Hasil Bola Terbaru Hari Ini

Hasil Friendly Match Eropa 9 Oktober 2020: Inggris vs Wales 3-0

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil bola tadi malam international friendly match Inggris vs Belgia skor 3-0 pada Jumat (9/10/2020). Dominic Calvert Lewin (Everton) mencetak gol debut.
tirto.id - Hasil international friendly match pada Jumat (9/10/2020) antara Inggris vs Wales berakhir dengan skor telak 3-0. Penyerang Everton yang tengah naik daun, Dominic Calvert-Lewin mencetak gol dalam debut di Wembley. Sementara itu, Belgia hanya bermain imbang 1-1 kontra Pantai Gading.

Dalam laga pemanasan Inggris jelang partai UEFA Natons League (UNL) kontra Belgia pada Minggu (11/10), Calvert-Lewin yang mencetak 9 gol untuk Everton di semua kompetisi musim ini, mendapatkan kesempatan masuk starting XI. Pelaih Gareth Southgate memasangnya sebagai ujung tombak dalam formasi 3-4-2-1.

Gol Calvert-Lewin tercipta lewat tandukan pada menit 26, memanfaatkan umpan Jack Grealish, playmaker Aston Villa yang juga dalam performa terbaik. Jika Calvert-Lewin diberi rapor 7,8 oleh Whoscored, maka Grealish diberi nilai 7,7 untuk kontribusinya yang apik.

Sang gelandang yang memakai nomor 11 jadi jantung serangan Inggris. Ia pula yang menjadi pembuka gol kedua The Three Lions. Bermula dari pelanggaran terhadap Grealish, Inggris mendapatkan tendangan bebas yang dieksekusi Kieran Trippier. Bola disambar Conor Coady (53') jadi gol pertamanya di level internasional.

Meski Wales sebelum ini tidak terkalahkan dalam 8 partai internasional, mereka tenggelam sepenuhnya oleh Inggris. Berdasarkan statistik Whoscored, Wales hanya memiliki 43 persen penguasaan bola, sedangkan tuan rumah 57 persen. Dari segi tembakan, Wales punya 7, tapi cuma 2 yang tepat sasaran. Sebaliknya, Inggris memiliki 8 percobaan, 6 mengarah gawang Wayne Hennessey.

Gol ketiga Ingggris tercipta pada menit 63, datang dari Danny Ings, dengan tembakan overhead, menyelesaikan bola tandukan Tyrone Mings yang menyambut tendangan sudut Kalvin Phillips.

Usai pertandingan, Calvert-Lewin menyebutkan, "Mampu mencetak gol dalam debut adalah mimpi. Saya akan berkata [inilah gol terbaik dari 10 gol pada musim ini]. Saya bekerja sangat keras untuk sampai ke sini, bagai perjalanan panjang, tapi saya sangat puas diberi kesempatan dan mencetak gol di laga perdana [bersama Inggris]."



Modal kemenangan The Three Lions ini penting karena di laga lain, Belgia sang calon lawan cuma imbang 1-1 kontra Pantai Gading.

Dalam partai yang dimainkan di Stade Roi Baudouin, pelatih Belgia Roberto Martinez melakukan banyak eksperimen dalam starting XI miliknya. Gol Belgia baru lahir pada menit ke-53 melalui Michy Batshuayi. Namun, Pantai Gading menyamakan kedudukan lewat penalti 3 menit jelang laga usai.

Sementara itu, persiapan Rusia jelang Liga B UNL 2020/2021 diwarnai kekalahan atas Swedia dengan skor 1-2 di VEB Arena, Moskwa. Tuan rumah tertinggal 2 gol lebih dahulu, dan hanya bisa membalas lewat Alexander Sobolev (90'). Rusia akan menghadapi Turki pada Senin (12/10) sedangkan Swedia jumpa tuan rumah Kroasia pada Minggu (11/10).


Hasil Lengkap Friendly Match 9 Oktober 2020


Berikut ini hasil lengkap partai persahabatan internasional pada Jumat (9/10/2020) dini hari.

Uzbekistan vs Iran 1-2
Pencetak Gol: Eldor Shomurodov 53'/ Sardar Azmoun 44', Mehdi Taremi 51' penalti

Afrika Selatan vs Namibia 1-1
Pencetak Gol: Luther Singh 18'/ Absalom Iimbondi 55'

Rusia vs Swedia 1-2
Pencetak Gol: Alexander Sobolev 90'/ Alexander Isak 21', Mattias Johansson 72'

Belgia vs Pantai Gading 1-1
Pencetak Gol: Michy Batshuayi 53'/ Franck Kessie 87' penalti

Inggris vs Wales 3-0
Pencetak Gol: Dominic Calvert-Lewin 26', Conor Coady 53', Danny Ings 63'

Baca juga artikel terkait INTERNATIONAL FRIENDLY MATCH atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight