Hasil Final Japan Open 2019: Akane Yamaguchi Rebut Gelar Juara

Oleh: Oryza Aditama - 28 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Akane Yamaguchi sukses merengkuh gelar juara tunggal putri Japan Open 2019, usai menaklukkan rekannya sendiri Nozomi Okuhara di laga final.
tirto.id - Tunggal putri unggulan ke-4, Akane Yamaguchi, sukses merengkuh gelar juara Japan Open 2019, selepas menundukkan kompatriotnya sendiri, Nozomi Okuhara pada laga final hari ini, Minggu (28/7/2019) di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang .

Dibutuhkan waktu 46 menit bagi Yamaguchi untuk menyegel kemenangan straight game 21-13, 21-15 atas Okuhara yang juga penyandang gelar juara dunia 2017 tersebut.

Yamaguchi mengawali gim pertama dengan tak begitu baik, ia tertinggal 1-4. Secara perlahan pemain 22 tahun ini mulai menipiskan jarak jadi 8-9. Namun demikian, ia sanggup memanfaatkan momentum untuk mendulang tujuh angka beruntun, sekaligus membalikkan kedudukan menjadi 15-9.

Penempatan pukulan yang prima serta beberapa kali kesalahan sendiri yang dilakukan oleh lawan, kian mempermudah langkah Akane untuk menyentuh game point pada kedudukan 20-11. Pemain peringkat 2 dunia itu sukses menutup gim pertama dengan skor 21-13.

Pertarungan gim kedua berjalan lebih ketat. Nozomi Okuhara yang tak ingin mengulangi kesalahan, langsung tampil menekan sejak awal penghitungan angka. Pemain peringkat 3 dunia itu pun berhasil memimpin 2-5 pada awal permainan. Keunggulan tersebut dapat dipertahankan hingga menjelang jeda 5-9.

Namun situasi ini tak bertahan terlalu lama. Rentetan unforced error dari Okuhara seakan memberikan jalan bagi Akane untuk kembali membalikkan kedudukan. Masuk masa interval skor berbalik 11-10 untuk Yamaguchi.

Selepas rehat perolehan angka berjalan ketat. Kedua pemain silih berganti mendulang angka. Kecermatan pukulan Yamaguchi ditambah dengan beberapa kesalahan lawan saat memasuki periode poin kritis, membuat dirinya kian nyaman memimpin kedudukan.

Sebuah pengembalian keluar dari Nozomi Okuhara, mengakhiri pertarungan dengan skor 21-15 untuk kemenangan Akane Yamaguchi.



Hasil pertandingan hari ini sekaligus mengulangi kemenangan Akane atas Nozomi, yang ia torehkan pada pertemuan terakhir di ajang Malaysia Open 2019 pada bulan April lalu. Meski demikian dari catatan head to head secara total, Akane masih tetap tertinggal 8-11 dari rivalnya itu.

Torehan gelar Akane di kandang sendiri kian terasa istimewa, pasalnya pada pekan lalu ia juga berhasil merengkuh gelar dari ajang Indonesia Open 2019 di Jakarta.

Baca juga artikel terkait JAPAN OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Oryza Aditama
DarkLight