Hasil Final Piala Asia 2019: Taklukkan Jepang 1-3, Qatar Juara

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Qatar untuk pertama kalinya juara Piala Asia setelah menaklukkan Jepang 1-3 di final Piala Asia 2019 pada Jumat (1/2/2019).
tirto.id - Qatar sukses menjadi juara Piala Asia 2019 setelah di laga final menaklukkan Jepang dengan skor 1-3. Almoez Ali, Abdulaziz Hatem, dan Akram Afif menjadi kunci kemenangan Al-Annabi pada Jumat (1/2/2019) di Sheikh Zayed Sports City. Ini adalah gelar Piala Asia pertama bagi Qatar.

Tiga tahun sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar meraih catatan penting. Di final Piala Asia pertama mereka sepanjang sejarah, pasukan Felix Sanchez menenggelamkan Jepang sang juara empat kali. Qatar menjadi tim pertama yang bisa menaklukkan Samurai Biru di laga puncak turnamen empat tahunan tersebut.

Sepanjang babak pertama, Jepang mendominasi penguasaan bola sebanyak 55 persen. Namun, hal tersebut tidak berfaedah. Samurai Biru tidak bisa melepaskan satu tembakan saja ke arah gawang Qatar yang dikawal Saad Al Sheeb. Sebaliknya, menit ke-12, Jepang sudah terbobol.

Memanfaatkan umpan silang Akram Afif, Almoez Ali mengontrol bola dengan dua sentuhan dalam posisi membelakangi gawang. Sang penyerang lantas mengirim tembakan salto ke sudut gawang Shuichi Gonda. Jepang goyah akibat gol tersebut, sementara Almoez Ali mencetak rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Asia.

Jarak melebar pada menit ke-28. Kapten Jepang, Maya Yoshida yang gagal mengawal Almoez Ali dalam gol pertama, kembali harus berurusan dengan pemain Qatar. Kali ini, Abdelaziz Hatem yang ada dalam kawalannya, bisa melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, dan masuk telak.



Tertinggal dua gol hingga turun minum, Jepang lebih agresif pada awal babak kedua. Mereka membutuhkan waktu lama. Namun, serbuan tanpa henti Samurai Biru berbuah pada menit ke-69.

Umpan dari kaki ke kaki pasukan Hajime Moriyasu berujung pada Takumi Minamino. Ia terlepas dari kawalan pemain belakang Qatar, dan tembakannya memperkecil jarak.

Ketika Jepang tampak bangkit, Qatar langsung menjatuhkan mereka kembali. Dari insiden ketika tangan Maya Yoshida mengenai bola dalam duel udara, wasit Ravshan Irmatov berkonsultasi dengan VAR. Ia memutuskan penalti untuk Qatar.

Eksekusi yang dilakukan Akram Afif mulus, dan membuat skor jadi 1-3. Jepang tidak dapat mengelak lagi dari kekalahan. Luka mereka semakin lengkap karena Yoshida, yang "bertanggungjawab" atas tiga gol Qatar, juga gagal menanduk bola ke arah gawang Qatar di sisa pertandingan.

Skor akhir 1-3, Qatar menjadi tim terbaik Asia.



Pencetak Gol: Takumi Minamino 69 (Jepang) | Almoez Ali 12, Abdulaziz Hatem 28, Akram Afif 81 penalti (Qatar)

Jepang (4-4-2): Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Ritsu Doan, Tsukasa Shiotani (Junya Ito 84), Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi (Yoshinori Muto 62); Yuya Osako, Takumi Minamino (Takashi Inui 89)

Qatar (5-3-2): Saad Al Sheeb; Pedro Correia, Bassam Hisham, Boualem Khoukhi (Salem Al Hajri 61), Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Hassan Al Heidos (Karim Boudiaf 74), Assim Madibo, Abdulaziz Hatem; Almoez Ali (Ahmed Alaa Eldin 90+), Akram Afif

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus