Hasil-Klasemen Piala Asia AFC U23 2020, Jadwal Live FOX 15 Januari

Oleh: Beni Jo - 15 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Piala Asia U23 2020 pada Rabu (15/1): Uzbekistan vs Korsel, Arab Saudi vs Suriah. Hasil dan klasemen AFC U-23 Championship pada Selasa (14/1): Thailand dan Australia lolos ke perempat final.
tirto.id - Duel Qatar vs Jepang dalam babak penyisihan Grup B Piala Asia U23 2020 digelar Rabu (15/1) pukul 20.15 WIB di Stadion Rajamangala, Thailand. Sedangkan pertandingan Uzbekistan vs Korea Selatan di Stadion Thammasat, Pathum Thani, bakal menjadi laga penentu juara Grup C. Kedua laga ini dapat disaksikan secara live melalui Fox Sport.

Persaingan yang cukup menarik terjadi di Grup B. Dua tim yang berlaga di pertandingan terakhir penyisihan grup, Suriah dan Arab Saudi, memiliki raihan yang sama. Untuk sementara, Suriah memimpin diikuti Arab Saudi dengan torehan 4 poin.

Sedangkan Qatar yang berada di peringkat ketiga dengan dua poin, memang masih berpeluang lolos ke fase selanjutnya. Akan tetapi, mereka bakal meladeni Jepang dalam penampilan terakhirnya. Tim Samurai Biru adalah penghuni juru kunci usai selalu kalah dalam dua laga sebelumnya. Jepang sudah pasti tidak lolos.

Menilik data di atas, Suriah dan Arab Saudi memang hanya cukup membutuhkan skor imbang saja untuk melangkah ke 8 besar meskipun sangat berisiko bagi kedua tim. Jika langkah ini yang diambil, mereka mesti berharap duel Qatar vs Jepang bisa berakhir imbang atau Jepang mampu mengalahkan Qatar.

Namun, jika Qatar menang, maka tiga tim berpotensi memiliki raihan yang sama, yakni 5 poin dengan asumsi duel Suriah dan Arab Saudi berakhir dengan imbang. Maka, dua tim yang bakal lolos dari Grup B ditentukan dengan sistem head to head sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pihak AFC.

Sementara di Grup C, pertandingan Uzbekistan vs Korea Selatan yang dihelat pukul 17.15 WIB bakal menjadi laga penentu untuk juara grup. Korea Selatan masih memimpin dengan torehan enam poin, unggul dua angka atas Uzbekistan yang duduk sebagai peringkat kedua dengan empat angka.

Bagi Korea Selatan, hasil seri saja sudah cukup untuk memastikan langkah sebagai juara grup. Di sisi lain, Uzbekistan membutuhkan kemenangan agar bisa menggeser sang lawan dari puncak.

Pelatih Korsel Kim Hak-bum menyatakan timnya bakal tampil seperti laga-laga sebelumnya ketika meladeni juara bertahan Uzbekistan. Artinya, Ksatria Taegeuk akan tetap bermain maksimal mengingat lawan di perempat final juga belum diketahui.

"Ya, kami telah mengamankan tiket ke babak berikutnya. Tapi posisi dan lawan (di perempat final) belum diputuskan. Kami meraih hasil ini dengan memperlakukan setiap pertandingan sebagai pertandingan terakhir dan kami akan terus melakukannya," beber Kim, melansir laman resmi AFC, Selasa (14/1).

Sedangkan duel lainnya di grup ini, yaitu antara China vs Iran, sudah tidak mempengaruhi lagi posisi Korea Selatan dan Uzbekistan yang sudah lolos babak selanjutnya. Iran sendiri baru memiliki satu poin dan duduk di peringkat ketiga diikuti oleh China yang belum mampu mengumpulkan angka.



Hasil Grup A pada Selasa (14/1)

Thailand vs Irak, skor akhir 1-1
Australia vs Bahrain, skor akhir 1-1

Klasemen akhir Grup A

Tim Main Menang Poin
Australia 3 1 5
Thailand 3 1 4
Iraq 3 0 3
Bahrain 3 0 2


Jadwal Grup B pada Rabu (15/1)

Qatar vs Jepang, pukul 20.15 WIB
Arab Saudi vs Suriah pukul 20.15 WIB

Klasemen sementara Grup B

Tim Main Menang Poin
Suriah 2 1 4
Arab Saudi 2 1 4
Qatar 2 0 2
Jepang 2 0 0


Jadwal Grup C pada Rabu (15/1)

Uzbekistan vs Korea Selatan, pukul 17.15 WIB
China vs Iran, pukul 17.15 WIB

Klasemen sementara Grup C

Tim Main Menang Poin
Korea Selatan 2 2 6
Uzbekistan 2 1 4
Iran 2 0 1
China 2 0 0

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA U23 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight