Hasil Final Critical Thinking Championship 2022: Ini Para Juaranya!

Sumber: Siaran Pers, tirto.id - 24 Agu 2022 19:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Final kompetisi Critical Thinking Championship 2022 telah digelar pada 20 Agustus 2022. Berikut ini daftar juara kompetisi berpikir kritis tersebut.
tirto.id - Puncak kompetisi Critical Thinking Championship 2022 telah diselenggarakan. Babak Final Critical Thinking Championship 2022 digelar pada Sabtu, 20 Agustus 2022 di Gramedia Central Park Mall, Jakarta.

Critical Thinking Championship 2022 sendiri diadakan dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan RI ke-77. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama Indonesia Intellectual Academy (IIA) bersama Indonesia Memory Sports Council (IMSC) dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Puncak acara ini dihadiri oleh para peserta semifinalis yang mengikuti sesi offline dan para panelis dari kalangan praktisi, profesional, dan akademisi. Sejumlah panelis yang hadir yaitu:

  1. Dr. Soepriyatna, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sampoerna University
  2. Rizal Alfian, S.Kom., M.A, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud RI
  3. Bey Sapta Utama, S.E., M.Si, Senior AdvisorIngatanGajah dan Dewan Pembina IMSC
  4. Wahyu Raharjo, Penulis dan GM Publishing Kompas Gramedia.

Moderator pada babak final ini ialah Yudi Lesmana, S.T., M.H, selaku Direktur IIA. Sebelum babak final diadakan, telah diselenggarakan babak semifinal yang terdiri atas 2 sesi.

Sesi pertama dilakukan secara online melalui Zoom Meeting pada 19 Agustus 2022 pukul 15.30 WIB yang dihadiri oleh 29 peserta dari 10 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Cikarang, Purwokerto, Surabaya, Tangerang Selatan, Yogyakarta, Balikpapan). Kemudian, sesi kedua dilakukan secara offline pada 20 Agustus 2022 yang dilaksanakan di Gramedia Central Park Mall, Jakarta pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh 21 peserta dari wilayah Jabodetabek.

Pada babak semifinal, setiap peserta melakukan sesi tanya jawab dengan panelis selama 5 menit terkait dengan video yang telah dibuatnya. Para peserta yang telah mengikuti babak semifinal secara offline diberikan sertifikat oleh para panitia. Berikutnya, setelah sesi presentasi oleh peserta dilanjut dengan pengumuman peserta yang lolos ke babak final yang dilakukan secara hybrid pada pukul 13.00 WIB. Yudi Lesmana lalu mengumumkan 5 peserta terbaik yang telah berhasil masuk ke babak final.

Babak final juga dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, peserta diuji untuk berpikir kritis dan analitis dengan melakukan presentasi singkat terkait topik yang telah dipilihnya dalam waktu 5 menit.

Feliza Dhya Susilo dari SMAN 8 Jakarta melakukan presentasi pertama dengan topik “Motivasi Cepat Kaya pada Generasi Muda.” Kemudian, panelis dan peserta lain memberikan pertanyaan kepada Feliza terkait topik yang dibawakannya. Zahra Ramizah dari SMP Labschool Jakarta sebagai salah satu peserta yang berhasil masuk ke babak final juga memberikan pertanyaan kepada Feliza.

Pada sesi kedua, para panelis memberikan tantangan kepada tiap peserta untuk menjelaskan kembali topik yang dibawakan oleh peserta lainnya. Rizal Alfian dari Kemdikbud RI yang menjadi salah satu panelis memberikan tantangan kepada Feliza untuk menjelaskan kembali topik yang dibawakan oleh Safitri Az Zahra dari SMAN 1 Jakarta terkait dengan presentasinya yang berjudul “Sekolah Merdeka Versiku: Luring, Daring, atau Kombinasi.”

Feliza mampu menjelaskan kembali dengan baik dan lancar. Selain ketiga peserta tersebut, dua peserta lain yang berhasil masuk ke babak final adalah Ratu Azka dari Universitas Binus dan M. Arafah Dinejad dari SMAN 8 Jakarta. Keduanya mengangkat topik “Sindrom Fear of Missing Out "FOMO" pada Remaja” dalam presentasinya.

Setelah sesi presentasi dan tanya jawab oleh peserta, para panelis berdiskusi untuk menentukan juara. Peserta final diajak untuk mengikuti sesi Brain Teasers di mana mereka mesti menjawab 5 soal yang dibacakan oleh panitia. Soal tersebut merupakan soal Brain Teaser yang bisa mengasah kemampuan berpikir kritis para peserta. Bagi peserta yang berhasil menjawab akan mendapatkan 10 poin di tiap soalnya dan sesi ini tidak masuk ke dalam penilaian babak final. Safitri dan Arafah berhasil menjawab masing-masing 2 soal.

Critical Thinking Championship 2022 akhinya menghasilkan juara-juara baru. Feliza Dhiya Susilo dari SMAN 8 Jakarta dinobatkan sebagai Juara 1 dengan perolehan skor sebanyak 232 poin.

Juara 2 diraih oleh Safitri Az Zahra dari SMAN 1 Jakarta dengan skor sebanyak 230 poin. Dilanjut dengan Zahra Ramizah Alya dari SMP Labschool Jakarta sebagai Juara 3 dengan perolehan skor 201 poin.

Selain ketiga juara yang menduduki peringkat 1-3, posisi Juara Harapan 1 diraih oleh M Arafah Dinejad Fasas dari SMAN 8 Jakarta dan Juara Harapan 2 diraih oleh Ratu Azka Awliya dari Univ. Binus.

Tidak hanya sampai di situ, Critical Thinking Championship 2022 juga memberikan penghargaan berupa nominasi Juara Peserta Terfavorit 1 yang jatuh kepada Safitri Az Zahra. Lalu, Juara Peserta Terfavorit 2 diraih oleh Nayaka Dhiro Wijaya, dan Juara Peserta Terfavorit 3 oleh Valeska Ardella Setiawan. Selain itu, penghargaan khusus diberikan kepada Nayaka Dhiro Wijaya sebagai Juara Peserta Termuda Terbaik yang masih duduk di bangku kelas 1 SMP.

"Kami ucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti kompetisi bergengsi Critical Thinking Championship 2022 dengan sangat antusias dan semangat. Semoga menjadi awal yang baik, teruslah giat berprestasi dan memperkaya ilmu serta pengalaman. Teruslah berkarya untuk kemajuan Bangsa Indonesia," demikian pernyataan panitia Critical Thinking Championship 2022.

Video para peserta dalam kegiatan babak semifinal dan final kompetisi ini dapat dilihat melalui kanal Youtube Memory Sports ID.

Baca juga artikel terkait CRITICAL THINKING CHAMPIONSHIP 2022 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: Siaran Pers
Editor: Addi M Idhom

DarkLight