Liga Champions

Hasil Napoli vs Liverpool Skor 2-0: Juara Bertahan Langsung Tumbang

Oleh: Gilang Ramadhan - 18 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 yang menjadi hasil Napoli vs Liverpool pada Rabu (18/9/2019) membuat juara bertahan Liga Champions tumbang di laga perdana.
tirto.id - Hasil Napoli vs Liverpool dalam pertandingan pertama Grup E Liga Champions 2019/2020 berkesudahan dengan skor akhir 2-0. Bermain di Stadion San Paolo pada Rabu (18/9/2019), gol Dries Mertens dan Fernando Llorente cukup untuk membuat juara bertahan menelan kekalahan.

Napoli arahan Carlo Ancelotti menurunkan skuad terbaiknya dengan duet Dries Mertens dan Hirving Lozano di lini serang. Sementara Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool memainkan trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Tuan rumah mendapatkan peluang matang terlebih dahulu pada menit 6 melalui sepakan keras Fabian Ruiz. Kendati sempat dua kali ditepis Adrian, bola muntahan dilesakkan ke gawang oleh Hirving Lozano. Namun, Lozano terlebih dahulu terperangkap offside.

Liverpool mendapat kans pada menit 20 lewat aksi Sadio Mane. Akan tetapi, tendangan jarak dekat penyerang asal Senegal itu masih mengarah tepat ke pelukan kiper Napoli, Alex Meret.

Roberto Firmino hampir membuka keunggulan Liverpool dua menit jelang turun minum. Tandukannya memanfaatkan umpan tarik James Milner hanya melenceng tipis di samping kanan gawang Alex Meret. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.




Di babak kedua, tuan rumah langsung menggebrak ketika laga baru berjalan 4 menit. Sontekan jarak dekat Dries Mertens meneruskan umpan tarik Mario Rui memaksa Adrian melakukan penyelamatan gemilang. Napoli hanya dihadiahi sepak pojok.

Memasuki menit 54, Liverpool membuang peluang emas untuk membuka skor. Melalui serangan balik cepat, Mane dan Mohamed Salah hanya berhadapan dengan Kostas Manolas. Namun, umpan pendek Mane kepada Salah tidak mampu dijangkau dengan baik.

Kiper Napoli giliran melakukan penyelamatan gemilang pada menit 65. Berawal dari kesalahan Kostas Manolas dalam melakukan sapuan, Mohamed Salah sukses meraih bola dan langsung melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Tetapi, Alex Meret masih mampu menepisnya.

Pada menit 80, Jose Callejon dijatuhkan Andy Robertson di kotak terlarang. Dalam tayangan ulang Callejon terlihat melakukan diving, tetapi wasit tetap memberikan penalti kepada Liverpool. Dries Mertens yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Skor 1-0 untuk Napoli.

Fernando Llorente berhasil memastikan kemenangan Napoli lewat golnya menit 90+1. Berawal dari kesalahan Virgil van Dijk, Llorente berhasil memburu bola dan menaklukkan Adrian. Skor 2-0 untuk kemenangan Napoli bertahan hingga laga usai.

Dari catatan statistik laga, Liverpool unggul tipis dalam hal penguasaan bola, 51% berbanding 49%. Akan tetapi Napoli memiliki 5 shots on goal dari 7 percobaan. Sementara itu, Liverpool melepaskan 9 tembakan yang 5 di antaranya melenceng dari sasaran.

Liverpool adalah juara bertahan Liga Champions pertama yang kalah di laga pekan perdana sejak AC Milan kalah dari Ajax Amsterdam pada musim 1994/1995.


Pencetak Gol: Dries Mertens 81 penalti, Fernando Llorente 90+1

Susunan Pemain Inti

Napoli (4-4-2): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly, Mario Rui; Jose Callejon, Allan, Fabian Ruiz, Lorenzo Insigne; Hirving Lozano, Dries Mertens. | Pelatih: Carlo Ancelotti.

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane. | Pelatih: Jurgen Klopp.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight