Piala Super Italia

Hasil Juventus vs AC Milan di Piala Super Italia: Gol Ronaldo

Oleh: Gilang Ramadhan - 17 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Skor akhir 1-0 menjadi hasil Juventus vs AC Milan di pertandingan Piala Super Italia 2019 yang digelar pada Kamis (17/1/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Piala Super Italia 2019 antara Juventus vs AC Milan berkesudahan dengan skor akhir 1-0. Bertanding di Stadion King Abdullah Sport City pada Kamis (17/1/2019), Juventus merengkuh gelar Piala Super Italia 2019 berkat gol Cristiano Ronaldo pada menit 61.

Dalam laga ini, Juventus arahan Massimiliano Allegri menurunkan skema andalannya, 4-3-3. Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala dan Douglas Costa turun sebagai trio lini depan. Sementara itu, Joao Cancelo yang baru sembuh dari cedera sudah kembali turun sebagai bek kanan. Sementara lini tengah dikomandoi oleh Miralem Pjanic.

Di pihak lawan, pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, menurunkan formasi yang sama. Gonzalo Higuain kali ini harus duduk di bangku cadangan dan digantikan oleh Patrick Cutrone. Pemain anyar yang didatangkan dari Brasil, Lucas Paqueta juga kembali bermain sejak menit pertama. Selain itu, ada nama Davide Calabria yang kembali bermain di posisi bek kanan.

Sejak peluit awal pertandingan dibunyikan oleh wasit Luca Banti, Juventus mencoba terlebih dahulu menekan pertahanan Milan. Pada menit ke-3, Joao Cancelo berhasil menusuk di sisi kiri pertahanan AC Milan dan memberi umpan kepada Douglas Costa di dalam kotak penalti. Winger asal Brasil itu kemudian melepaskan sepakan melengkung, namun bola masih melenceng tipis dari gawang.

Empat menit kemudian, AC Milan giliran melakukan ancaman. Bermula dari sodoran bola Lucas Paqueta kepada Patrick Cutrone di sisi kanan pertahanan Juventus, Cutrone kemudian melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti. Kendati sukses disambut oleh Hakan Calhanoglu dengan sundulan, namun bola masih terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Joao Cancelo kembali berhasil menembus sisi kiri pertahanan AC Milan pada menit ke-16. Di awali umpan satu-dua dengan Douglas Costa, bek kanan asal Portugal itu sukses masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar ke tiang jauh. Namun bola kembali hanya melenceng tipis dari tiang gawang.

Juventus berhasil mencetak gol pada menit 34 lewat sepakan Blaise Matuidi. Bermula dari pergerakan individu Douglas Costa, mantan pemain Bayern Munchen itu berhasil mengirim umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang diterima Matuidi. Kendati memasukkan bola ke gawang, Matuidi terlebih dahulu berada di posisi offside. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tensi permainan dari kedua tim tidak menurun. Di awal paruh kedua, AC Milan mencoba terlebih dahulu melakukan serangan. Patrick Cutrone berhasil menerima bola liar di dalam kotak penalti pada menit 47. Sepakan kaki kiri Cutrone hampir menjadi gol andai bola tidak membentur sisi kanan mistar gawang Wojciech Szczesny.

Sepuluh menit setelahnya, Cristiano Ronaldo mencoba melakukan aksi individu dari sisi kanan pertahanan Milan. Sanggup melewati Davide Calabria, Ronaldo kemudian melepaskan sepakan keras ke arah gawang, namun Gianluigi Donnarumma berada di posisi yang tepat dan masih mudah mengamankan bola.



Tidak lama berselang, tepatnya menit 61, Cristiano Ronaldo berhasil memecah kebuntuan Juventus. Menerima umpan terobosan lambung dari Miralem Pjanic, Ronaldo berhasil lolos dari jebakan offside dan dengan mudah menanduk bola yang tak mampu dibendung oleh Gianluigi Donnarumma. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Usaha AC Milan untuk menyeimbangkan kedudukan justru menemui jalan sulit ketika Franck Kessie harus diganjar kartu merah pada menit 73. Mantan pemain Atalanta itu melakukan pelanggaran keras kepada Emre Can yang memaksa wasit mengeluarkan kartu merah usai meninjau terlebih dulu melalui VAR.

Kendati terus menggempur pertahanan AC Milan di sisa waktu yang tersisa, Juventus tak mampu menambah gol. Sebaliknya, AC Milan yang bermain dengan 10 pemain kesulitan untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 untuk kemenangan Juventus bertahan hingga laga usai.

Total, Juventus mencetak 3 tendangan on target dari 11 upaya. Sementara AC Milan yang memiliki 38% penguasaan bola hanya mencatat 1 tendangan on target dari 6 percobaan. Hasil ini membuat Juventus menjadi tim tersukses peraih Piala Super Italia, dengan 8 gelar.

Susunan Pemain

JUVENTUS (4-3-3): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur (Federico Bernardeschi 86'), Miralem Pjanic (Emre Can 65'), Blaise Matuidi; Douglas Costa (Sami Khedira 89'), Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala.

AC MILAN (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Cristian Zapata, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta (Fabio Borini 71'); Samu Castillejo (Gonzalo Higuain 71'), Hakan Calhanoglu, Patrick Cutrone (Andrea Conti 80').

Baca juga artikel terkait PIALA SUPER ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan