Hasil Liga Eropa: Arsenal Telan Kekalahan Perdana di Musim Ini

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 24 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan FC Koln vs Arsenal berkesudahan dengan skor 1-0.
tirto.id - Arsenal takluk 1-0 dari FC Koln dalam laga lanjutan Grup H Liga Eropa di Rhein Energi Stadium, Jumat (24/11/2017) dini hari waktu Indonesia. Gol tunggal tuan rumah disumbang Sehrou Guirassy. Kekalahan ini juga sekaligus menjadi hasil minor pertama Arsenal di kompetisi Eropa musim ini.

Peluang muncul pada menit keenam oleh FC Koln. Usai menerima umpan Salih Ozcan, Jhon Cordoba melepaskan tendangan kaki kanan, namun masih dapat diamankan penjaga gawang David Ospina.

Arsenal membalas lewat aksi Calmu Chambers yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya. Bola sekadar melebar di kiri gawang.

Tekanan Arsenal berlanjut lewat aksi Jack Wilshere pada menit ke-21. Memanfaatkan umpan silang Ainsley Maitland-Niles, gelandang asal Inggris itu menyundul bola ke tengah, tetapi dapat diamankan penjaga gawang Horn.

Maitland-Niles kembali menjadi kreator. Kali ini pada menit ke-29 ia mengirim umpan yang dilanjutkan Calum Chambers dengan sepakan kaki kanan, namun bola lagi-lagi dapat diamankan penjaga gawang Horn.

Pada menit ke-33 momentum Arsenal hampir saja berbuah gol andai tendangan Danny Welbeck dari sektor kiri kotak penalti tak membentur tiang gawang. Begitu pula dengan upaya sepakan spekulasi Mohamed Elneny yang tak menemui sasaran. Hingga babak pertama usai tiada gol tercipta, skor masih 0-0.

Pada awal paruh kedua tempo pertandingan sedikit menurun. Peluang emas baru dapat tercipta pada menit ke-56. Alex Iwobi melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun bola dapat diblok pemain lawan.

Alih-alih mendapat gol, Arsenal yang mendominasi laga justru kebobolan pada menit ke-62. Gol terjadi berkat eksekusi penalti Sehrou Guirassy yang mengarah ke tengah dan mengecoh Ospina. Penalti itu sendiri berawal dari pelanggaran Mathieu Debuchy terhadap Guirassy di kotak terlarang. Skor berubah menjadi 0-1.

Tertinggal, Arsenal tampil kian militan. Berulang kali tusukan Jack Wilshere, Alex Iwobim dan Ainsley Maitland-Niles mengancam, namun tak berujung gol. Masuknya Reiss Nelson juga tak berpengaruh banyak. Arsenal pun harus puas dengan kekalahan 0-1 hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA EROPA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight