Piala AFC 2019

Hasil Lao Toyota vs PSM Makassar: Juku Eja Tak Terkalahkan

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Lao Toyota vs PSM Makassar di laga pemungkas Grup H Piala AFC 2019 yang dihelat di Stadion Nasional, Laos, Selasa (14/5/2019) berakhir dengan skor 0-3.
tirto.id - Pertandingan pemungkas Grup H Piala AFC 2019 antara Lao Toyota vs PSM Makassar yang digelar di Stadion Nasional, Laos, Selasa (14/5/2019) berakhir dengan skor 0-3. Tiga gol Juku Eja diciptakan oleh Rasyid Bakri, Saldi dan Guy Junior.

Dengan kemenangan ini, PSM Makassar menorehkan catatan apik dengan tak terkalahkan di fase grup. Bayu Gatra dan kawan-kawan memiliki 14 poin hasil dari empat kali menang dan dua kali seri. Sementara Lao Toyota tak sekalipun menang dan hanya mempunyai satu poin dari enam laga yang telah dilakoninya.

Tuan rumah tampil percaya diri di awal babak pertama. Laga baru berlangsung lima menit, Rafinha sudah mengancam pertahanan tim tamu lewat sepakan keras terarah usai melakukan tusukan di sisi kiri. Namun, Rivky Mokodompit masih dapat mengamankan bola dengan sempurna.

Sempat berjalan dengan tempo yang lambat hingga pertengahan paruh pertama, PSM akhirnya berhasil memecah kebuntuan dua menit jelang berakhirnya paruh pertama. Mendapat umpan Bayu Gatra di sisi kanan, Rasyid dengan tenang mampu menceploskan bola. Skor 0-1 pun bertahan hingga turun minum.


Pada menit 59, pemain Lao Toyota asal Brasil, Rafinha nyaris menyamakan kedudukan andai sepakannya dari luar kotak penalti tidak melambung tipis di atas gawang PSM. Skor pun tak berubah, 0-1.

Melihat permainan yang tidak berkembang, pelatih Darije Kalezic melakukan perubahan. Di posisi bek sayap kanan, Zulkifli Syukur yang sempat mengalami cedera di tengah laga akhirnya digantikan oleh Asnawi Mangkualam.

Seolah belum puas dengan keunggulan satu angka, intensitas serangan PSM mulai meningkat. Pada menit 72, tendangan bebas Marc Klok hampir membuat skor berubah. Namun, sepakannya masih dapat diamankan Nammakhit.

Dua menit setelah peluang Marc Klok, Juku Eja akhirnya benar-benar menggandakan keunggulan. Lagi, Bayu Gatra menginisiasi gol PSM lewat umpannya kepada Saldi. Dengan penyelesaian yang sangat baik, Saldi berhasil melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Lao Toyota. Skor 0-2.

Empat menit jelang berakhirnya laga, Guy Junior menyumbang gol untuk membuat Juku Eja menjauh 0-3. Menerima umpan terobosan Saldi dari lini tengah, Guy sempat mendorong bola mendekati kotak penalti untuk kemudian menaklukan kiper Lao Toyota.

Tak lama setelah gol Guy Junior, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. PSM Makassar pun menang dengan skor akhir 0-3.

Susunan Pemain

Lao Toyota: O. Nammakhot; B. Chanthalangsy; K. Souksavanh; Victor Amaro; S. Khounsamnan; P. Phommasane; Phetphakdy; S. Otani; Rafinha; Kazuo Homma; S. Sophabmixay.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur (Asnawi Mangkualam); Munhar; Hasim Kipuw; Reva Adi Utama (Benny Wahyudi); M. Arfan (T. Rahman); Marc Klok; Bayu Gatra; Rasyid Bakri; Saldi; Guy Junior.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight