Liga Champions 2019

Hasil Liverpool vs Bayern Munchen, Imbang Tanpa Gol di Anfield

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Liverpool vs Bayern Munchen di 16 besar Liga Champions yang berakhir imbang dengan skor 0-0 tanpa gol mebuat peluang kedua tim masih sama-sama terbuka menjelang leg kedua.
tirto.id - Liverpool hanya bisa bermain imbang tanpa gol dengan Bayern Munchen di Stadion Anfield dalam leg pertama 16 besar Liga Champions. Tampil pada Rabu (20/2/2019), tuan rumah yang agresif dalam 45 menit awal, kemudian melempem di sisa laga. Namun, hasil ini membuat segalanya masih terbuka jelang laga di Allianz Arena.

Total sepanjang pertandingan, Liverpool melepaskan 15 tembakan. Namun, hanya dua yang tepat sasaran, 10 lainnya off target, dan 3 diblok. Sementara itu, dari 9 tembakan Bayern dalam 90 menit, 7 di antaranya tidak mengarah gawang, dan 2 diblok.

Di sisi lain, hasil imbang 0-0 ini juga menjadi jebakan untuk Bayern. Jika di leg kedua nanti tercipta hasil imbang 1-1, maka sang juara bertahan Bundesliga akan tersingkir karena kalah agresivitas gol tandang.

Sepanjang babak pertama, Liverpool mampu melepaskan 10 tembakan. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak yang diterima Bayern Munchen dalam 45 menit awal di Liga Champions musim ini. Namun, hal itu tidak berpengaruh banyak karena hanya tiga di antaranya tepat sasaran.

Sementara itu, urusan penguasaan bola, kedua tim berimbang pada paruh pertama. Liverpool terus menekan hingga jelang turun minum, tetapi Bayern juga berbahaya dalam serangan balik.

Babak kedua, kedua tim justru semakin kesulitan membongkar pertahanan lawan. Ada ancaman yang diberikan oleh Serge Gnabry dengan tembakan jarak jauh yang tipis di atas mistar pada menit ke-59. Namun, itu menjadi satu-satunya tembakan antara kedua tim hingga menjelang 10 menit terakhir.

Upaya mengubah keadaan dilakukan oleh kedua pelatih. Jurgen Klopp menyodorkan Divock Origi dan James Milner ke lapangan. Sementara itu, Niko Kovac memainkan winger kaya pengalaman, Franck Ribery.

Peluang bagus baru didapatkan oleh Liverpool pada menit ke-86. Mendapatkan umpan silang dari Andrew Robertson, tandukan Sadio Mane mengarah ke sudut gawang Bayern. Namun, Manuel Neuer sigap menghalaunya. Tendangan sudut akibat aksi tersebut tidak berpengaruh apa-apa.

Menjelang laga berakhir, Kovac lebih memilih konsentrasi ke pertahanan denagn masuknya Rafinha dan Renato Sanches untuk Gnabry dan James Rodriguez. Bayern Munchen mengamankan skor 0-0 di Anfield, meski hasil ini sama sekali belum aman untuk mereka menjelang leg kedua di Allianz Arena.






LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Fabinho, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Naby Keita (James Milner 76); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi 76), Sadio Mane.

cadangan:
Daniel Sturridge, Alberto Moreno, Adam Lallana, Simon Mignolet, Xherdan Shaqiri.
BAYERN MUNCHEN (4-3-3): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Thiago Alcantara, Javi Martinez, James Rodriguez (Renato Sanches 87); Serge Gnabry (Rafinha 90+), Robert Lewandowski, Kingsley Coman (Franck Ribery 81)

cadangan: Alphonso Davies, Sven Ulreich, Lars Lukas Mai, Mertian Shabani.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus