Hasil Drawing Timnas Sepak Bola Putra & Putri di SEA Games 2019

Oleh: Gilang Ramadhan - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil drawing SEA Games 2019 sepak bola putra dan putri menempatkan Timnas Indonesia berada di Grup B.
tirto.id - Hasil Drawing SEA Games 2019 Manila cabang olahraga (cabor) sepak bola putra dan putri telah rampung pada Selasa (15/10) waktu Manila, Filipina. Babak fase grup akan dimulai pada 26 November mendatang dan berakhir pada 10 Desember.

Tim nasional putra Indonesia U-23 tergabung di Grup B bersama Laos, Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam, serta juara bertahan Thailand. Sedangkan tuan rumah Filipina berada di Grup A dan akan bersaing dengan Malaysia, Kamboja, Timor Leste, serta Myanmar.

Dari 11 tim tersebut, empat negara akan lolos ke babak semifinal yang bakal diisi oleh peringkat pertama dan runner-up masing-masing grup.

Untuk venue pertandingan, Stadion Rizal Memorial dan Binan Football Stadium dipilih sebagai tempat utama berlangsungnya seluruh laga. Perlu diketahui bahwa kedua stadion tersebut menggunakan rumput sintetis.

Sementara itu, sebagai persiapan, skuad Indra Sjafri telah melakoni turnamen mini CFA China 2019. Namun, dari tiga laga yang dijalani, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan gagal meraih satu pun kemenangan. Mereka kalah 0-2 dari China, 0-1 dari Yordania, serta bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi di laga terakhir.

"Tentu ini bukan hasil akhir yang kita harapkan. Namun demikian, secara permainan tim sudah cukup baik. Kami segera mengevaluasi dan menyiapkan tim untuk laga berikutnya," kata Indra Sjafri seusai laga pembuka melawan China.

Indra Sjafri mendaftarkan 40 nama pemain yang akan mengikuti SEA Games 2019. Kendati demikian, regulasi menyatakan hanya 18 nama pemain yang dibolehkan bermain dengan tambahan 2 pemain senior.

Untuk sementara terdapat nama penyerang timnas Senior, Alberto Goncalves dalam daftar 5 pemain senior yang didaftarkan Indra Sjafri. Empat pemain lainnya yakni Evan Dimas, Manahati Lestusen, Hansamu Yama Pranata, dan Zulfiandi.

Sejak masih bernama SEAP (Southeast Asian Peninsular Games), Thailand menjadi tim yang paling sering keluar menjadi juara cabor sepak bola dengan torehan 15 medali. Gajah Putih bahkan selalu meraih medali emas dalam 3 edisi terakhir. Sedangkan Indonesia hanya meraih medali emas sebanyak dua kali yang terjadi pada edisi 1987 dan 1991, serta medali perunggu pada edisi terakhir di tahun 2017.

Sama halnya dengan timnas putra, timnas putri juga tergabung di grup yang relatif berat. Thailand dan Vietnam akan menjadi pesaing timnas putri di Grup B. Sementara tuan rumah Filipina tergabung di Grup A bersama Myanmar dan Malaysia.

Berikut hasil drawing timnas sepak bola putra & putri di SEA Games 2019:

Timnas Sepak Bola Putra

GRUP A

Filipina
Malaysia
Myanmar
Kamboja
Timor Leste

GRUP B

Thailand
Vietnam
Indonesia
Laos
Singapura
Brunei Darussalam

Timnas Sepak Bola Putri

GRUP A

Filipina
Myanmar
Malaysia

GRUP B

Indonesia
Thailand
Vietnam


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight