Liga Champions 2019

Hasil Liga Champions Hari Ini: Cetak Sejarah, Atalanta ke 16 Besar!

Oleh: Iswara N Raditya - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Atalanta mencetak sejarah untuk pertamakalinya lolos ke babak 16 besar Liga Champions.
tirto.id - Hari Liga Champions hari ini, Kamis (12/12/2019), mencatatkan sejarah bagi Atalanta. Berkat kemenangan dengan skor 0-3 di kandang Shakhtar Donetsk, klub Liga Italia Serie A ini secara mengejutkan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/2020. Atalanta mendampingi Manchester City yang sudah melaju lebih dulu.

Atalanta sempat menjadi bulan-bulanan di Liga Champions musim ini. Skuad besutan Gian Piero Gasperini menelan tiga kekalahan beruntun di tiga awalnya, yakni dihantam Dinamo Zagreb 4-0, dipermalukan Shaktar Donetsk di markas sendiri dengan skor 1-2, lalu dibantai 5-1 oleh Manchester City.

Namun, di tiga pertandingan berikutnya Duvan Zapata dan kawan-kawan menunjukkan kebangkitan. Dimulai dari keberhasilan menahan imbang Manchester City 1-1, kemudian menang 2-0 atas Dinamo Zagreb, dan akhirnya lolos berkat kemenangan mengejutkan 0-3 saat dijamu Shakhtar Donetsk.

Tiga gol Atalanta yang bersarang ke gawang Shakhtar Donetsk dilesakkan oleh
Timothy Castagne, Mario Pasalic, dan Robin Gosens, seluruhnya terjadi di babak kedua. Atalanta juga tertolong dengan keluarnya pemain tuan rumah, Dodo, usai diganjar kartu merah pada menit 77.

Kemenangan ini membuat Atalanta menempati posisi dua di klasemen akhir Grup C dengan 7 poin, di bawah Manchester City sebagai juara grup berkat koleksi 14 poin setelah menghantam tuan rumah Dinamo Zagreb dengan skor 1-4.


Shakhtar Donetsk yang seharusnya berpeluang lolos harus terlempar ke Liga Eropa dengan 6 poin usai dipecundangi Atalanta. Adapun Dinamo Zagreb terpuruk selaku juru kunci dengan 5 poin.

Keberhasilan Atalanta lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 sekaligus menorehkan sejarah emas dalam sepanjang 112 tahun berdirinya klub yang berasal dari Kota Bergamo ini.

Di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, Atalanta memang tampil mengejutkan. Setelah finis di posisi 3 klasemen akhir Serie A musim lalu, klub yang berdiri sejak 1907 ini melanjutkan kejutannya di musim terkini.

Hingga pekan ke-15, pasukan biru-hitam menempati posisi 6 di klasemen sementara Serie A musim ini dengan 28 poin. Posisi Atalanta masih lebih baik dari klub-klub mapan Italia macam Napoli, AC Milan, atau Fiorentina.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight