Hasil Man City vs Hoffenheim di UCL, Juara Grup F Berkat Brace Sane

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dua gol Leroy Sane menjadi penentu hasil Manchester City vs Hoffenheim di Stadion Etihad, Kamis (13/12/2018) berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Tuan rumah menjadi juara Grup F.
tirto.id - Laga pamungkas Grup F Liga Champions 2018/2019 antara Manchester City vs TSG Hoffenheim di Stadion Etihad, Kamis (13/12/2018) berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Leroy Sane menjadi bintang lapangan dengan memborong dua gol untuk kemenangan tuan rumah.

Dalam laga ini, Manchester City menurunan patron 4-3-3. Untuk menjamu Hoffenheim, Pep Guardiola mengandalkan trio Raheem Sterling, Gabriel Jesus, dan Leroy Sane di lini serang.

Sementara itu, Hoffenheim menurunkan formasi 3-4-1-2 dalam laga ini. Di lini serang, Julian Nagelsmann mengandalkan duet Andrej Kramaric dan Joelinton yang disokong oleh Leonardo Bittencourt.

Di babak pertama, tim tamu tampil mengejutkan dengan menekan City di awal laga. Hoffenheim pun berhasil unggul lebih dulu lewat penalti Andrej Kramaric pada menit ke-16. Tertinggal satu gol membuat tuan rumah berusaha bangkit. Hasilnya, City sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Leroy Sane jelang turun minum.

Memasuki babak kedua, tuan rumah mempertahankan intensitas serangan. Pada menit 55, The Citizens menghadirkan ancaman serius ke gawang Oliver Baumann. Lewat mekanisme serangan balik, Raheem Sterling dapat mengirim umpan ke Leroy Sane di kotak penalti. Sane pun mengirim bola ke Bernardo Silva. Namun sayangnya, eksekusi Silva dapat digagalkan Baumann.

Tuan rumah akhirnya berbalik unggul pada menit 66. Kombinasi Sterling dan Sane memimpin serangan balik cepat City. Kerja sama tersebut berhasil diakhiri Sane yang menceploskan bola ke gawang Baumann. Skor menjadi 2-1 untuk tuan rumah.



Kiper tim tamu kembali membuat penyelamatan gemilang pada menit 76. Berawal dari umpan silang Sterling ke tiang jauh, Phil Foden berada dalam posisi tepat untuk menyambut bola. Dari jarak dekat, Foden pun langsung melepaskan tembakan voli. Untung bagi tim tamu, Baumann menggagalkan Foden dengan penyelamatan gemilang.

Tuan rumah kembali mengancam pada menit 84. Foden mengirim umpan silang ke kotak penalti yang sukses diterima Sterling. Penyerang internasional Inggris itu pun mendapat ruang tembak dan coba mencetak gol ketiga City. Namun usaha Sterling masih melebar dari sasaran.

Skor 2-1 pun bertahan hingga laga bubaran. Kendati menorehkan delapan tembakan tepat sasaran, penampilan gemilang Oliver Baumann membuat City hanya mencetak dua gol.

Manchester City tampil dominan sepanjang pertandingan. Tuan rumah menorehkan 63% penguasaan bola dan 22 tembakan. Sedangkan Hoffenheim yang sempat unggul lebih dulu mencatatkan 37% penguasaan bola dan 14 tembakan.

Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan The Citizens sebagai juara Grup F dengan total 13 poin. Di bawah City, Olympique Lyonnais menjadi runner-up dengan delapan poin. Peringkat ketiga ditempati Shakhtar Donetsk dengan torehan enam poin. Sementara itu, Hoffenheim harus puas berada di dasar klasemen dengan raihan tiga poin.

Susunan Pemain Manchester City vs Hoffenheim.

Manchester City (4-3-3): Ederson; John Stones (Kyle Walker 46'), Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko (Fabian Delph 64'); Bernardo Silva (Vincent Kompany 85'), Ilkay Gundogan, Phil Foden; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Leroy Sane.

Pelatih: Pep Guardiola.

Hoffenheim (3-4-1-2): Oliver Baumann; Kasim Adams, Benjamin Hubner, Pavel Kaderabek; Joshua Brenet (Reiss Nelson 46'), Dennis Geiger (Nadiem Amiri 63'), Florian Grillitsch, Nico Schulz; Leonardo Bittencourt (Ishak Belfodil 70'); Andrej Kramaric, Joelinton.

Pelatih: Julian Nagelsmann.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim