Liga Eropa 2019

Hasil Malmo vs Chelsea: Gol Tumit Giroud, The Blues Menang Tipis

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-2 menjadi hasil Malmo vs Chelsea di 32 besar Liga Eropa pada Jumat (15/2/2019) berkat gol Ross Barkley dan Olivier Giroud.
tirto.id - Gol Ross Barkley dan Olivier Giroud menjadi kunci kemenangan Chelsea atas tuan rumah Malmo dengan skor akhir 1-2 pada Jumat (15/2/2019). Tampil di Stadion Swedbank, The Blues bukan cuma membawa keuntungan dari leg pertama 32 besar Liga Eropa, tetapi juga memberi respons bagus usai kalah dari Manchester City.

Pelatih Maurizio Sarri mendapatkan kritikan keras akibat timnya takluk enam gol tanpa balas dari The Citizens. Namun, Chelsea tidak butuh waktu lama untuk bangkit. Menghadapi Malmo, klub London itu menang relatif mudah, dan kini ibarat satu kaki menuju babak 16 besar.

Pada babak pertama, perbedaan kualitas Chelsea dan Malmo terlihat setelah menit ke-30. Awalnya, tuan rumah yang tampil defensif mampu membatasi tembakan The Blues. Namun, umpan silang Pedro yang diselesaikan Ross Barkley membuat Malmo tertinggal dan tidak punya pilihan kecuali menyerang.

Awal babak kedua, Malmo meningkatkan tekanan mereka ke pertahanan Chelsea. Meskipun demikian, tuan rumah menghadapi pertahanan yang kokoh, dari Cesar Azpilicueta dan David Luiz.

Sebaliknya, Chelsea melakukan serangan balik yang berbuah gol pada menit ke-58. Dimulai dari Barkley, bola diterima Willian yang menyisir sisi kanan pertahanan lawan. Umpan silang datarnya diselesaikan oleh Olivier Giroud dengan tendangan tumit jarak dekat. Skor 0-2, ini gol kelima Giroud di Liga Eropa musim ini.

Sementara tuan rumah mulai kelelahan karena tekanan mereka tak berujung gol, Chelsea nyaris mencetak gol ketiga Kai ini, kerjasama Giroud dan Barkley membuka ruang untuk sang gelandang Inggris menembak. Namun, aksinya dihalau oleh Johan Dahlin.

Serangan balik Malmo akhirnya berbuah pada menit ke-80. Bola silang datar kiriman Markus Rosenborg diambil oleh Anders Christiansen, yang dalam tekanan Mateo Kovacic tetap mampu mengirim tembakan ke sudut gawang Kepa Arrizabalaga. Peluang Malmo hidup kembali.

Namun, hingga akhir laga, kedudukan tidak berubah. Chelsea menang tipis 1-2 dengan dominasi penguasaan bola hingga 72,8 persen. Tuan rumah Malmo lebih banyak mengirim tembakan, 15 berbanding 11, tetapi lebih buruk dalam mengarahkan ke gawang: 2 tembakan tepat sasaran mereka berbanding 4 milik The Blues.



Pencetak Gol: Anders Christiansen 80/ Ross Barkley 30, Olivier Giroud 58 (Chelsea)

MALMO (5-3-2): Johan Dahlin; Andreas Vindheim, Lasse Nielsen, Rasmus Bengtsson, Behrang Safari, Soren Rieks; Arnor Ignvi Traustason (Oscar Lewicki 70), Fouad Bachirou, Anders Christiansen (Romain Gall 82); Marcus Antonsson (Carlos Strandberg 70), Markus Rosenborg.

cadangan: Eric Larsson, Dusan Melicharek, Anel Ahmedhodzic, Egzon Binacku.

CHELSEA (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, David Luiz, Emerson; Mateo Kovacic, Jorginho (N’Golo Kante 74), Ross Barkley; Willian (Eden Hazard 71), Olivier Giroud, Pedro (Callum Hudson-Odoi 84).

cadangan:
Antonio Rudiger, Willy Caballero, Gonzalo Higuain, Davide Zappacosta.

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight