernando berhasil menerobos pertahanan lawan hingga memasuki kotak penalti dan melepaskan tembakan. Namun, kiper M. Ridho masih bisa memblok bola dan menggagalkan usaha tuan rumah untuk menyamakan skor.

Andik yang juga pernah berseragam Persebaya kembali mampu memberikan ancaman berupa tembakan jarak jauhnya. Miswar pun tidak mau kecolongan lagi untuk kedua kali dengan berhasil mementahkan tembakan keras itu.

Persebaya hampir saja mampu membobol gawang tim tamu pada menit-menit akhir. Tembakan yang dilepaskan Oktafianus dari luar kotak 16 itu membentur mistar gawang dan jatuh di kaki Manuchehr Jalilov. Namun, eks Sriwijaya FC itu tidak bisa memanfaatkan peluang untuk menceploskan bola hingga kedudukan masih tetap 0-0.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol tambahan. Skor 0-1 bertahan memasuki waktu istirahat setelah wasit meniup panjang peluitnya.


Pencetak gol: Aleksandar Rakic '2 (Madura United).

Daftar Susunan Pemain

Persebaya (4-2-3-1): Miswar Saputra; Hansamu Yama Pranata, M. Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, M. Hidayat; Oktafianus Fernando, Damian Lizio, Manuchehr Jalilov; Amido Balde.

Cadangan: Imam Arief, R. Irianto, Abu Rizal, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan, Irfan Jaya, Osvaldo Haay.

Madura United (4-2-3-1): M. Ridho; Jaime Xavier, Fandry Imbiri, Rendika Rama, Marckho Sandi; Zulfiandi, Asep Berlian; Alberto Goncalves, Andik Vermansyah, Greg Nwokolo; Aleksandar Rakic.

Cadangan: Satria Tama, M Fachrudin, Alfath, Guntur, Gufroni, Slamet Nur Cahyo, Engelbert Sani

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Beni Jo