Hasil Final NBA 2018 Game 1: Cavaliers vs Warriors Skor 114-124

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Golden State Warriors memenangi game 1 final NBA 2018 setelah mengalahkan Cleveland Cavaliers 124-114
tirto.id - Hasil final NBA 2018 Game 1 antara Cleveland Cavaliers vs Golden State Warriors berakhir dengan skor 114-124 setelah over-time. Bermain di kandang sendiri Oracle Arena pada Jumat, 1 Juni 2018, Warriors berhasil memetik kemenangan perdana dalam partai final yang berformat best-of-seven.

LeBron James, bintang Cleveland Cavaliers boleh saja mencetak 51 poin sepanjang game pertama final NBA 2018. Namun, hal itu tidak cukup untuk membawa timnya mengalahkan Golden State Warriors yang bertabur bintang. Final ini sendiri dipenuhi insiden, termasuk Tristan Thompson yang akhirnya dikeluarkan akibat mendorong bola ke wajah Draymond Green.

Meskipun harus tampil di markas Golden State Warriors dalam final NBA tahun ini, Cleveland Cavaliers justru lebih tajam di awal pertandingan. Terpicu oleh bisa tampilnya Kevin Love yang sempat cedera kepala, Cavs memimpin 4-0 berkat poin yang didapatkan LeBron James dan J.R Smith.

Namun, lemparan tiga angka Stephen Curry membuat kedudukan menjadi 4-3 0-1dan membangkitkan Warriors. Mereka bahkan sempat membalikkan skor 10-12. Hanya saja, Cavaliers menemukan momentum berkat lima poin yang dicetak LeBron James untuk skor 15-12.

Persaingan demikian ketat sampai mendekati akhir kuarter pertama. Sempat kembali tertinggal 28-29, Cavs menutup kuarter tersebut dengan jump shot bernilai dua poin yang dilakukan Jordan Clarkson. Skor menjadi 30-29.

Di awal kuarter kedua, LeBron James membuat timnya semakin unggul 32-29 lantas 36-31. Namun, perlahan tetapi pasti Warriors yang tidak ingin dipermalukan, terus mengejar defisit. Bahkan meski kondisi tertinggal 51-40 oleh aksi Kevin Love, 'The Fantastic Four' Warriors menjadi kunci. Klay Thompson Stephen Curry, dan Kevin Durant membuat kedudukan jadi 51-48.

Warriors terus memburu meski Cavaliers tampak memimpin, hingga akhirnya tembakan tiga poin Stephen Curry membuat kedudukan imbang 56-56 di ujung kuarter kedua. Artinya, di kuarter ini, Warriors mencetak satu angka lebih banyak dari Cavaliers, berbalik dari kuarter pertama.



Momentum sempat dibawa Warriors di awal kuarter ketiga. Mereka memimpin jauh hingga 61-68. Namun, lagi-lagi permainan LeBron James mengangkat timnya. Poin ke-31 yang dicetaknya di laga ini membuat kedudukan imbang 68-68.

Sial bagi Cavaliers, Warriors yang memang spesialis kuarter ketiga, dalam kedudukan 73-73 lantas menambah poin melalui Durant, Thompson, dan puncaknya Kevon Looney untuk skor 75-82, alias perbedaan tujuh poin sebelum timeout. Ditambah dunk shot Kevin Durant ketika kuarter ketiga tersisa 46 detik, skor di kuarter tersebut ditutup dalam 78-84.

Kuarter terakhir masih berlangsung ketat ketika LeBron James membuat skor jadi 82-86. Namun tiga kesempatan lemparan bebas yang diselesaikan sempurna oleh Klay Thompson membawa Warriors menjauh lagi untuk kedudukan 82-89. Lalu, Jeff Green dan Kyle Korver mampu membuat defisit menyempit lagi jadi 88-89.

James kemudian membawa Cavaliers berbalik unggul dengan layup shot untuk skor 92-91. Namun, pelanggaran kontroversial terhadap Kevin Durant yang diselesaikan dengan tiga lemparan bebas membuat kedudukan 92-94. Momen semakin ada di tangan Warriors kala Stephen Curry mengirim tembakan tiga angka dan timnya memimpin 94-100.

Lemparan tiga angka Love membuat perbedaan menipis jadi 101-102, lalu poin ke-47 James membawa timnya berbalik memimpin 104-102.

Drama berlanjut dengan insiden pelanggaran kontroversial James terhadap Durant sehingga skor sempat dimiliki Warrios. Namun kemudian, pelanggaran atas George Hill menjadi kunci Cavaliers menyamakan kedudukan 107-107 di akhir kuarter empat.

Kekuatan Cleveland Cavaliers habis di over-time, ketika Draymond Green dan Klay Thompson bebas menembak tiga angka, hingga akhirnya Cavs harus kalah dengan skor akhir 114-124 di game pertama final NBA tahun ini


Baca juga artikel terkait BASKET atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus