Piala AFF U-18 2019

Hasil & Klasemen Piala AFF U18 2019 Usai Timnas Indonesia vs Laos

Oleh: Wan Faizal - 12 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Klasemen Piala AFF U-18 2019 Grup A: Timnas Indonesia U-18 dan Myanmar sama-sama mengoleksi 12 poin dan lolos ke semifinal.
tirto.id - Timnas Indonesia U-18 dan Myanmar memastikan diri menjadi dua tim dari Grup A Piala AFF U-18 yang lolos ke babak semifinal. Kepastian itu didapat setelah kedua tim sukses mengalahkan lawan masing-masing dalam laga yang digelar hari ini, Senin (12/8/2019) sehingga ada di urutan pertama dan kedua klasemen Piala AFF U-18 2019 Grup A.

Timnas U-18 menjadi tim pertama yang memastikan satu tiket ke babak semifinal di Piala AFF U18 ini. Hal itu terjadi setelah pasukan Fakhri Husaini menyudahi perlawanan Laos dengan skor 2-1 di Thong Nhat Stadium.

Sempat tertinggal melalui gol Alounnay Lounlasy lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti di menit 69. Namun keunggulan Laos tak bertahan lama karena tiga menit kemudian Amiruddin Bagus Kahfi bisa menyamakan skor. Kemenangan Indonesia dipastikan pada injury time lewat gol bunuh diri Anoulack Vannalath setelah ia salah mengantisipasi umpan silang Amiruddin Bagas Kaffa.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Indonesia sudah mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan alias sapu bersih dari empat laga yang sudah dijalani. Di sisi lain, kekalahan ini juga memastikan Laos sudah tak punya harapan ke semifinal karena baru mengoleksi enam poin saja dengan sisa satu pertandingan.

Bagi Fakhri, kemenangan atas Laos memang berarti besar bagi timnya. Selain karena memastikan diri lolos ke babak empat besar, kemenangan atas Laos tidak diraih dengan mudah yang bisa dibuktikan dari jalannya pertandingan.

“Laos bermain sangat disiplin ketika bertahan dan memberikan perlawanan yang sangat keras pada kami. Mereka punya lima pemain di depan dan sisa lima pemain hanya fokus mengawal lini pertahanan. Tapi para pemain saya mampu merespons itu dengan baik dan kami mendapatkan kemenangan yang memang kami inginkan,” tutur Fakhri.

Sementara itu Myanmar menjadi tim kedua di Grup A yang lolos ke semifinal, menyusul jejak Tim Garuda Nusantara. Bermain melawan Brunei, Myanmar sukses meraup kemenangan dengan skor 0-2 lewat dua gol Pyae Phyo Aung dan Moe Swe. Sama dengan Indonesia, Myanmar kini juga sudah mengoleksi 12 poin dari empat laga.

Artinya, dalam laga terakhir nanti akan terjadi pertarungan sengit memperebutkan posisi juara grup di Thong Nhat Stadium, Rabu (14/8/2019) pukul 15.30 WIB. Kemenangan menjadi sangat penting bagi kedua tim untuk terhindar bertemu dengan juara Grup B di semifinal yang sampai sejauh ini masih dihuni Australia.

Menariknya lagi dari persaingan di Grup A pada laga terakhir nanti akan mempertemukan tim-tim dengan jumlah poin sama. Selain Indonesia vs Myanmar yang sama-sama mengoleksi 12 angka, ada juga duel antara Timor Leste vs Laos yang menghuni peringkat tiga dan empat dengan enam angka.

Sedangkan satu laga lain akan diisi dengan duel Brunei vs Filipina. Kedua negara sejauh ini menjadi dua tim terlemah di Grup A. Baik Brunei maupun Filipina sama sekali belum bisa meraih poin alias selalu mengalami kekalahan di empat laga pertama babak grup.



Berikut ini klasemen Piala AFF U-19 2019 Grup A hingga Senin (12/8/2019).

Tim Main Menang SG Poin
Indonesia 4 4 +16 12
Myanmar 4 4 +8 12
Timor-Leste 4 2 +3 6
Laos 4 2 −1 6
Filipina 4 0 −13 0
Brunei 4 0 −13 0

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal

DarkLight