Hasil Liverpool vs Salzburg di UCL 2019 Skor 4-3, Data & Fakta

Oleh: Permadi Suntama - 3 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Liverpool vs Salzburg yang berakhir dengan skor 4-3 memberikan kemenangan perdana bagi sang juara bertahan.
tirto.id - Hasil pertandingan Liga Champions Liverpool vs Salzburg berakhir dengan kemenangan dramatis The Reds 4-3. Bermain di Stadion Anfield dalam lanjutan matchday 2 Liga Champions, Kamis (3/10/2019), tuan rumah yang sempat unggul 3-0, harus susah payah mengalahkan tamunya yang sempat menyamakan skor menjadi 3-3.

Gol Mohamed Salah pada menit 69 pun menjadi penentu kemenangan The Reds, sekaligus memastikan sang juara bertahan meraih 3 poin. Kendati demikian, hasil tersebut belum mampu mengangkat mereka dari posisi 3 klasmen Grup E.

Di klasemen Liga Champions, Liverpool tetap berada di bawah Salzburg yang memiliki produktivitas lebih baik. Sementara itu, Napoli masih menduduki puncak klasemen dengan poin 4.

Liverpool langsung unggul cepat pada menit sembilan lewat gol Sadio Mane. Mereka berhasil memperlebar keunggulan menjadi 3-0 saat laga memasuki menit 36 setelah Mohamed Salah dan Andrew Robertson bergantian membobol gawang Salzburg.

Terlihat seperti akan menang mudah, tidak ada yang mengira bahwa Liverpool mendapat perlawanan sengit dari tamunya. Hwang He-Chan, menipiskan skor menjadi 3-1 di menit 39 dan bertahan hingga turun minum.

Takumi Minamino kemudian mencetak gol pada awal babak kedua. Rrling Haaland, yang masuk sebagai pemain pengganti memungkasi come back tim tamu. Hanya membutuhkan waktu 3 menit bagi pemain timnas Norwegia itu untuk mencetak gol sekaligus menyamakan skor menjadi 3-3.

Melihat tim tamu mendapatkan momentum Jurgen Klopp, langsung melakukan perubahan strategi dengan memasukkan James Milner dan Divock Origi sekaligus. The Reds akhirnya menang 4-3, usai Mohamed Salah, berhasil memanfaatkan umpan sundulan dari Firmino menjadi gol di menit 69.

Dilansir dari BBC, Mohamed Salah mengaku terkejut dengan reaksi yang ditunjukkan Salzburg, setelah sempat tertinggal 3 gol.

"Saya pikir mereka [Salzburg] memiliki permainan yang bagus dan setelah mereka mencetak tiga gol menjadi sulit bagi kami untuk tetap [pada skema] permainan kami [di awal]. Mereka membuat kami kesulitan, tetapi saya senang dengan tiga poin [yang kami raih],” tutur Mohamed Salah, usai laga.

Data dan Fakta Pertandingan

Kemenangan Liverpool atas Salzburg membuat The Reds berarti telah melakoni 24 laga tanpa kekalahan di Anfield di kompetisi Eropa sejak 2014. Mereka berhasil memenangi 17 laga di antaranya, sedangkan laga lainnya berakhir seri.

Namun, 3 gol yang bersarang ke gawang Adrian, menjadi masalah tersendiri bagi The Reds. Pasalnya, mereka hanya mencetak 3 kali clean sheet dari 10 laga kompetitif di musim 2019/2020 dan sudah kebobolan 10 gol.

Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Giorginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Salzburg (4-4-2): Cican Stankovic; Rasmus Kristensen, Jerome Onguene, Maximilian Wober, Andreas Ulmer; Enock Mwepu, Zlatko Junuzovic; Takumi Minamino, Dominik Szoboszlai; Hwang Hee-Chan, Patson Daka.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight