Liga Eropa 2020-2021

Hasil Europa League Tadi Malam: Daftar Tim Lolos Semifinal UEL 2021

Oleh: Fitra Firdaus - 16 April 2021
Dibaca Normal 3 menit
Hasil Europa League tadi malam Slavia vs Arsenal 0-4, Man Utd vs Granada 2-0. Arsenal, MU, AS Roma, Villarreal masuk daftar tim yang lolos ke semifinal UEL.
tirto.id - Hasil Europa League tadi malam antara Slavia Praha vs Arsenal berakhir dengan skor 0-4 sehingga The Gunners lolos ke semifinal UEL 2021 dengan agregat 1-5. Dalam duel lain di leg kedua 8 besar Liga Eropa, Manchester United vs Granada usai 2-0 (agregat 4-0), AS Roma vs Ajax 1-1 (agregat 3-2), dan Villarreal vs Dinamo Zagreb 2-1 (agregat 3-1).

Dengan lolosnya Manchester United, AS Roma, Arsenal, dan Villarreal ke semifinal Liga Eropa 2021, terbuka peluang terciptanya final sesama wakil Liga Inggris, Manchester United vs Arsenal. Selain itu, ada potensi duel MU vs Villareeal, AS Roma vs Villarreal, atau AS Roma vs Arsenal.

Hasil Europa League Tadi Malam Man Utd vs Granada


Di antara tim-tim yang bermain di kandang sendiri dalam leg kedua 8 besar UEL, Manchester United adalah yang paling nyaman karena sudah unggul 0-2 di Los Carmenes pada leg pertama laga kontra Granada. Namun, ini justru membuat United bersegera membunuh pertandingan.


Menit 6, Iblis Merah sudah membobol gawang Granada yang dikawal Rui Silva. Umpan silang dari sisi kiri oleh Alex Telles disodorkan Paul Pogba kepada Edinson Cavani. Sang penyerang Uruguay melepaskan tembakan kaki kiri mematikan untuk skor 1-0.

Granada sebenarnya memiliki beberapa peluang, namun 2 tandukan Yangel Herrera di babak pertama masih melenceng. Sebaliknya, United yang dominan dalam penguasaan bola, mengendalikan situasi. Tuan rumah akhirnya menambah keunggulan.

Menit 90, Telles bergerak di sisi kiri dan mengirim bola ke kotak penalti. Juan Mata melakukan sundulan yang mengenai Jesus Vallejo. Bola menggelinding masuk gawang Granada. Skor akhir 2-0 ini membuat agregat jadi 4-0.

Dengan hasil ini, United membuka jalan untuk bertempur dengan AS Roma di semifinal. The Red Devils punya peluang untuk mengulang prestasi pada UEL 2017, kala juara di bawah komando Jose Mourinho.


Hasil Liga Eropa Hari Ini AS Roma vs Ajax


Duel AS Roma kontra Ajax di Stadion Olimpico dimulai dengan kondisi Giallorossi sudah unggul agegat 1-2 pada leg pertama. Oleh karenanya, Ajax mau tidak mau berupaya mencari 2 gol balasan untuk membalikkan situasi. De Amsterdammers sangat dominan menguasai bola.

Setelah babak pertama yang tanpa gol, Brian Brobbey yang disuntikkan usai turun minum sukses menjebol gawang Roma. Umpan panjang Perr Schuurs, yang juga turun sebagai pengganti --tetapi pada paruh pertama--- diambil Brobbey. Ia bisa menaklukkan kiper Roma, Pau Lopez.

Menit 57, Ajax mencetak gol kedua mereka lewat Dusan Tadic. Namun, intervensi VAR membatalkan gol tersebut. Sudah ada pelanggaran Nicolas Tagliafico terhadap Henrikh Mkhitaryan di luar kotak penalti Roma terlebih dahulu.

Dominasi Ajax akhirnya berbuah petaka karena mereka tidak dapat menghentikan serangan balik cepat Roma pada menit 71. Umpan silang Riccardo Calafiori dituntaskan Edin Dzeko untuk membuat skor 1-1, sehingga agregat jadi 3-2.

Ajax tidak dapat mencari gol kedua yang akan membawa pertandingan ke babak perpanjangan waktu. Roma lolos dari hadangan wakil Belanda, lantas akan berhadapan dengan Manchester United di semifinal.


Hasil Liga Europa Terbaru Slavia Praha vs Arsenal


Di Stadion Sinobo, Arsenal bagai menjalani pertandingan terefektif mereka sepanjang musim. Berangkat ke Ceko dengan bekal agregat 1-1, The Gunners dituntut untuk menang. Hasilnya, dalam 24 menit pertama, gawang Slavia Praha bobol 3 kali.

Meski tuan rumah dominan dalam penguasaan bola, Arsenal mampu membatasi jumlah tembakan Slavia. Sebaliknya, serangan The Gunners demikian tajam. Pasukan Mikel Arteta sudah memasukkan bola ke gawang tuan rumah pada menit 14 lewat Emile Smith-Rowe tetapi dianulir karena offside.

Berselang 4 menit, Arsenal mencetak gol, dan kali ini sah. Smith Rowe yang mencari celah untuk menembak, kesulitan. Ia lantas mengirim umpan melebar kepada Nicolas Pepe. Sang penyerang dengan dingin melakukan chip menaklukkan kiper Slavia, Ondrej Kolar.

Menit 20, serangan balik Arsenal berujung dengan pelanggaran gelandang Slavia, Jakub Hromada, kepada Saka di kotak terlarang. Penalti diberikan wasit, dan Alexandre Lacazette membuat The Gunners memimpin 2 gol, baik dalam laga maupun agregat.

Slavia Praha semakin berantakan pada menit 24. Bukayo Saka menerobos pertahanan tuan rumah, lantas melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang Ondrej Kolar. Skor 0-3, Slavia harus mencetak 4 gol jika ingin lolos. 3 kali membobol gawang Arsenal pun tidak cukup.

Masih ada 1 gol lagi yang dibukukan Arsenal. Menit 77, serangan balik The Gunners berujung pada bola Saka kepada Pepe di sayap kanan. Pepe memberikan bola kepada Lacazette yang punya ruang bebas untuk mencetak gol ke-2nya di laga ini.

Skor akhir 0-4, Arsenal mampu membuat agregat 1-5 dari kondisi imbang 1-1 di Stadion Emirates. The Gunners lolos ke semifinal dan siap berhadapan dengan Villarreal, satu-satunya wakil Liga Spanyol tersisa.



Hasil 8 Besar Liga Eropa Jumat Ini


Berikut hasil leg kedua 8 besar Liga Eropa 2020/2021 pada Jumat (16/4/2021).

Manchester United vs Granada 2-0 (agregat 4-0)
Pencetak Gol: Edinson Cavani 6', Jesus Vallejo 90' b.d.

AS Roma vs Ajax 1-1 (agregat 3-2)
Pencetak Gol: Edin Dzeko 72'/ Brian Brobbey 49'

Slavia Praha vs Arsenal 0-4 (agregat 1-5)
Pencetak Gol: Nicolas Pepe 18', Alexandre Lacazette 21' penalti dan 77', Bukayo Saka 24'

Villarreal vs Dinamo Zagreb 2-1 (agregat 3-1)
Pencetak Gol: Paco Alcacer 36', Gerard Moreno 43'/ Mislav Orsic 74'

Daftar Tim Lolos Semifinal UEL 2021


Berikut daftar tim yang lolos semifinal Liga Eropa 2020/2021 dan jadwal pertandingan tersisa.

Manchester United (Liga Inggris)
AS Roma (Liga Italia)
Arsenal (Liga Inggris)
Villarreal (Liga Spanyol)

30 April 2021
Manchester United vs AS Roma
Villarreal vs Arsenal

7 Mei 2021
AS Roma vs Manchester United
Arsenal vs Villarreal

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight