Liga Jerman 2019

Hasil Fortuna Dusseldorf vs Bayern Munchen 1-4: Kembali ke Puncak

Oleh: Wan Faizal - 15 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Fortuna Dusseldorf vs Bayern Munchen yang berakhir dengan skor 1-4 membuat tim tamu kembali ke puncak klasemen Liga Jerman.
tirto.id - Skor 1-4 menjadi hasil akhir pertandingan Fortuna Dusseldorf vs Bayern Munchen di Merkur Spiel Arena, Minggu (14/4/2019). Dua gol Kingsley Coman ditambah masing-masing satu dari Serge Gnabry dan Leon Goretzka membuat tim tamu meraih tiga angka dan menggusur Borussia Dortmund dari puncak klasemen Liga Jerman.

Kemenangan 2-1 atas Mainz yang didapatkan Dortmund pada Sabtu (13/4/2019) sempat membuat Bayern terlempar ke peringkat kedua. Pasalnya, Dortmund mengoleksi total 66 poin dari 29 pertandingan. Namun, kini setelah menundukkan Fortuna, Bayern memiliki 67 poin dari 29 laga, atau unggul satu angka dari BVB.

Fortuna sebenarnya bukan lawan yang mudah dikalahkan, namun kualitas Bayern yang berbicara di laga ini. Serangan gencar yang sudah dilakukan sejak menit pertama membuat pertahanan Fortuna kepayahan. Hampir saja gawang Michael Rensing jebol di menit tujuh ketika sontekan Kingsley Coman menyambut umpan Serge Gnabry membentur tiang gawang.

Menit 11, Fortuna mendapatkan peluang pertamanya namun sepakan Benito Raman terlalu mudah bagi Manuel Neuer.

Empat menit kemudian Bayern mendapatkan gol pertamanya. Coman bermaksud memberikan umpan silang dari sisi kiri dan bola mengarah ke tiang jauh gawang Rensing. Di sana, Thomas Muller gagal menyambar bola namun beruntung bagi Bayern karena bola masih saja masuk ke gawang. Alhasil nama Coman yang tercatat di papan skor dan membawa timnya unggul.

Fortuna yang masih punya urusan mengejar tiket ke Eropa musim depan bergegas mencari gol penyama. Permainan mereka menjadi lebih agresif. Namun, tuan rumah masih sulit membongkar pertahanan Bayern. Sebaliknya, Die Roten mendapatkan peluang lagi lewat tandukan Robert Lewandowski. Hanya, tidak membahayakan gawang Rensing.

Justru tim tamu yang bisa menggandakan skor sebelum babak pertama selesai. Sebuah umpan tarik dari Joshua Kimmich diselesaikan tanpa cela oleh Coman di depan gawang Rensing. Bayern unggul 0-2 di paruh pertama.

Keresahan menghampiri Bayern Munchen ketika Manuel Neuer mengalami cedera di menit 51 dan dua menit berselang digantikan Sven Ulreich.

Ketika lawan kehilangan sang kapten, kepercayaan diri Fortuna tumbuh. Akan tetapi sebelum itu menjadi ancaman, Bayern memastikan usaha Fortuna untuk mengejar skor menjadi lebih berat.

Tak berselisih lama dari keluarnya Neuer, tim tamu justru mampu mencetak gol ketiganya melalui Gnabry. Bermula dari sepak pojok Thiago Alcantara, Muller membelokkan bola ke tiang jauh. Di sana Gnabry dengan mudah menyontek bola menjadi gol.

Skor tersebut tampak sudah membuat Bayern tenang. Serangan mereka tak lagi seagresif sebelumnya. Hal ini memberikan peluang bagi Fortuna untuk mengembangkan permainan. Tuan rumah pada akhirnya mendapatkan hasil dari kerja kerasnya lewat gol penalti Dodi Lukebakio di menit 89. Penalti itu sendiri lahir dari handball Mats Hummels dan terlihat jelas ketika wasit melihat kejadian tersebut di VAR.

Bayern pada akhirnya memastikan kemenangan berkat gol keempat di masa injury time. Kali ini giliran Leon Goretzka yang menjebol gawang Rensing lewat tembakan kerasnya dari depan gawang. Skor akhir 1-4 dan Bayern bisa kembali menentukan nasib sendiri dalam perebutan gelar juara musim ini.



Pencetak Gol: Lukebakio 89’-pen / Coman 15’, 41’, Gnabry 55’, Goretzka 92’

Susunan Pemain:

Fortuna: Michael Rensing; Matthias Zimmermann, Marcin Kaminski, Andre Hoffmann, Kaan Ayhan; Marcel Sobottka (Alfredo Morales 68’); Aymen Barkok, Kevin Stoger, Benito Raman, Dawid Kownacki (Takashi Usami 80’); Rouwen Hennings (Dodi Lukebakio 68’)

Bayern: Manuel Neuer (Sven Ulreich 53’); Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez, Thiago Alcantara, Thomas Muller (Leon Goretzka 70’); Kingsley Coman, Serge Gnabry (James Rodriguez 80’), Robert Lewandowski

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal