Liga Champion 2020-2021

Hasil Liga Champion Tadi Malam: Madrid vs Liverpool, City-Dortmund

Oleh: Fitra Firdaus - 7 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Liga Champion tadi malam (Rabu 7 April 2021): Real Madrid vs Liverpool 3-1, Manchester City vs Borussia Dortmund 2-1 di leg pertama 8 besar UCL.
tirto.id - Hasil Liga Champion tadi malam antara Real Madrid vs Liverpool berakhir dengan skor 3-1 lewat brace Vinicius Jr. Dalam laga leg pertama 8 besar UCL 2020/2021 lain yang digelar pada Rabu (7/4/2021), duel Manchester City vs Dortmund ditutup dengan skor 2-1.

Jika Liverpool ingin lolos ke semifinal Liga Champions, kemenangan 2-0 mesti mereka dapatkan di leg kedua yang berlangsung pekan depan, mengulang misi La Remontada atas Barcelona 2 musim lalu. Sementara itu, Dortmund cukup menang 1-0 di Signal Iduna Park dalam leg kedua 8 besar UCL kelak.


Hasil Liga Champion Tadi Malam Madrid vs Liverpool 3-1


Tampil di Stadion Alfredo Di Stefano dalam laga bertajuk ulangan final Liga Champions 2018, Real Madrid tampil efektif menghadapi Liverpool. Pasukan Zinedine Zidane sudah unggul 2-0 pada babak pertama.

Kehilangan Sergio Ramos yang cedera dan Raphael Varane yang positif COVID-19 tidak membuat Madrid galau. Zidane tetap setia dengan formasi 4-3-3 dan memakai kombinasi Eder Militao-Nacho di jantung pertahanan.

Menit ke-2, Karim Benzema sudah mengirim percobaan yang bisa diamankan Alisson. Liverpool berusaha gigih mengimbangi Los Blancos. Namun, umpan panjang Toni Kroos pada menit 27 diambil oleh VInicius Junior.

Sang penyerang sayap mengontrol bola dengan dada, lantas mengirim tembakan kaki kanan yang menaklukkan Alisson. Dengan usia 20 tahun dan 268 hari, Vinicius menjadi pencetak gol termuda kedua bagi Madrid di fase knock-out setelah Raul Gonzalez (18 tahun 253 hari) pada Maret 1996.

Liverpool kehilangan angka lagi pada menit 36. Kroos mengirim umpan jauh. Lalu, Trent Alexander-Arnold melakukan kesalahan fatal dengan menanduk bola tangguh ke arah Alisson. Marco Asensio merampas bola tersebut, mengecoh Alisson, dan mengirim tembakan mudah untuk gol ke-2 Madrid.

The Reds memprotes wasit karena sebelum proses gol itu mereka menilai ada pelanggaran untuk Sadio Mane. Namun, tidak ada yang berubah. Skor 2-0, Klopp lantas menarik Naby Keita untuk memasukkan Thiago Alcantara (43').

Liverpool tidak bisa melepaskan satu saja tembakan sepanjang 45 menit awal di laga ini, catatan buruk yang terakhir kali terjadi pada November 2014, juga lawan Madrid. Bagai terpicu oleh statistik ini, The Reds membaik usai turun minum,

Menit 51, Liverpool memperpendek jarak. Tembakan Diogo Jota yang dipatahkan, bergerak ke jalur Mohamed Salah. Sang penyerang Mesir lantas menaklukkan Thibaut Courtois dari jarak dekat. The Reds punya momentum, tetapi terbentur pertahanan rapat Madrid.

Petaka datang lagi bagi tim tamu pada menit 65. Umpan datar Luka Modric diteruskan Vinicius Jr dengan tembakan first time. Alisson tidak dapat membendung bola yang masuk ke gawnagnya. Skor 3-1.

Dalam situasi tertinggal, Klopp berupaya memasukkan Roberto Firmino dan Xherdan Shaqiri. Namun, tidak ada perubahan besar untuk Liverpool. Unggul dalam penguasaan bola hingga 55 persen, The Reds hanya melepaskan 4 tembakan sepanjang 90 menit, kontras dengan Madrid yang 10 percobaan (7 tepat sasaran).

Skor 3-1 ini berarti Liverpool hanya bisa lolos ke semifinal Liga Champion jika mampu menang dengan skor 2-0 atau selisih 3 gol di leg kedua. Pada 2019, The Reds bisa membalikkan kekalahan 3-0 atas Barcelona dengan kemenangan 4-0 di Anfield dalam semifinal UCL. Namun, kali ini misi tampak berat.

Pencetak Gol: Vinicius Junior 27' dan 65', Marco Asensio 36'/ Mohamed Salah 51'

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Lucas Vazquez, Eder Militão, Nacho, Mendy; Modric, Casemiro, Kroos; Asensio (Valverde 70'), Benzema, Vinicius Junior Rodrygo 85'). All. Zidane

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Kabak (Shaqiri 81' ), Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Keita (42' Thiago); Salah, Diogo Jota (Firmino 81'), Mané.



Hasil UCL Semalam Man City vs Dortmund 2-1


Dalam pertandingan lain, Manchester City mesti menunggu hingga injury time untuk memastikan kemenangan atas Borussia Dortmund 2-1 di Etihad. Mendominasi pertandingan sepanjang 90 menit dengan penguasaan bola hingga 61 persen, The Citizens sudah unggul pada menit 19.

Bermula dari kesalahan Emre Can dalam mempertahankan bola di wilayah tengah, City melakukan serangan balik.

Kevin De Bruyne mengumpan untuk Phil Foden, yang lantas hendak membidikkan bola kepada Riyad Mahrez. Sang pemain sayap Aljazair lantas mengirim cut back untuk diselesaikan De Bruyne jadi gol. Kedudukan 1-0 tampak bertahan hingga akhir.

Namun, Jude Bellingham melewati Ilkay Gundogan, lantas mengumpan kepada Erling Haaland. Sang penyerang Norwegia berputar, menyodorkan bola untuk kapten Marco Reus. Tembakan ke sudut kanan gawang membuat skor sama kuat 1-1.

Manchester City memastikan kemenangan tipis 2-1 setelah kombinasi De Bruyne-Gundogan dtuntaskan oleh Phil Foden (90'). Ini modal penting bagi The Citizens sebelum berlaga ke Signal Iduna Park, sekaligus misi mengakhiri hasil buruk selalu kandas di perempat final UCL dalam 3 musim terakhir.

Pencetak Gol: Kevin De Bruyne 19', Phil Foden 90'/ Marco Reus 84'

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Ruben Dias, Stones; João Cancelo; de Bruyne, Rodri, Gündogan; Bernardo Silva (Gabriel Jesus 59'), Foden, Mahrez.

Borussia Dortmund (4-3-3): Hitz; Morey (Meunier 81'), Hummels, Akanji, Guerreiro; Dahoud (Delaney 81'), Emre Can, Bellingham; Knauff (Reyna 63'), Haaland, Reus.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight