Hasil Japan Open 2019: Momota Jumpa Ginting di Perempat Final

Oleh: Permadi Suntama - 25 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil sektor tunggal putra Japan Open 2019, Momota kalahkan wakil Thailand, Kantphon Wangcharoen di 16 besar dan akan jumpa Anthony Ginting di perempat final.
tirto.id - Tunggal putra tuan rumah, Kento Momota, bakal bertemu Anthony Sinisuka Ginting dalam perempat final Japan Open 2019 pada Jumat (26/7/2019) besok. Ini dipastikan setelah unggulan 1 itu menyingkirkan Kantphon Wangcharoen (Thailand) dua set tanpa balas, 21-12, 21-23 dalam babak 16 besar yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Kamis (25/7) siang.

Kento Momota juga jadi pemain ketiga yang melaju ke babak 8 besar Japan Open 2019, setelah sebelumnya 2 tunggal putra Indonesia, yakni Anthony Ginting dan Tommy Sugiarto, masing-masing menaklukkan lawannya.

Menghadapi semifinalis Indonesia Open 2019, Kento Momota sempat kesulitan di awal gim pertama. Permainan agresif yang ditunjukkan Wangcharoen, membuat Momota sempat tertinggal 3-5 di awal gim.

Kendati demikian, pengalaman dan ketenangan Kento Momota mampu meladeni permainan agresif lawan. Dia pun berhasil menyamakan kedudukan, kemudian berbalik unggul hingga 10-5. Interval gim pertama pun ditutup denngan skor 11-6 untuk pemain peringkat 1 dunia ini.

Kento Momot, yang berstatus sebagai juara bertahan, berhasil menjaga jarak keunggulan atas Wangcharoen selepas interval. Dia Bahkan berhasil memperlebar keunggulan menjadi 15-7 sebelum akhirnya mengamankan gim pertama dengan keunggulan 21-12.

Kantaphon Wangcharoen, coba memberikan perlawanan sengit di gim kedua. Serangan-serangan tunggal putra Thailand itu pun berhasil menghasilkan poin demi poin di awal gim kedua. Kendati gagal mempertahankan keunggulan seperti gim pertama, Wangcharoen tidak tertinggal terlalu jauh saat jeda interval, yakni 11-9.

Namun, kegemilangannya tidak berlanjut selepas interval. Momota tancap gas dan langsung memperoleh 3 poin beruntun. Wangcharoen, kembali mencoba memberikan perlawanan, tapi Momota, yang sudah unggul jauh, berhasil meraih match point di gim kedua pada kedudukan 20-13. Dia pun menyudahi perlawanan Kantaphon Wangcharoen dengan skor 21-12, 21-13.

Selain Kento Momota, Jepang masih memiliki 1 tunggal putra yang belum bertanding di babak 16 besar, yakni Kanta Tsuneyama, yang akan menghadapi Sai Praneeth B, dari India. Jika berhasil menang atas tunggal putra India tersebut, Tsuneyama, akan bertemu Tomy Sugiarto di babak 8 besar.

Sementara Anthony Ginting, lawan Momota berikutnya, di babak 16 besar berhasil mengalahkan pemain Thailand lainnya, Sitthikom Tammasin dengan skor 20-22, 21-17, 21-6.


Baca juga artikel terkait JAPAN OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight