Hasil Final Copa America 2021, Juara, Runner-up, Top Skor, & MVP

Oleh: Oryza Aditama - 11 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final Copa America 2021: Argentina vs Brasil 1-0. Albiceleste raih gelar ke-15, Selecao runner-up, Kolombia juara 3. Lionel Messi sabet top skor & MVP
tirto.id - Hasil final Copa America 2021 yang menyuguhkan big match Argentina vs Brasil berakhir 1-0 untuk kemenangan La Albiceleste. Dengan demikian Argentina raih gelar ke-15 Copa America, tuan rumah Brasil runner-up. Sementara bintang Tim Tango, Lionel Messi, menyabet gelar top skor dan best player atau pemain terbaik turnamen (MVP).

Duel final Copa America 2021 pada Minggu (11/7/2021) pagi tadi berlangsung ketat. Secara umum tuan rumah Brasil tampil lebih dominan dengan menorehkan statistik 60 persen penguasaan bola, serta 12 berbanding 6 dalam jumlah tembakan.

Namun demikian sebiji gol penyerang sayap Argentina, Angel Di Maria, pada babak pertama menit 22’ yang akhirnya menjadi pembeda. Memanfaatkan umpan jauh Rodrigo De Paul dalam sebuah skema serangan balik, Di Maria sukses memperdaya kiper Brasil, Ederson Moraes, usai berhadapan satu lawan satu.

Lesakan tunggal serta rentetan aksi Angel Di Maria dalam merepotkan lini pertahanan Brasil, lantas membuatnya terpilih sebagai man of the match final Copa America 2021.

Di sisi lain skuad Argentina juga punya kartu truf dalam diri sang bintang sekaligus kapten Tim Tango, Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga tersebut sukses menyumbang 4 gol dan 5 assist untuk La Albiceleste dalam sepanjang gelaran turnamen ini.

Peran Messi dalam Timnas Argentina di Copa America 2021 memang sangat krusial. Terlebih jika melihat torehan total 12 gol milik Tim Tango, 9 gol di antaranya terkait dengan peran Messi.

Berkat peran vital tersebut Messi pun diganjar sebagai Best Player alias pemain terbaik turnamen (MVP) di Copa America 2021. Conmebol juga menganugerahkan pemain terbaik kepada Neymar, atas peran sentralnya di Timnas Brasil.

Messi juga menyabet gelar top skor berkat torehan total 4 gol, jumlah tersebut sama seperti raihan gelandang sayap Kolombia, Luis Diaz. Namun secara matematis Messi lebih baik dalam jumlah assist.

Gelar individu juga diraih oleh penggawa Argentina lain, yakni Emiliano Martinez yang diganjar sebagai kiper terbaik. Peran sentral Martinez di bawah mistar sukses mempertahankan gawang Tim Tango yang total hanya kebobolan 3 gol saja sepanjang turnamen.

Dalam duel adu penalti pada babak semifinal, Martinez juga berhasil menahan 3 eksekutor Kolombia, sekaligus menjadi pahlawan kemenangan Argentina.

Trofi Copa America 2021 tercatat sebagai gelar ke-15 Argentina dalam kejuaraan sepakbola antar negara Amerika Selatan tersebut. La Albiceleste juga sukses menyamai jumlah trofi Uruguay, sebagai peraih gelar Copa America terbanyak.

Kesuksesan Argentina dalam ajang Copa America 2021 kian spesial lantaran menjadi trofi pertama timnas senior Argentina sejak tahun 1993, yang juga mereka peroleh lewat ajang Copa America. Sementara itu Lionel Messi juga sukses melepas dahaga gelar bersama timnas, usai beberapa kali gagal dalam laga final.

Adapun dalam laga playoff juara 3 yang dihelat Sabtu (10/7/2021) pagi kemarin, Kolombia sukses menundukkan Peru lewat skor ketat 3-2.


Hasil Copa America 2021

Juara: Argentina

Runner-up: Brasil

Juara 3: Kolombia

Peringkat 4: Peru


Top skor: Lionel Messi (4 gol) / Luis Diaz (4 gol)

Best Player: Lionel Messi / Neymar

Man of The Match Final: Angel Di Maria

Kiper Terbaik: Emiliano Martinez

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight