Hasil Korea Open 2019 Fajar-Rian Jumpa Kamura-Sonoda di Final

Oleh: Oryza Aditama - 28 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fajar-Rian berhasil membukukan kemenangan straight game atas Li-Liu dengan skor ketat 27-25 dan 22-20, dalam waktu 45 menit.
tirto.id - Ganda putra unggulan ke-6, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menembus final Korea Open 2019, usai menundukkan wakil Cina, Li Jun Hui/Liu Yu Chen di semifinal. Di laga puncak mereka telah ditunggu pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Melakoni pertarungan semifinal di court-1 Incheon Airport Skydome, Korea Selatan, pada Sabtu sore (28/9/2019) Fajar/Rian berhasil membukukan kemenangan straight game atas Li/Liu dengan skor ketat 27-25 dan 22-20, dalam waktu 45 menit.

Terlambat panas, Fajar/Rian tertinggal 3-5 pada awal gim pertama. Namun menjelang interval pasangan peringkat 6 dunia itu berhasil mendulang empat angka beruntun, untuk berbalik unggul 11-9 saat rehat.

Usai jeda permainan Fajar/Rian kian membaik, penampilan agresif mereka efektif menuai angka. Pasangan Indonesia sebenarnya mampu menyentuh game point pada kedudukan 20-16, akan tetapi ganda Cina berhasil memaksakan setting point. Ketenangan Fajar/Rian saat memasuki periode kritis membawa mereka unggul 27-25 di gim pertama.

Performa impresif Fajar/Rian masih berlanjut di set kedua. Peraih medali perak Asian Games 2018 itu mampu unggul cepat 8-4. Hingga masuk masa jeda pasangan Indonesia masih memimpin 11-8.

Meski pasangan Cina sempat berhasil menyamakan kedudukan 12-12, namun Fajar/Rian kembali menjauh 17-13.

Situasi serupa gim pertama kembali berulang, saat Fajar/Rian berhasil menyentuh match point pada kedudukan 20-17. Mereka tak kunjung mampu menyeselesaikan laga, hingga lawan berhasil memaksa setting point. Namun permainan menekan Fajar/Rian saat poin kritis akhirnya berhasil menyudahi laga dengan skor 22-20.

Di partai final hari Minggu besok (29/9/2019), Fajar/Rian telah ditunggu ganda putra unggulan ke-4 asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Dalam laga semifinal tadi, Kamura/Sonoda sukses menyingkirkan pasangan tuan rumah, Choi Solgyu/Seo Seung Jae, juga lewat duel dua set langsung.

Berdasar rekor pertemuan, Fajar/Rian tertinggal 4-5 dari rival mereka di final besok. Namun Fajar/Rian mampu unggul atas Kamura/Sonoda dalam pertemuan terakhir mereka di China Open 2019 pekan lalu.

Kontingen Indonesia masih memiliki satu lagi wakil di semifinal yang belum berlaga. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dijadwalkan menghadapi unggulan ke-4 asal Thaland, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Pertarungan kedua pasangan akan dihelat pukul 16.00 WIB di court-2.

Seluruh laga semifinal Korea Open 2019 dapat dipantau langsung melalui live score di BWF Tournamentsoftware, atau dengan mengunjungi tautan ini.

Khusus rangkaian laga di court-1 dapat disaksikan langsung melalui tayangan live streaming di channel youtube BadmintonWorld.tv.


Baca juga artikel terkait KOREA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight