Hasil Laos vs Myanmar di AFF Suzuki Cup 2018 Skor Babak Pertama 1-1

Oleh: Fitra Firdaus - 16 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Berkat gol Aung Thu hasil Laos vs Myanmar di babak pertama AFF Suzuki Cup pada Jumat (16/11/2018) sementara masih dalam skor imbang 1-1.
tirto.id - Hasil Laos vs Myanmar pada babak pertama penyisihan Grup A Piala AFF 2018 sementara masih dalam skor 1-1. Gol Phouthone Innalay dalam laga yang digelar pada Jumat (16/11/2018) di Stadion Nasional Laos, Vientiane dibalas oleh aksi Aung Thu tepat menjelang babak pertama usai.

Laos yang pada pertandingan sebelumnya kalah 3-1 dari Malaysia, tetap turun dengan formasi andalan mereka 5-4-1. Namun, di bawah pelatih V. Sundramoorthy asal Singapura, tuan rumah justru mampu mengejutkan Myanmar.

Betapa tidak, The White Angels yang memakai formasi 4-5-1 tampak kesulitan mengimbangi Laos. Sebaliknya, tembakan demi tembakan menghiasi serbuan tuan rumah ke gawang Kyaw Zin Htet. Menit ke-13 sudah ada percobaan dari Phithack Kongmathilath yang masih terlalu tinggi dari mistar.

Berselang semenit, akhirnya kejutan itu sempurna. Phouthone Innalay mengoyak gawang Myanmar. Umpan Bounphachan Bounkong diselesaikannya dengan tembakan kaki kanan mematikan. Tuan rumah unggul 1-0 dan The White Angels kembali tertinggal seperti saat melawan Kamboja pada Senin (12/11).

Myanmar sulit berkembang dengan agresivitas Laos yang mendesak mereka dari waktu ke waktu. Menit ke-23, ada kesempatan emas dari Kongmathilath, tetapi penyelesaiannya melebar. Sementara itu, Aung Than Htet memiliki momentum pada menit ke-31 yang juga mentah.

Tidak mau kalah, Myanmar kemudian memperbaiki situasi. Mereka mulai lebih banyak menyerang, lantas memasukkan Wai Htet Phyo pada menit ke-42. Hasilnya, lahirlah gol penyama kedudukan pada ujung babak pertama.

Laos harus terbobol oleh Aung Thu dengan tembakan kaki kanan ke sudut gawang. Tuan rumah sebenarnya lebih unggul dalam segala aspek, tetapi Myanmar mampu memanfaatkan momen penting untuk membuat hasil imbang tepat jelang babak kedua.



Pencetak Gol: Phithack Kongmatilath 13 (Laos) | Aung Thu 45 (Myanmar)

Laos (5-4-1): Saymanolith Paseuth; Aphixay Thanakhanty, Kaharn Phetsivilay, Thotnilath Sibounhuang, Latthasay Lounlasy, Vanna Bounlovongsa; Soukaphone Vongchiengkham, Chanthaphone Waenvongsoth, Phouthone Innalay, Phithack Kongmathilath; Bounphachan Bounkong

Myanmar (4-1-4-1): Kyaw Zin Htet; David Htan, Pyae Pyho Zaw, Zaw Min Tun, Thein Than Win; Hlaing Bo Bo; Maung Maung Lwin, Lwin Moe Aung, Aee Soe (Wai Htet Phyo 42), Aung Thu; Than Htet Aung

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus