Hasil Malaysia International Series 2019: Gatjra Kandas di 8 Besar

Oleh: Oryza Aditama - 21 Juni 2019
Tunggal putra Gatjra Piliang Fiqihila Cupu kandas di perempat final Malaysia International Series 2019 usai takluk dari wakil tuan rumah.
tirto.id - Langkah juara bertahan tunggal putra, Gatjra Piliang Fiqihila Cupu, harus terhenti di perempat final Malaysia International Series 2019, usai takluk di tangan unggulan pertama tuan rumah, Soong Joo Ven. Tampil selama 31 menit di court-1 Arena Badminton Perak, Malaysia, Jumat (21/6/2019), wakil Indonesia menyerah dua set langsung 12-21, 7-21.

Sejak awal gim pertama Gatjra sudah tampak kerepotan menghadapi pola permainan lawan. Pebulu tangkis 19 tahun itu pun tertinggal 3-6 pada awal permainan. Hingga masuk jeda interval, wakil Indonesia masih tertinggal 8-11.

Selepas jeda, Gatjra tetap belum sanggup keluar dari tekanan lawan. Bahkan perolehan poin juara bertahan ini kian tertinggal 11-17. Sebuah pengembalian Gatjra yang membentur net menutup set pertama dengan skor 12-21 untuk keunggulan pemain tuan rumah.

Alih-alih menunjukkan perbaikan, performa wakil Merah Putih malah kian terpuruk pada gim kedua. Digelontor delapan angka beruntun, Gatjra pun tertinggal 1-9 pada awal gim kedua. Usai interval, tekanan bertubi-tubi lawannya membuat tunggal putra Indonesia tercecer pada kedudukan 5-18.

Tak lama kemudian, kegagalan Gatjra dalam mengantisipasi pukulan intercept lawan turut menyudahi permainan dengan skor telak 7-21 untuk pemain Malaysia.


Kekalahan yang diterima Gatjra sekaligus memastikan tak ada satu pun wakil tunggal putra Indonesia yang sanggup menembus babak 4 besar. Pasalnya, pada pertandingan lain di court-2, tunggal putra Indonesia Yonathan Ramlie, juga harus menelan pil pahit saat takluk straight game 22-24, 9-21 dari unggulan ke-2 tuan rumah, Cheam June Wei.

Baca juga artikel terkait MALAYSIA INTERNATIONAL SERIES 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight