Hasil Drawing Uber Cup 2020: Indonesia Jumpa Malaysia di Grup B

Oleh: Oryza Aditama - 3 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selain Malaysia, ancaman lebih serius bagi Indonesia di babak penyisihan datang dari Korea Selatan, alias tim unggulan di Grup B.
tirto.id - Tim putri Indonesia berjumpa Malaysia dalam babak penyisihan grup Uber Cup 2020. Dari hasil drawing Thomas-Uber Cup 2020 yang berlangsung Senin (3/8/2020) siang tadi, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan juga akan menghadapi Korea Selatan dan Australia di Grup B.

Di samping Malaysia, ancaman lebih serius bagi Indonesia di babak penyisihan sebenarnya datang dari Korea Selatan, alias tim unggulan di grup ini.

Tim Merah Putih bakal mengandalkan Gregoria Mariska yang menduduki peringkat 21 dunia sektor tunggal putri, serta kombinasi Greysia Polii-Apriyani Rahayu yang menempati nomor 8 dunia ganda putri.

Akan tetapi, Korea Selatan memiliki skuad yang lebih komplet. Di sektor tunggal, mereka mempunyai pemain muda peringkat 9 dunia, An Se Young, kemudian peringkat 14 Sung Ji Hyun, serta ranking 17 Kim Ga Eun. Tak hanya itu, di nomor ganda tim putri Korsel memiliki duet Lee So Hee-Shin Seung Chan peringkat 4 dunia, serta kombinasi Kim So Yeong-Kong Hee Yong nomor 6 dunia.

Adapun hasil undian di grup lain menempatkan juara bertahan Jepang di Grup A, bersama dengan Taiwan, Mesir, dan Spanyol.

Kemudian Grup C diisi oleh tuan rumah Denmark, runner-up edisi sebelumnya Thailand, kemudian Skotlandia dan Kanada.

Sementara tim putri Cina sebagai pemegang trofi terbanyak Uber Cup dengan raihan 14 gelar, masuk di Grup D bersama: India, Perancis, dan Jerman.

Masing-masing grup bakal melakoni babak penyisihan dengan sistem round robin. Dua tim terbaik lolos ke fase gugur yang dimulai dari babak perempat final (8 besar).

Tim putri Indonesia sudah cukup lama belum mampu memboyong kembali Piala Uber ke tanah air. Terakhir kali Merah Putih sukses merengkuh trofi tersebut pada gelaran edisi 1996. Ketika itu Susi Susanti dan kawan-kawan sukses menumbangkan Cina lewat skor 4-1 di final.

Sedangkan terakhir kali tim putri Indonesia sanggup menembus final Uber Cup, terjadi pada edisi 2008 saat menjadi tuan rumah. Di partai puncak Indonesia takluk 0-3 di tangan Cina, selepas ganda putri Liliyana Natsir-Vita Marissa serta dua wakil tunggal, Maria Kristin dan Adriyanti Firdasari, takluk di tangan para pemain Cina.

Kejuaraan Piala Thomas-Uber sebagai supremasi tertinggi bulu tangkis beregu putra dan putri sejatinya dijadwalkan pada 16-24 Mei di Aarhus, Denmark. Jadwal kejuaraan sempat diundur menjadi 15-23 Agustus karena ancaman pandemi COVID-19.

Namun belakangan BWF kembali menggeser jadwal kejuaraan menjadi 3-11 Oktober lantaran kondisi global belum menunjukkan perbaikan. Sementara lokasi kejuaraan masih tetap di Aarhus, Denmark.

Berikut hasil drawing Uber Cup 2020:

Grup A
Jepang
Taiwan
Mesir
Spanyol

Grup B
Korea Selatan
Indonesia
Australia
Malaysia

Grup C
Thailand
Denmark
Skotlandia
Kanada

Grup D

Cina
India
Perancis
Jerman


Baca juga artikel terkait PIALA UBER atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight