Hasil Drawing Fase Grup Liga Champions 2019: Barca-Inter Grup Maut

Oleh: Fitra Firdaus - 30 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil drawing Liga Champions 2019/2020 di babak penyisihan grup: Barcelona, Borussia Dortmund, dan Inter Milan ada di Grup F.
tirto.id - Hasil drawing babak penyisihan Liga Champions 2019/2020 pada Kamis (29/8/2019) di Monako, memastikan terciptanya pertarungan sengit di Grup F. Grup tersebut layak dilabeli sebagai grup "maut" karena diisi oleh Barcelona, Dortmund, dan Internazionale.

Juara bertahan Liverpool masuk ke dalam Grup E. Di sana, pasukan Jurgen Klopp bakal menghadapi tantangan Napoli, tim yang musim lalu mereka singkirkan di babak penyisihan grup. Selain mereka masih ada Salzburg (Austria) dan Gek (Belgia). Di atas kertas, Liverpool dan Napoli punya kans bagus untuk lolos dari fase grup.

Sementara itu, sesama wakil Liga Inggris sekaligus juara Premier League dalam dua musim terakhir, Manchester City, bergabung ke Grup C. The Citizens punya peluang bagus untuk lolos ke fase berikutnya, karena lawan mereka adalah Shakhtar Donetsk, yang musim lalu dipukul Manchester Biru 6-0 di Etihad. Dinamo Zagreb dan Atalanta juga ada di grup ini.

Wakil Liga Inggris lain, yang juga finalis Liga Champions musim lalu, Tottenham, sudah mesti bertemu Bayern Munchen di Grup B. Namun, pasukan Mauricio Pochettino bisa cukup lega dengan dua lawan lain di grup ini, yaitu Olympiakos (Yunani) dan Red Star Beograd (Serbia).

Chelsea, yang musim lalu mampu menjadi juara Liga Eropa, bakal memulai kampanye mereka di Liga Champions musim ini di Grup H. Lawan berat sudah menanti, yaitu Ajax, sang semifinal UCL 2018/2019. Selain klub asal Belanda itu, masih ada Valencia (Spanyol) dan Lille (Perancis) yang menjadi lawan The Blues.

Di Grup A, Real Madrid sang juara terbanyak Liga Champions mesti bersaing dengan PSG, juara Liga Perancis. Sementara perjuangan kedua tim untuk memperebutkan posisi satu grup bakal sengit, dua tim lain berpeluang hanya sebagai pelengkap saja, yaitu Brugge (Belgia) dan Galatasaray (Turki)

Tetapi persaingan paling sengit akan terjadi di Grup F. Pasalnya, juara Liga Champions lima kali, Barcelona, bakal berjumpa dengan runner-up Bundesliga musim lalu, Borussia Dortmund. Selain mereka, masih ada Internazionale, yang memang dalam undian terletak di pot 3.

Duel Barca-Inter, selain terjadi di fase grup musim lalu, juga pernah berlangsung di semifinal UCL 2020, kala Nerazzurri jadi juara. Satu tim lain di grup ini adalah Slavia Praha (Ceko). Ada potensi Slavia Praha akan menjadi sasaran utama ketiga tim di atas untuk mendulang poin dan menghindari posisi Liga Eropa.



Matchday pertama penyisihan grup Liga Champions musim ini akan berlangsung pada 18 dan 19 September 2019. Empat tim yang berlaga dalam sebuah grup akan bertarung enam kali dalam sistem round-robin kandang-tandang.

Dua tim terbaik setiap grup berhak lolos ke fase 16 besar. Sementara itu, tim peringkat ketiga akan ditransfer ke babak 32 besar Liga Eropa, berhadapan dengan 24 tim yang lolos dari fase penyisihan grup kompetisi tersebut.

Berikut ini hasil drawing fase penyisihan grup Liga Champions 2019/2020.

Grup A
PSG
Real Madrid
Brugge
Galatasaray

Grup B
Bayern Munchen
Tottenham
Olympiakos
Red Star

Grup C
Manchester City
Shakhtar Donetsk
Dinamo Zagreb
Atalanta

Grup D
Juventus
Atletico Madrid
Leverkusen
Lokomotiv Moskwa

Grup E
Liverpool
Napoli
Salzburg
Genk

Grup F
Barcelona
Borussia Dortmund
Inter Milan
Slavia Praha

Grup G
Zenit
Benfica
Lyon
Leipzig

Grup H
Chelsea
Ajax
Valencia
Lille

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight