Hasil Iran vs Jepang di Piala Asia 2019: Final Kelima Samurai Biru

Oleh: Hendi Abdurahman - 28 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jepang berhasil melaju ke final untuk kelima kalinya usai mengalahkan Iran di babak semifinal Piala Asia 2019 dengan skor 0-3 pada Senin (28/1/2019).
tirto.id - Hasil laga Iran vs Jepang di semifinal Piala Asia 2019 yang dihelat di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019) berakhir dengan skor 0-3. Dwigol Yuya Osako dan satu gol dari Genki Haraguchi memupus harapan Team Melli untuk melaju lebih jauh. Sebaliknya, Samurai Biru memastikan tiket final untuk bertemu pemenang antara Uni Emirat Arab kontra Qatar.

Catatan menarik terjadi pada laga tersebut. Jepang menjadi tim yang selalu menang dalam enam laga yang dijalani selama gelaran Piala Asia 2019 dari babak penyisihan grup hingga melaju ke final. Sementara untuk Iran, kekalahan ini menjadi yang pertama dan langsung membuat skuat asuhan Carlos Queiroz gagal melanggeng ke partai puncak.

Tak Ada Gol di Babak Pertama

Pada babak pertama, Ritsu Doan memiliki peluang pada menit 19. Kendati tak terlalu leluasa, pemain asal klub FC Groningen itu masih sempat melakukan tendangan. Sayang, sepakannya masih melebar tipis di sisi kiri kiper Alireza Beiranvand.

Iran merespon tiga menit kemudian melalui Sardar Azmoun. Bergerak dari sisi kanan pertahanan Jepang, pemain yang dari awal laga kerap berjuang sendirian di lini depan itu hampir saja membobol gawang Samurai Biru andai sontekannya tak digagalkan oleh kaki Shuichi Gonda.

Jepang nyaris melakukan strategi yang sama saat mereka mengalahkan Vietnam di laga sebelumnya. Penguasaan bola menjadi andalan. Terbukti, hingga laga babak pertama berkesudahan 0-0, anak asuh Hajime Moriyasu unggul 58% dibanding Iran yang mempunyai 42%.


Jepang Maksimalkan Peluang di Babak Kedua

Di babak kedua, Jepang akhirnya mencetak gol pada menit 56 melalui tandukan Yuya Osako usai menerima crossing Takumi Minamino. Sebelumnya, Minamino sempat dijatuhkan salah satu pemain Iran, akan tetapi wasit tak menyatakan pelanggaran. Di saat para pemain Iran lengah, Minamino tetap berlari untuk kemudian melakukan umpan yang disambut dengan sempurna oleh Yuya Osako. Skor 0-1.

Iran tersengat, menit 61, Alireza Jahanbakhsh hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai saja tendangan bebasnya tak ditepis Shuichi Gonda. Kesempatan tersebut hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Samurai Biru justru mampu menggandakan keunggulan melalui tendangan penalti yang dieksekusi Yuya Osako sekaligus manjadi gol keduanya di laga ini. Wasit sempat memanfaatkan teknologi VAR setelah mendapat protes dari pemain Iran. Penalti tetap menjadi keputusan. Skor 0-2 untuk keunggulan Jepang.

Saat skor sepertinya akan berakhir dengan keunggulan dua angka, Samurai Biru kembali menjauh. Genki Haraguchi berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Iran melalui akselerasi yang disudahi lewat tendangan terarah. Skor 0-3.

Tak lama berselang wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan tersebut membuat Samurai Biru lolos ke partai final untuk kelimanya sepanjang keikutsertaannya di Piala Asia.

Susunan Pemain

Iran: Alireza Beiranvand; Ehsan Hajsafi; Morteza Pouraliganji; Ramin Rezaeian; M. Kanani; Milad Mohammadi; Ashkan Dejagah; Omid Ebrahimi; Vahid Amiri; Sardar Azmoun; Alireza Jahanbakhsh.

Cadangan: Vorya Ghafouri; Roozbeh Cheshmi; Ahmad Noorollahi; Masoud Shojaei; Karim Ansarifard; Amir Abedzadeh; Saman Ghoddos; Pejman Montazeri; Mahdi Torabi; Seyed Majid Hosseini; Payam Niazmand.

Jepang: Shuichi Gonda; Maya Yoshida; Yuto Nagatomo; Hiroki Sakai; Wataru Endo; Takehiro Tomiyasu; Genki Haraguchi; Gaku Shibasaki; Ritsu Doan; Yuya Osako; Takumi Minamino.

Cadangan: Misaaki Higashiguchi; Genta Miura; Sei Muroya; Sho Sasaki; Takashi Inui; Koya Kitagawa; Yoshinori Muto; Junya Ito; Tsukasa Shiotani; Tomoaki Makino; Daniel Schmidt.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman