Piala Indonesia 2019

Hasil Madura United vs PSM 2-1, Juku Eja Tantang Persija di Final

Oleh: Beni Jo - 7 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Madura United vs PSM Makassar pada laga Minggu (7/7/2019) berakhir 2-1. Namun, Juku Eja lolos final Piala Indonesia karena mampu mencetak gol tandang dengan agregat 2-2.
tirto.id - Hasil laga Madura United FC vs PSM Makassar dalam leg kedua semifinal Piala Indonesia 2018/2019 yang digelar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (7/7/2019), berakhir dengan skor 2-1. Meskipun kalah, Tim Juku Eja akan menantang Persija di final Piala Indonesia lewat keunggulan gol tandang atas MU dengan agregat akhir 2-2.

Kalah 1-0 pada leg pertama, Madura United FC sempat membalas dua gol di kandang sendiri. Gol tuan rumah dihasilkan oleh penalti Aleksandar Rakic menit ke-33 dan tembakan Greg Nwokolo pada menit ke-58. Namun, PSM mampu mencetak gol tandang setelah Aaron Evans membobol gawang M Ridho pada menit ke-83. Marc Klok dan kolega pun lolos ke laga puncak dengan keunggulan gol tandang setelah agregat akhir menjadi 2-2.

Madura United menurunkan susunan pemain utamanya pada pertandingan ini. Tanpa diperkuat Andik Vermansyah, tuan rumah mengandalkan trio Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, dan Beto Goncalves dilini depan. Sedangkan duet Jaimerson Xavier serta Fandry Imbiri menjadi palang pintu disektor pertahanan.

PSM Makassar pun meladeni dengan formasi 4-3-3. Memasang Hilmansyah sebagai kiper utama, Tim Juku Eja menampilkan tiga pemain di depan, yang diisi oleh Guy Junior, M. Rahmad, dan Zulham Zamrun.

Pada babak pertama, tuan rumah mampu unggul 1-0 hingga secara agregat kedudukan menjadi imbang 1-1 memasuki waktu istirahat paruh pertama.

Gol pertama Lakar Sape Kerrap dihasilkan oleh Aleksandar Rakic yang sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-33. Aksinya mampu mengecoh kiper Hilmansyah yang sudah bergerak ke kanan. Sementara bola justru mengalir deras ke sisi kiri gawang.

Kedua tim langsung tampil menekan pada babak kedua. Menit ke-50, Rasyid Bakri mengancam gawang M Ridho dengan melepaskan tendangan bebas. Namun, kiper tuan rumah itu masih mampu menepis bola.

Tuan rumah memperlebar skor pada menit ke-58. Tembakan Greg Nwokolo menjebol gawang PSM setelah melakukan kerja sama dengan Rakic di dalam kotak penalti. Skor menjadi 2-0. Agregat pun berubah 2-1.

Ketinggalan dua gol, PSM akhirnya berhasil membobol gawang tuan rumah. Diawali tendangan bebas yang dilepaskan oleh Marc Klok pada menit ke-83, Aaron Evans memanfaatkan bola liar di depan mulut gawang dengan menyonteknya dan masuk. Skor 2-1. Agregat menjadi 2-2.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol tambahan lagi. Wasit pun meniup panjang peluitnya dengan kedudukan akhir 2-1. Secara agregat pun menjadi 2-2, namun PSM lolos final karena mampu mencetak satu gol tandang.




Pencetak gol: Aleksandar Rakic '33, Greg Nwokolo '58 (Madura United), Aaron Evans '83 (PSM)

Daftar Susunan Pemain

Madura United FC (4-3-3): M. Ridho; Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama; Zulfiandi, Slamet Nur Cahyo, Alfath Faathier; Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves.

Cadangan: M Ridwan, M Fachrudin, Guntur, David Laly, Gufroni, Syahrian Abimanyu, Engelberd Sani

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri; Guy Junior, M. Rahmad, Zulham Zamrun.


Cadangan: Rivki Mokodompit, Munhar, Taufik, Arvan, Bayu Gatra, Eero Markkanen, Ferdinand Sinaga

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight