Hasil MotoGP Catalunya 2019: Alex Rins Tercepat di FP3, Lolos ke Q2

Oleh: Permadi Suntama - 15 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Alex Rins menjadi yang tercepat di FP3 MotoGP Catalunya 2019.
tirto.id - Hasil MotoGP Catalunya 2019 untuk sesi latihan bebas ketiga atau FP3 yang digelar di Spanyol pada Sabtu (15/6/2019) menempatkan Alex Rins sebagai yang tercepat. Pembalap Suzuki ECSTAR ini pun dipastikan berada di 10 besar klasemen kombinasi untuk lolos otomatis ke Kualifikasi Tahap Dua (Q2) bersama 9 pembalap lain.

Selalu berada di 10 besar dalam dua sesi latihan bebas yang berlangsung Jumat (14/6/2019), Rins melengkapinya dengan tampil gemilang di FP3. Rider asal Spanyol ini membuat catatan waktu 1 menit 39,547 detik untuk mengungguli rival-rivalnya.

Rins berpeluang mencatat start terbaiknya musim ini. Dari 6 seri yang sudah dijalani, posisi ke-7 merupakan posisi terbagus Rins saat memulai balapan. Selain itu, hasil FP3 menunjukkan permasalahan Suzuki GSX-RR yang sebelumnya kalah bersaing dalam membuat putaran tercepat mulai teratasi.

Posisi kedua pencatat waktu tercepat ditempati oleh Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha, dengan torehan 1 menit 39,583 detik. Rider Spanyol ini selalu berada di tiga besar dalam tiga sesi latihan bebas di Catalunya.

Pembalap kelahiran Inggris dari MotoGP LCR Honda, Cal Crutchlow, melengkapi jajaran 3 besar sekaligus menyegel satu tempat di Q2.

Sedangkan duo Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, berada di peringkat 4 dan 5 di FP3. Hasil ini sudah cukup mengantarkan keduanya berada di 10 besar klasemen kombinasi dan lolos ke Q2.

The Doctor terus menunjukkan grafik yang meningkat, yakni peringkat 9 (FP1), 7 (FP2), dan 4 (FP3). Sementara Vinales, kendati sempat terlempar ke peringkat 14 di FP2, tetap masuk 10 besar karena di FP1 berada di peringkat ke-3.


Hasil kurang memuaskan justru didapat oleh Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda ini harus tampil habis-habisan di FP3 demi satu tempat di Q2. Kendati berhasil lolos, namun Marquez meraihnya dengan susah payah. Rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, hanya satu strip di bawahnya.

Meskipun tampil kurang menjanjikan, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci dari Ducati tampil konsisten di 3 sesi latihan bebas dan lolos ke Q2. Dovizioso berada di peringkat 4 (FP1), peringkat 2 (FP2), dan peringkat 4 (FP3). Sementara Petrucci di FP1 ada di peringkat 18, kemudian di posisi 8 di FP2 dan FP3.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya