Hasil MotoGP 2020 Virtual Race 4: Duo Marquez & Rossi Naik Podium

Oleh: Beni Jo - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil virtual race MotoGP 2020 keempat: Alex Marquez juara di Misano mengalahkan Marc Marquez dan Valentino Rossi di Misano pada Minggu (17/5/2020).
tirto.id - Race virtual MotoGP 2020 seri keempat yang digelar di Sirkuit Misano pada Minggu (17/5/2020) berakhir dengan kemenangan Alex Marquez yang mengalahkan sang kakak sekaligus juara dunia MotoGP, Marc Marquez. Sementara itu, Valentino Rossi sukses mendapatkan podium terakhir.

Race virtual MotoGP 2020 sudah dilakukan empat kali. Balapan pertama di Red Bull Ring menjadi milik Alex Marquez. Sementara itu, race virtual berikutnya di Mugello jadi kepunyaan Francesco Bagnaia. Sebelum balapan pada Minggu (17/5), race ketiga digelar pada 3 Mei 2020 dengan pemenang Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Kali ini di sirkuit virtual Misano San Marino, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjalani start dari pole position. Baginya, ini merupakan pole position ketiga kali dalam MotoGP versi virtual. Sang pembalap asal Italia mampu lolos dari insiden kecelakaan yang terjadi sebelum tikungan pertama.

Quartararo tetap di urutan terdepan hingga lap ketiga. Namun, kesalahan fatal dibuatnya hingga Alex Marquez yang berada di belakangnya mengambil alih pimpinan lomba. Kejadian buruk datang lagi di lap ketujuh, ketika Quartararo dan Alex senggolan. Marc Marquez memanfaatkan kesempatan dan tampil memimpin race.

Di tikungan terakhir jelang berakhirnya lomba yang melahap 9 putaran itu, Alex Marquez justru berhasil mengalahkan kakaknya, Marc Marquez.

Alhasil ini adalah gelar juara seri kedua bagi Alex, yang dalam race virtual pertama juga berhasil menjadi yang terdepan. Sebaliknya, Marc Marquez sama sekali belum pernah juara balapan virtual sejauh ini.



"Aku sangat gugup, Fabio (Quartararo) sangat cepat hari ini. Paling cepat diantara yang lain, 1 detik per lapnya. Ketika ia membuat kesalahan, oke, aku mencoba mengerem lebih lambat dan menyerang. Tapi mental dia kebalikannya, mencoba menyerang di brake point seperti dalam kenyataan saja," sebut Alex Marquez, seperti dikutip Antara, Minggu (17/5).

Bagi Marc Marquez, yang sudah juara MotoGP enam kali, meski gagal juara race virtual, raihan kali ini merupakan catatan tersendiri. Setidaknya, sang pembalap Repsol Honda naik podium untuk pertama kalinya

"Ini podium pertamaku di seri MotoGP virtual, sekarang aku bisa pensiun dari game ini. Tapi sayang saudaraku menyalipku di tikungan terakhir, jadi kemungkinan nanti kami akan bicarakan itu karena aku tak suka kalah di tikungan terakhir," tutur Marc Marquez.

Sedangkan bagi Valentino Rossi, race kali ini dianggap cukup menguntungkan dirinya. Karena Fabio Quartararo terjatuh jelang finis pada tikungan terakhir, Rossi sukses menempati posisi podium terakhir di bawah Alex Marquez dan Marc Marquez.

Seusai lomba, pembalap asal Italia yang memegang gelar juara dunia 7 kali itu menyatakan rasa bahagianya bisa naik podium di sirkuit kandangnya sendiri, Misano.

"Aku sangat senang mendapatkan podium ini karena ini hasil yang penting untuk grand prix kandangku sendiri. Aku berlatih pekan ini dengan kondisi merasa lebih baik memakai gim (MotoGP) 2020. Podium ini (dipersembahkan) untuk timku juga para fans," beber pembalap 41 tahun itu.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight