Hasil Final Piala Asia 2019: Babak Pertama Qatar Pukul Jepang 2 Gol

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-2 menjadi hasil final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar berkat gol salto Almoez Ali dan tembakan jarak jauh Abdulaziz Hatem.
tirto.id - Qatar sementara unggul 0-2 dari Jepang di babak pertama final Piala Asia 2019 yang digelar di Sheikh Zayed Sports City pada Jumat (1/2/2019). Gol salto Almoez Ali sang top skor turnamen dan tembakan dari luar kotak penalti oleh Abdulaziz Hatem menjadi kunci.

Dengan gol kesembilannya di Piala Asia 2019, Almoez Ali memecahkan rekor Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak dalam sebuah edisi Piala Asia. Daei menciptakan rekor itu di Piala Asia 1996, membobol gawang lawan 8 kali.

Sementara itu, gol Abdulaziz Hatem tercipta berkat assist Akram Afif, yang juga menjadi pengumpan untuk gol Almoez Ali. Dengan demikian, Afif sudah mengirim 10 assist.

Jepang yang sepanjang fase gugur di Piala Asia 2019 tidak pernah kebobolan, turun dengan formasi 4-4-2. Di lini depan, Yuya Osako dikombinasikan dengan Takumi Minamino. Sementara, kapten Maya Yoshida menggalang lini pertahanan.

Qatar yang untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Asia, memakai pola 5-3-2. Senjata utama mereka adalah Almoez Ali yang hingga babak semifinal sudah mencetak 8 gol. Penyerang 22 tahun itu kembali membuktikan ketajamannya di partai puncak.

Jepang dan Qatar sama-sama waspada pada awal babak pertama. Mereka memilih bermain hati-hati. Namun, menit ke-12, umpan silang Akram Afif diterima Almoez Ali yang membelakangi gawang.

Sang penyerang mengontrol bola dengan dua sentuhan di depan Maya Yoshida. Kemudian, pemain Al Duhail itu mengirim tendangan salto yang bersarang manis ke sudut gawang Shuichi Gonda.

Jepang berupaya untuk membalas, namun serangan mereka tidak cukup berbahaya untuk wakil Asia Barat. Sebaliknya, pada menit ke-28, Qatar memperbesar keunggulan. Abdulaziz Hatem melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ketika dalam kawalan Yoshida. Bola masuk, Jepang dalam masalah besar.

Sementara Samurai Biru kesulitan menembus pertahanan rapat Qatar, mereka nyaris kebobolan lagi pada menit ke-35. Namun, tembakan kapten Al-Annabi, Hassan Al Haydos mengenai tiang.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 0-2 menjadi milik Qatar. Jepang sama sekali tidak mampu melepaskan tembakan ke gawang, meski unggul penguasaan bola 55 persen berbanding 45 persen milik sang lawan.





Pencetak Gol: Almoez Ali 12, Abdulaziz Hatem 28

Jepang (4-4-2): Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Ritsu Doan, Tsukasa Shiotani, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi; Yuya Osako, Takumi Minamino

Qatar (5-3-2): Saad Al Sheeb; Pedro Correia, Bassam Hisham, Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Hassan Al Heidos, Assim Madibo, Abdulaziz Hatem; Almoez Ali, Akram Afif

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus