Liga Jerman 2019

Hasil Nurnberg vs Dortmund: Unggul 3 Poin dari Bayern di Klasemen

Oleh: Wan Faizal - 19 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 tanpa gol menjadi hasil Nurnberg vs Dortmund di Liga Jerman pada Selasa (19/2/2019). BVB kini tiga poin di atas Bayern di klasemen Bundesliga.
tirto.id - Hasil pertandingan Nurnberg vs Borussia Dortmund berakhir dengan skor imbang 0-0 di Stadion Max-Morlock, Selasa (19/2/2019) dini hari WIB. Tambahan satu poin di laga ini menjadi kerugian bagi BVB, yang kini hanya tiga angka dari Bayern Munchen di klasemen Liga Jerman.

Anak asuh Lucien Favre lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini. Mereka berada di posisi teratas sedangkan sang lawan ada di posisi juru kunci. Secara moral bertanding pun Dortmund lebih bagus karena Nurnberg sudah tidak pernah meraih kemenangan dalam 15 laga terakhirnya.

Sejak pertandingan dimulai, dominasi sudah ditunjukkan oleh tim tamu. Maximilian Philipp dan Thomas Delaney bergantian menciptakan bahaya ke gawang kiper Christian Mathenia di 11 menit awal. Delaney, gelandang asal Denmark, mendapatkan peluang lagi ketika tandukan yang ia lepaskan memanfaatkan umpan Guerreiro masih melambung di atas mistar.

Nurnberg bukannya tanpa peluang karena seiring berjalannya waktu, mereka semakin panas dan bisa membahayakan pertahanan Dortmund juga. Utamanya dari dua kali usaha Hanno Behrens di menit 28 akan tetapi tandukannya masih bisa ditepis oleh Roman Burki.

Kemudian ada Mario Gotze yang membuang beberapa peluang bagus untuk membawa timnya unggul namun skor masih tetap imbang sampai babak pertama usai.

Favre tentu menyadari potensi bahaya yang didapat timnya jika tetap saja belum bisa mencetak gol. Benar bahwa ada peluang dini dari Gotze di menit 53, namun setelah itu perlawanan dari Nurnberg menjadi semakin keras. Dortmund beruntung karena sundulan Lukas Muhl di menit 59 hanya menyamping tipis dari gawang Burki.

Ingin segera mencari gol, Favre langsung memasukkan Paco Alcacer menggantikan Philipp. Masuknya eks striker Barcelona tersebut membuat serangan Dortmund kian ramai ke pertahanan Nurnberg dan bahkan Alcacer hampir saja mencetak gol di menit 75 kala bola tandukannya melebar ke sisi gawang Mathenia. Berbagai usaha dilancarkan Dortmund namun tetap saja gagal menembus barikade pertahanan lawan.

Dengan hanya tambahan satu angka ini maka sekarang Dortmund unggul tiga poin saja dari Bayern Munchen. Bahaya besar jelas mengintai BVB karena pekan depan mereka menjamu tim kuat macam Bayer Leverkusen disaat Bayern bermain di kandang sendiri melawan Hertha Berlin.



Susunan Pemain

Nurnberg: Christian Mathenia; Enrico Valentini, Lukas Muhl, Ewerton, Tim Leibold; Ondrej Petrak, Hanno Behrens, Eduard Lowen (Robert Bauer 77’); Yuya Kubo (Federico Palacios 85’); Matheus Pereira, Adam Zrelak (Mikael Ishak 66’)

Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf, Julian Weigl, Dan Axel Zagadou, Abdou Diallo; Axel Witsel, Thomas Delaney (Jacob Bruun Larsen 80’); Raphael Guerreiro, Maximilian Philipp (Paco Alcacer 63’), Jadon Sancho; Mario Gotze

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal