Hasil Final BWF World Championships 2019: Indonesia 1 Gelar Juara

Oleh: Oryza Aditama - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Badminton 2019: Indonesia meraih satu gelar juara dari nomor ganda putra, melalui Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.
tirto.id - Kontingen Indonesia sukses merebut satu gelar juara dari ajang BWF World Championships 2019. Secara keseluruhan, hasil rangkaian laga final di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019), Jepang membawa pulang dua gelar, sedangkan Cina, Indonesia dan India masing-masing satu gelar juara.

Sumbangan medali emas untuk kontingen Merah Putih datang dari ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan senior yang turun sebagai unggulan ke-4 tersebut berhasil mengatasi perlawanan unggulan ke-12 asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Usai bertarung sengit selama 65 menit, Ahsan/Hendra menang rubber game dengan skor 25-23, 9-21, dan 21-15. Dengan demikian pasangan ini tercatat telah tiga kali menjadi juara dunia, yakni tahun 2013, 2015, dan 2019.

“Alhamdulillah, saya senang bisa menjadi juara dunia yang ketiga kalinya. Pastinya bersyukur dan sangat senang semoga kedepannya bisa jadi juara-juara lagi,” ujar Mohammad Ahsan selepas laga dikutip dari laman PBSI, Senin (26/8).



Di lain pihak, dua gelar kontingen Jepang diperoleh dari nomor ganda putri dan tunggal putra. Sumbangan medali emas pertama bagi Negeri Sakura didapat dari sang juara bertahan ganda putri, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Seperti tahun lalu, Matsumoto/Nagahara kali ini juga sukses mengandaskan rekan mereka sendiri, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di partai final.

Berikutnya tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota, sukses mempertahankan gelar juara dengan melibas wakil Denmark, Anders Antonsen. Momota menang dua set langsung dengan skor sangat meyakinkan 21-9 dan 21-3.

Medali emas sektor tunggal putri jatuh ke tangan wakil India, Pusarla V Sindhu. Pemain 24 tahun yang pada edisi Kejuaraan Dunia 2017 dan 2018 harus puas hanya menjadi runner-up, kali ini mampu tampil impresif di final.

Di laga puncak Sindhu sukses menumbangkan unggulan ke-3 asal Jepang, Nozomi Okuhara lewat pertarungan straight game dengan skor mencolok 21-7 dan 21-7.

“Tahun lalu saya kalah di final, sebelum itu saya juga kalah di final. Sangat penting untuk menang sekarang. Terimakasih penonton banyak yang mendukung saya,” ungkap Pusarla V Sindhu seusai memenangi laga final dikutip Times of India, Minggu (25/8).

Ganda campuran peringkat 1 dunia asal Cina, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong sukses mempertahankan gelar juara usai memetik kemenangan straight game atas pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Berikut hasil lengkap final Kejuaraan Dunia BWF 2019, Minggu (25/8).

[Ganda Putri] Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) / 11-21, 22-20, 21-23

[Tunggal Putri] Nozomi Okuhara (Jepang) vs Pusarla V. Sindhu (India) / 7-21, 7-21

[Tunggal Putra] Kento Momota (Jepang) vs Anders Antonsen (Denmark) / 21-9, 21-3

[Ganda Campuran] Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Cina) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)/ 21-8, 21-12

[Ganda Putra] Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) / 25-23, 9-21, 21-15

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight