Liga Champion 2020-2021

Hasil Liga Champion Tadi Malam: Liverpool vs Madrid, City-Dortmund

Oleh: Fitra Firdaus - 15 April 2021
Dibaca Normal 3 menit
Hasil Liga Champion tadi malam Liverpool vs Real Madrid 0-0 (agg 1-3), Dortmund vs Man City 1-2 (agregat 2-4). Semifinal UCL Madrid vs Chelsea, PSG vs City.
tirto.id - Hasil Liga Champion tadi malam antara Liverpool vs Real Madrid berakhir imbang tanpa gol 0-0 sehingga Los Blancos unggul agregat 1-3. Sementara itu, hasil leg kedua 8 besar UCL lain pada Kamis (15/4/2021) antara Borussia Dortmund vs Manchester City usai 1-2 (agregat 2-4). City bersama Madrid lolos ke semifinal Liga Champion musim ini.

Real Madrid membuka jalan untuk bertarung dengan Chelsea di semifinal UCL yang akan dimainkan pada 28/29 April (leg pertama) dan 5/6 Mei (leg kedua). Di sisi lain, duel sengit PSG vs Manchester City akan tercipta dalam laga semifinal lain.

Jika melihat komposisi tim yang lolos, Liga Inggris punya 2 wakil, yaitu Chelsea dan Manchester City. Final bisa melibatkan sesama tim EPL, atau tidak sama sekali. Final yang mungkin tercipta adalah PSG vs Madrid, City vs Madrid, PSG vs Chelsea, atau City vs Chelsea.


Hasil Liga Champion Tadi Malam Liverpool vs Real Madrid


Dalam leg kedua 8 besar Liga Champions 2020/2021 yang dimainkan di Anfield, Liverpool berambisi mencetak 2 gol untuk membalikkan agregat dari Real Madrid. Kekalahan 3-1 di Stadion Alfredo Di Stefano membuat situasi bagi The Reds sangat sulit.

Memakai formasi 4-3-3, pelatih Jurgen Klopp berharap pada tuah trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan. Hasilnya, Liverpool berhasil mendominasi sepanjang 90 menit.

Berdasarkan statistik Whoscored, The Reds unggul penguasaan bola hingga 56,2 persen berbanding 43,8 persen milik Real Madrid. Selain itu, jumlah tembakan kedua tim kontras. Liverpool punya 15 kali percobaan (4 on target), sedangkan Madrid hanya 6 kali (2 tepat sasaran).

Bukan berarti Real Madrid lantas keteteran. Menit 20, upaya Karim Benzema mengirim bola kepada Vinicius Junior dipatahkan oleh Ozan Kabak. Bola mengenai tiang dekat. Berselang 5 menit, Casemiro melanggar James Miler. Sang gelandang bertahan Madrid cuma mendapat kartu kuning.

Menit 43, Trent Alexander-Arnold memberi bola untuk Georginio Wijnaldum. Sang gelandang Belanda punya kesempatan besar memperkecil agregat, tetapi tembakannya jauh tinggi di atas mistar. Skor 0-0 yang berjalan hingga turun minum makin menyempitkan waktu The Reds.

Klopp mencoba variasi dengan masuknya Thiago Alcantara dan Diogo Jota, mengubah formasi jadi 3-4-3. Percobaan lain adalah dengan hadirnya Alex Oxlade Chamberlain dan Xherdan Shaqiri dalam 8 menit sisa laga. Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga laga usai.

Liverpool gagal menjadi tim ketiga EPL yang masuk ke semifinal Liga Champions musim ini. Kini peluang The Reds lolos ke UCL musim depan semakin berat, mengingat di klasemen Liga Inggris, pasukan Jurgen Klopp ada di urutan 6 atau 3 angka dari tim peringkat 4 West Ham.

Sebaliknya, bagi Real Madrid, lolos ke semifinal UCL adalah jawaban. Awal musim ini, Los Blancos tidak meyakinkan. Nyatanya, pasukan Zinedine Zidane masih bernyawa dan berkesempatan memenangi 2 gelar, Liga Champions juga Liga Spanyol.

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Kabak (Jota 60'), Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Milner (Thiago Alcantara 60'); Salah, Firmino (Shaqiri 82'), Mané (Chamberlain 82')

REAL MADRID (4-3-3):
Courtois: Valverde, Militao, Nacho, Mendy; Modric, Casemiro, Kroos (Odriozola 72'); Asensio (Isco' 82), Benzema, Vinicius (Rodrygo 72').


Hasil UCL Semalam Dortmund vs Man City


Di Signal Iduna Park, Borussia Dortmund gagal memberikan kejutann untuk Manchester City. BVB sempat memimpin selama 54 menit hanya untuk menyaksikan kembali takluk dengan angka sama persis seperti leg pertama 8 besar di Etihad.

Pelatih Dortmund, Edin Terzic menurunkan formasi terbaiknya, 4-3-3 dengan Erling Haaland dikombinasikan dengan Marco Reus dan pemain muda Ansgar Knauff. Sebaliknya, Pep Guardiola dengan pola yang sama, lagi-lagi tidak meletakkan penyerang murni untuk Man City.

Semua tampak berjalan lancar untuk Dortmund ketika dalam seperempat jam, mereka bisa membobol gawang Ederson Moraes. Jude Bellingham yang asal Inggris melepaskan tembakan lengkung yang hanya bisa ditepis kiper Man City ke sudut kanan atas gawang. bola masuk.

Gol pertama Bellingham di Liga Champions ini bisa dipertahankan oleh Dortmund hingga turun minum. Namun, menit 52, Emre Can didakwa menyentuh bola dengan lengannya di kotak terlarang. Hukuman penalti dijatuhkan untuk Dortmund.

Riyad Mahrez yang lama mengambol ancang-ancang, sukses menjebol gawang Dortmund yang dikawal Marwin Hitz. Skor imbang 1-1, agregat 2-3 untuk keunggulan City. Dalam kondisi seperti itu, Gio Reyna masuk untuk lebih menghidupkan lini depan BVB.

Phil Foden menjadi sosok yang melukai Dortmund di leg pertama dengan golnya pada injury time. Kali ini, Foden melakukannya lagi dengan gol pada menit yang lebih cepat. Seperempat jam sebelum laga usai, ia mengirim tembakan kencang yang mengoyak gawang BVB.

Dengan agregat sudah 2-4, Dortmund butuh 3 gol untuk lolos ke semifinal UCL. Hal ini tidak dapat dilakukan pasukan Edin Terzic hingga usai laga. Mereka tersingkir, sedangkan Man City meraih pencapaian terbaik dalam sejarah Liga Champions, lolos ke semifinal seperti 2016 pada tahun terakhir Manuel Pellegrini.

BORUSSIA DORTMUND (4-3-2-1): Hitz; Morey (Tigges 81'), Akanji, Hummels, Guerreiro; Bellingham (Brandt 81'), Emre Can, Dahoud (Hazard 76’); Knauff (Reyna 69'), Reus; Haaland.

MANCHESTER CITY (4-3-3):
Ederson; Walker, Dias, Stones, Zinchenko; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Mahrez (Sterling 87’), B. Silva, Foden.


Hasil 8 Besar Liga Champion Hari Ini


Berikut ini hasil leg kedua perempat final Liga Champions 2020/2021 pada Kamis (15/4/2021).

Liverpool vs Real Madrid 0-0 (agregat 1-3)
Pencetak Gol: -

Borussia Dortmund vs Manchester City 1-2 (agregat 2-4)
Pencetak Gol: Jude Bellingham 15'/ Riyad Mahrez 55' penalti, Phil Foden 75'

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight