Hasil Malaysia vs Indonesia di Babak Pertama: Garuda Tertinggal 1-0

Oleh: Beni Jo - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil babak pertama Malaysia vs Indonesia dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2022 Grup G yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11) berkesudahan 1-0.
tirto.id - Hasil babak pertama duel Malaysia vs Indonesia dalam lanjutan Grup G Pra-Piala Dunia 2022 yang digelar Selasa (19/11/2019) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, masih dengan kedudukan skor sementara 1-0. Gol yang membuat Garuda tertinggal dilesakkan oleh Safawi Rasid melalui tendangan bebas pada menit ke-30.

Indonesia yang didampingi oleh Yeyen Tumena sebagai caretaker pelatih, memasang formasi 4-2-3-1. Muhammad Ridho turun sebagai kiper utama. Di depannya, terdapat duet Otavio Dutra dan Rudolof Yanto Basna sebagai bek sentral. Gavin Kwan Adsit serta Ricky Fajrin menghuni posisi full back.

Di tengah, timnas Garuda menurunkan Hendro Siswanto dan Bayu Pradana sebagai gelandang jangkar. Sedangkan untuk gelandang serang diisi oleh TM Ichsan, Septian David Maulana, dan Febri Hariyadi. Greg Nwokolo pun tampil sebagai target man.

Sementara Malaysia menerapkan pola 4-4-2. Brendan Gan menjadi andalan di tengah. Muhammad Safawi Rasid dan Mohamadou Sumareh pun menjadi tumpuan Harimau Malaya di sektor depan.

Indonesia langsung mengancam pada menit keempat. Septian David Maulana memberikan umpan untuk Greg Nwokolo yang berada di area penalti. Akan tetapi, bola masih bisa disapu oleh pemain Malaysia. Tak sampai di situ, Febri Hariyadi juga melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, bola melayang tipis di atas mistar gawang tuan rumah.

Sedangkan Malaysia menciptakan peluang emas pertama pada menit ke-10. Berawal dari sepakan pojok, bola dikirim langsung oleh Safawi Rasid ke mulut gawang. Namun, kiper timnas Muhammad Ridho masih bisa menepisnya meski sempat terjadi kemelut di area penalti Indonesia.


Timnas pun memperoleh kesempatan berikutnya pada menit ke-20. Memanfaatkan assist Greg, Febri sebenarnya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Malaysia, Khairulazhan Bin Mohd Khalid. Kendati demikian, sepakan yang dilepaskan oleh Febri masih bisa digagalkan oleh Khairulazhan dengan menggunakan kakinya.

Malaysia akhirnya unggul lebih dulu pada menit ke-30. Tuan rumah mendapatkan hadiah tendangan bebas di luar kotak penalti setelah Safawi Rasid dilanggar oleh Yanto Basna.

Melalui eksekusi langsung, tendangan Safawi Rasid melewati pagar betis pemain Indonesia dan membobol gawang timnas tanpa bisa diantisipasi oleh Ridho. Skor berubah 1-0.

Sempat menciptakan kemelut di area penalti Malaysia pada menit ke-36, namun para penggawa timnas tidak mampu memaksimalkannya menjadi gol penyeimbang. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol tambahan. Skor 1-0 tetap bertahan memasuki waktu turun minum.

Pencetak gol: Safawi Rasid '30 (Malaysia)

Daftar Susunan Pemain

Malaysia (4-4-2): Khairulazhan Bin Mohd Khalid; M Aidil Zafuan, Corbin Ong Lawrence, Shahrul Mohd Saad, Muhamad Nor Azam; Mohamed Syamer Kutty, Muhammad Syahmi Safari, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid; Muhammad Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh.

Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Ridho; Gavin Kwan Adsit, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana; Teuku Muhammad Ichsan, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Greg Nwokolo.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight