Badminton

Hasil Indonesia Masters 2019: Greysia/Apriyani Gagal ke Final

Oleh: Oryza Aditama - 26 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ganda putri tuan rumah, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, gagal ke final Indonesia Masters 2019 setelah dikalahkan pasangan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.
tirto.id - Ganda putri bulutangkis terbaik tuan rumah, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, gagal ke final Indonesia Masters 2019 usai takluk dari juara bertahan asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, Sabtu (26/1/2019), di Istora Senayan, Jakarta. Greysia/Apriyani kalah rubber game dengan skor 20-22, 22-20, 12-21, dari Matsutomo/Takahashi.

Gim pertama tampak menjanjikan bagi pasangan Indonesia. Greysia/Apriyani memimpin perolehan poin hampir di sepanjang laga. Memasuki jeda interval, mereka unggul 11-7. Performa menawan mampu dipertahankan hingga papan skor menunjukkan angka 18-11.

Namun, kondisi berbalik setelah itu. Matsutomo/Takahashi menunjukkan kapasitas mereka sebagai juara bertahan. Dengan gigih, pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016 ini mengejar perolehan poin tuan rumah yang mulai kedodoran di angka kritis.

Wakil Jepang ini pun berhasil menyamakan kedudukan pada angka 19-19. Sempat diwarnai setting point, gim ini menjadi milik pasangan tamu lewat keunggulan 20-22.

Laga set kedua tak kalah seru. Pada awal pertarungan, Greysia/Apriyani yang didukung mayoritas penonton sempat mendominasi permainan. Pasangan peringkat 4 dunia ini sempat memimpin 8-5. Namun, memasuki masa interval, mereka hanya unggul tipis 11-10.


Selepas itu, laga kembali berjalan ketat. Kedua pasangan silih-berganti memimpin perolehan poin. Bahkan, sebagai unggulan ke-2, Matsutomo/Takahashi sempat menyentuh match point terlebih dahulu ketika skor menunjukkan angka 18-20.

Namun, Greysia/Apriyani mampu memanfaatkan momentum untuk meraup empat poin beruntun dan sempat terjadi setting point. Tuan rumah memenangkan gim kedua dengan skor 22-20.

Pasangan Jepang langsung mendominasi permainan sejak awal set penentuan. Misaki Matsutomo yang sangat piawai di depan net kerap mendulang poin untuk tim tamu. Masuk jeda interval, ganda putri yang kini duduk di ranking 2 dunia ini pun unggul 7-11.

Ketertinggalan poin Greysia/Apriyani semakin melebar. Gelontoran lima poin beruntun dari pasangan Jepang membawa tim tamu menyentuh angka match point 10-20. Tak lama kemudian, laga pun berakhir dengan kemenangan Matsutomo/Takahashi dengan skor 12-21.

Hasil minor di laga semifinal ini seakan mengulangi partai final Indonesia Masters tahun lalu di mana Greysia/Apriyani juga takluk dari Matsutomo/Takahashi, saat itu dengan dua set langsung.

Baca juga artikel terkait INDONESIA MASTERS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya