Hasil Liga Inggris: Kekalahan Perdana Tottenham di Stadion Baru

Oleh: Permadi Suntama - 27 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Tottenham vs Wes Ham di Liga Inggris laga pekan ke-36 berkesudahan dengan skor 0-1.
tirto.id - Gol semata wayang winger West Ham, Michail Antonio, membuat Spurs menderita kekalahan perdana di stadion barunya, Tottenham Hotspur Stadium, dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-36 pada Sabtu (27/4/2019) malam.

Selain menderita kekalahan perdana di kandang barunya, hasil tersebut membuat mereka gagal mengamankan posisinya di zona Liga Champions, yang berjarak 4 poin dari Arsenal di peringkat ke-5. The Gunners baru akan bertanding hari Minggu (28/4/2019), menghadapi Leicester City di Stadion King Power.

Bermain di hadapan publik sendiri, Tottenham Hotspur langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Peluang bersih pertama pun berhasil diperoleh Son Heung-Min pada menit ke-11, setelah berhasil lolos dari penjagaan lini belakang The Hammers. Son berhasil melepaskan tendangan terukur ke pojok kiri gawang Fabianski, namun masih berhasil diamankan oleh penjaga gawang asal Polandia itu.

Giliran Lucas Moura yang memiliki peluang untuk membawa tuan rumah unggul pada menit ke-26, setelah berdiri bebas tanpa penjagaan di tepi kotak penalti. Namun tembakan pemain berkebangsaan Brasil itu masih gagal menemui sasaran. The Lily White kian gencar melakukan serangan, namun hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan, skor 0-0 masih tak berubah.

Lebih banyak tertekan pada babak pertama, membuat Robert Snodgrass dan kolega mencoba bangkit di paruh kedua, namun upaya mereka kerap terhenti di lini belakang Spurs. Namun, lini depan tuan rumah berhasil mereka redam, setidaknya hingga menit 60, Spurs urung membuat satupun upaya mencetak gol.

Anak asuh Manuel Pellegrini, benar-benar meningkat permainannya pada babak kedua, setelah Michail Antonio berhasil mencetak gol di menit 67. Menerima umpan dari Marko Arnautovic, di sisi kiri pertahanan Spurs, Antonio berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Hugo Lloris, dengan tendangan keras ke tiang dekat. 0-1, tim tamu unggul.

Spurs mencoba menyamakan kedudukan, namun justru Antonio, yang kembali memperoleh peluang emas pada menit 81. Menerima umpan di dalam kotak penalti, Antonio melakukan tendangan ke gawang Hugo Lloris, yang masih mampu ditepis kiper Tottenham tersebut.

Hingga laga usai, tidak ada lagi peluang yang berarti yang diciptakan kedua tim. West Ham pun berhasil meraih 3 poin di kandang Tottenham, yang sekaligus kekalahan pertama bagi tuan rumah di Stadion anayar.

Berdasarkan statistik, tuan rumah tampil dominan dengan penguasaan bola menyentuh 63 persen berbanding 37 persen milik tamunya. Spurs berhasil membuat 11 percobaan dengan 3 di antaranya berhasil menemui sasaran. Sementara The Hammers tampil lebih efektif dengan 15 kali upaya mencetak gol dan 6 di antaranya menemui sasaran.

Pencetak gol: Michail Antonio 67 (West Ham).

Susunan Pemain

Tottenham (3-4-1-2): Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Juan Foyth, Eric Dier, Dele Alli, Danny Rose; Christian Eriksen; Son Heung-Min, Lucas Moura.

West Ham (4-1-4-1): Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Fabian Balbuena, Issa Diop, Arthur Masuaku; Declan Rice; Michail Antonio, Mark Noble, Robert Snodgrass, Felipe Anderson; Marko Arnautovic.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis