Timnas U16

Hasil Drawing Piala AFC U16 2020: Timnas Indonesia di Grup Neraka

Oleh: Hendi Abdurahman - 18 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil drawing Piala AFC U16 2020 menempatkan Timnas Indonesia U-16 berada di Grup D bersama Arab Saudi, Cina, dan Jepang.
tirto.id - Hasil drawing Piala AFC U16 2020 menempatkan Timnas Indonesia U-16 berada di Grup D bersama Arab Saudi, Cina, dan Jepang. Ini bisa disebut grup neraka karena para calon lawan Timnas U16 Indonesia adalah tim-tim juara.

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan hasil undian Piala AFC U16 pada Kamis (18/6/2020). Timnas Indonesia U16 yang dibesut Bima Sakti akan menghadapi Arab Saudi pada duel perdana, disusul melawan Cina dan Jepang pada dua laga selanjutnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum dipastikan tanggal dan stadion tempat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan melakoni pertandingan.

Misi Berat Timnas Indonesia U16

Boleh dibilang, kans Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya amat berat. Jepang adalah tim unggulan lantaran telah menjuarai ajang ini sebanyak tiga kali (1994, 2006, dan 2018) sekaligus yang terbanyak di antara kontestan lain.

Arab Saudi juga pernah juara. Mereka menggondol Piala AFC U16 pada 1985 dan 1988. Meski telah lama tak berprestasi, kekuatan anak-anak muda Saudi harus menjadi perhatian. Di babak kualifikasi, mereka menjadi yang terbaik menggungguli Oman, Suriah, dan Pakistan.

Adapun Cina menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan. Dua gelar Piala AFC U16 yang telah ditorehkan pada 1992 dan 2004. Ini membuktikan bahwa Fan Chao dan rekan-rekan juga bisa menjadi ancaman.

Indonesia sendiri belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik Timnas U16 terjadi pada 2000 sebagai semifinalis. Sedangkan di Piala AFC U16 tahun 2018, mereka terhenti di babak perempat final.

Sebelumnya, Indonesia lolos ke babak 16 besar usai menjadi salah satu runner-up terbaik pada babak kualifikasi.

Dalam empat pertandingan yang dilalui, Timnas U16 menorehkan tiga kemenangan dan sekali seri. Satu pengalaman penting yakni menahan imbang Cina dengan skor 0-0 di kualifikasi Grup G.

Hasil Drawing Piala AFC U16
Grup A: Bahrain, Qatar, Iran, Korea Utara
Grup B: UEA, Oman, Yaman, Tajikistan
Grup C: Uzbekistan, India, Korea Selatan, Australia
Grup D: Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Cina

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight