Hasil Drawing 16 Besar Piala Indonesia: Persib Bisa Jumpa Arema

Oleh: Fitra Firdaus - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil drawing babak 16 besar Piala Indonesia 2018/2019 memastikan terjadi laga Borneo FC kontra PSS di Zona Timur dan TIRA Persikabo versus Persija di Zona Barat.
tirto.id - Drawing babak 16 besar Piala Indonesia 2018/2019 memastikan terjadi laga Borneo FC kontra PSS di Zona Timur dan TIRA Persikabo versus Persija di Zona Barat. Selain itu, berdasarkan undian yang digelar pada Jumat (8/2/2019) di Kantor TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, ada potensi Arema FC berjumpa Persib atau Persiwa.

Hingga Kamis (7/2) lalu, baru 12 tim yang memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Indonesia 2018. Mereka adalah Bhayangkara FC, Madura United, Sriwijaya FC, Arema FC, Tira Persikabo, dan Persija di Zona Barat. Sementara itu ada Borneo FC, PSS, PSM, Perseru, Persela, dan Bali United di Zona Timur.

Empat tiket lain masih diperebutkan oleh delapan tim. Tersisa duel Persipura kontra Persidago pada Jumat (8/2), yang hingga berita ini ditulis belum digelar. Sebelumnya pada leg pertama, Mutiara Hitam ditaklukkan oleh tim asal Gorontalo dengan skor 1-0.

Pertandingan lain adalah Persibat menghadapi PSIS yang juga digelar hari ini Jumat (8/2). Tuan rumah tertinggal 0-2 dari tamunya asal Semarang.

Sementara itu, duel "kontroversial" Persib menjumpai Persiwa akan digelar pada Senin (11/2). Satu laga lain adalah Persebaya menjumpai Persinga Ngawi.



Dari 8 laga di babak 16 besar, baru 5 pertandingan yang baru bisa dipastikan. Madura United akan menjumpai Sriwijaya FC. Sementara itu, Persija yang pada babak 32 besar menyingkirkan 737 Kepri dengan agregat 9-3, akan menghadapi TIRA Persikabo.

Di Zona Timur, PSS yang sebelumnya mengalahkan tim asal Kalimantan, Barito Putera, akan kembali berjumpa lawan dari pulau yang sama, Borneo FC. Ini bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Super Elang Jawa, yang musim lalu menjadi juara Liga 2 2018.

Laga sengit lain akan terjadi antara PSM, sang runner-up Liga 2 2018 dengan Perseru Serui. Sementara, Bali United akan berjumpa Persela. Seperti di babak 32 besar, pertarungan di babak sistem gugur berikutnya menggunakan format dua leg, kandang dan tandang.

“Saya berharap di babak 16 besar ini pertandingan yang disuguhkan akan semakin menarik dengan dukungan penonton yang memadati stadion untuk menonton langsung tim kesayangannya bertanding memperebutkan satu tiket lagi ke babak berikutnya, yaitu babak 8 besar,” kata Marsal Masita, Deputi Sekjen PSSI.

Seluruh laga di babak 16 besar ditargetkan selesai pada bulan Februari 2019. Pasalnya, setelah itu, akan ada turnamen Piala Presiden 2019. Barulah pada Juni 2019, PSSI akan menggelar babak 8 besar Piala Indonesia, yang kembali menggunakan sistem undian.

Berikut ini hasil drawing 16 besar Piala Indonesia pada Jumat (8/2).

Zona Barat
- Bhayangkara FC vs PSIS Semarang / Persibat Batang
- Madura United vs Sriwijaya FC
- Persib Bandung / Persiwa Wamena vs Arema FC
- TIRA Persikabo vs Persija Jakarta

Zona Timur
- Borneo FC vs PSS Sleman
- Persipura Jayapura / Persidago vs Persebaya Surabaya / Persinga
- PSM vs Perseru
- Persela vs Bali United

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus