Hasil Drawing 16 Besar UCL

Hasil Drawing 16 Besar Liga Champion 2021-22: PSG vs Man United

Penulis: Fitra Firdaus - 13 Des 2021 18:25 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil drawing 16 besar Liga Champions 2021/2022: PSG vs Manchester United, duel pemenang Ballon d'Or terbanyak Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo.
tirto.id - Hasil drawing 16 besar Liga Champions 2021/2022 pada Senin (13/12/2021) di House of European Football, Nyon, Swiss memastikan terjadi big match antara PSG vs Manchester United, yang akan menjadi pertemuan dua peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah, Lionel Messi lawan Cristiano Ronaldo.



Selain PSG vs Man United, big match lain yang bakal sengit adalah Atletico Madrid vs Bayern Munchen. Duel penting lain antara klub elite Eropa adalah sesama mantan juara UCL, Inter Milan kontra Ajax Amsterdam.


Jadwal leg pertama 16 besar UCL akan berlangsung pada 16, 17, 23, dan 24 Februari 2022. Sementara itu, leg kedua berlangsung pada 9, 10, 16, dan 17 Maret 2022.



Benfica yang lolos dari Grup E dengan cara menyingkirkan Barcelona ke Europa League, menjadi tim pertama yang keluar dalam undian. Wakil Portugal tersebut harus menjajal kekuatan Real Madrid, sang juara Liga Champions 13 kali. Madrid sendiri lolos ke 16 besar dengan jadi juara Grup D, mengalahkan Inter Milan, Shakhtar Donetsk, dan Sheriff Tiraspol.

Sementara itu, Manchester City yang merupakan finalis UCL musim lalu, akan berhadapan dengan Villarreal di babak 16 besar. Ini kesempatan bagi The Citizens, mengingat di Grup F, Villarreal kalah bersaing dengan tetangga City, Manchester United. Namun, Villarreal punya pelatih berpengalaman, Unai Emery.

Big match dalam 16 besar UCL musim ini terjadi antara Atletico Madrid vs Bayern Munchen. ATM belakangan memang tidak cukup berprestasi di Liga Champions ---selalu kandas maksimal di 8 besar dalam 4 musim terakhir.

Namun, di bawah kepelatihan Diego Simeone yang menangani klub sejak 2012, mereka akan jadi lawan berbahaya untuk siapa pun, termasuk Bayern yang terakhir juara UCL pada 2020. Apalagi, Atletico Madrid berstatus juara Liga Spanyol. ATM juga baru saja lolos di matchday terakhir fase grup melewati Porto dan Milan.

"Kami tahu apa yang bisa mereka (Atletico Madrid) lakukan. Kami ada di grup yang sama dengan mereka musim lalu. Mereka tim kelas atas, juara bertahan Liga Spanyol. Kami harus menghasilkan penampilan kelas wahid, baik dari segi defensif maupun serangan," kata Direktur Olahraga Bayern Munchen, Hasan Salihamidzic dikutip UEFA.

Chelsea yang berstatus juara bertahan UCL, menembus babak 16 besar hanya dengan predikat runner-up Grup H, di belakang Juventus. Namun, mereka justru mendapatkan lawan paling mudah dibandingkan juara grup lain, yaitu Lille sang pemenang Grup G.

PSG yang musim ini merekrut bintang seperti Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, hingga Georginio Wijnaldum, hanya bisa finis di posisi kedua Grup A. Klub Paris yang ada di belakang Manchester City kini akan menantang klub asal Manchester lain, Manchester United di 16 besar.

Duel PSG vs Manchester United menjadi pertemuan unik Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Musim lalu, keduanya bertemu dengan seragam berbeda. Ketika itu La Pulga masih bermain untuk Barcelona, sedangkan CR7 tampil untuk Juventus.

Kali ini, setelah bursa transfer paling dramatis dalam sejarah sepakbola Eropa, Messi mengenakan jersi PSG. Sebaliknya, Ronaldo kembali ke Old Trafford untuk menjadi mesin gol Manchester United.

Dikutip dari data UEFA, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah pernah bertemu dalam 36 pertandingan. La Pulga menang 16 kali, sedangkan CR7 11 kali. Soal perbedaan jumlah gol, keduanya sangat tipis. Dari 36 laga itu, Messi mencetak 22 gol, sedangkan Ronaldo 21.

Manchester United pernah menyingkirkan PSG di 16 besar UCL. Tepatnya pada musim 2018/2019. Ketika itu, Iblis Merah yang kalah 0- di Old Trafford, berbalik unggul 1-3 di Parc des Princes.

Dalam aturan UEFA untuk undian 16 besar UCL, 2 tim yang berasal dari asosiasi (negara) yang sama tidak mungkin bertemu di fase pertama babak sistem gugur. Selain itu, 2 tim yang berasal dari grup yang sama juga tidak dapat bersua. Aturan ini tidak akan berlaku untuk 8 besar dan seterusnya.

Mulai musim ini, babak sistem gugur Liga Champions menerapkan aturan baru soal penghapusan agresivitas gol tandang. Jika dua tim yang berlaga memiliki agregat gol sama kuat setelah 2 leg berjalan 90 menit, maka penentuan pemenang dilakukan melalui babak perpanjangan waktu dan adu penalti.


Hasil Drawing 16 Besar Liga Champion 2021/22


Berikut ini hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 yang melibatkan 4 wakil Liga Inggris (EPL), 3 wakil Liga Spanyol (LaLiga), 2 wakil Liga Italia (Serie A), 2 wakil Liga Perancis (Ligue 1), 2 wakil Liga Portugal (Primeira Liga), 1 wakil Liga Jerman (Bundesliga), 1 wakil Liga Belanda (Eredivisie), dan 1 wakil Liga Austria.

Benfica vs Real Madrid

Villarreal vs Manchester City

Atletico Madrid vs Bayern Munchen

Salzburg vs Liverpool

Inter Milan vs Ajax Amsterdam

Sporting Lisbon vs Juventus

Chelsea vs Lille

PSG vs Manchester United

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight